18+ FAKTA Pulau Sulawesi Yang Harus Kamu Ketahui!

Pulau Sulawesi


FaktaDaerah.Com- Menikmati keindahan yang ada di Indonesia ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Diantaranya adalah tentang daerah yang memiliki tempat wisata yang palin bagus. Salah satunya adalah di daerah Sulawesi, di pulau ini  merupakan salah satu tempat yang memiliki destinasi yang sangat tepat untuk di kunjungi oleh para wisatawan. 

Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau dengan keindahan alam yang sangat indah dan membuat para wisatawan tertarik. Bukan hanya itu saja kuliner yang ada di sana juga cukup menarik perhatian wisatawan. 

Di Indonesia merupakan daerah yang memiliki sebuah keindahan tersendiri. Khususnya untuk Daerah Sulawesi yang memiliki beragam macam bahasa dan budaya, sehingga memiliki sebuah keunikan tersendiri untuk daerah tersebut. Namun dalam hal ini masih banyak yang belum mengetahui tentang fakta tersebut.

Fakta-Fakta Sulawesi


Sebagai pengenalan lebih jauh mengenai Pulau Sulawesi, berikut inilah beberapa afakta yang perlu di ketahui tentang pulau Sulawesi diantaranya adalah;

  1. Perlu di ketahui bahwa sulawesi adalah pulai yang telah banyak melahirkan duta-duta yang sangat genius dan memiliki suatu posisi yang cukup penting di Indonesia, salah satunya yang paling menonjol adalah Presiden BJ Habibie yang lahir di Kota Pare-Pare, Provinsi Sulawesi Selatan
  2. Sulawesi memiliki tempat pariwisata yang sangat menarik untuk di kunjungi oleh para wisatawan, salah satunya adalah sebuah situs warisan Dunia UNESCO yaitu Tanah Toraja yang masih kental dengan adat istiadatnya dan ada juga Selayar dengan karang atol yang memang paling besar yang berada di urutan ketiga yang ada di Dunia. 
  3. Daerah sulawesi merupakan daerah dengan berbagai macam orang yang memiliki potensi yang memang cukup memiliki prestasi, yaitu dengan banyak sekali Seniman, Penulis, Sastrawan yang berasal dari daerah Sulawesi. 
  4. Perlu di ketahui bahwa pulau Sulawesi juga memiliki tempat kuliner yang paling banyak dan paling enak di sana dan yang pasti akan membuat lidah yang makan di pulau ini terus bergoyang. 
  5. Di Pulau sulawesi terdapat salah satu tempat wisata yang paling indah, salah satunya adalah Parigi Moutong, tempat ini terletak di sekitar 65 km. Dan memiliki sebuah panorama bawah laut yang sangat indah dengan  yang dapat di jangkau sampai dengan 1 sampai 2 jam. Perjalanan ini di lakuakan dengan berkendara dari kota palu terlebih dahulu.

    Namun karena teknologi yang semakin canggih maka daerah ini telah ada penerbangan secara langsung dari daerah ibukota ke Bandara Udara Mutiara Sis Al Jufrie yang ada di kota palu tersebut. Setelah sampai di kota palu wisatawan dapat mengendarai mobil untuk menuju ke Parigi Moutong.

    Untuk perjalanan yang akan di tempuh ini nantinya akan bertemu dengan jalan yang berkelok-kelok dan tempat yang sangat berbukit di daerah ini. Namun hal ini merupakan suatu tantangan yang sangat menarik perhatian wisatawan, karena tempat ini merupakan salah satu tempat yang mebuat wisatawan terpesona dengan keindahan alamnya tersebut. Kabupaten Parigi Moutong merupakan salah satu tempat yang lataknya di hamparan pegunungan dengan bukit yang membentang di sepanjang pantai utara dan selatan tersebut. Daerah ini memiliki udara yang sangat sejuk.

    Perlu diketahui bahwa tempat ini yaitu Parigi Moutong memiliki objek wisata yang sangat menarik, yaitu panjat tebing, pajat tebing yang ada di desa Marantale mimiliki ketinggian hingga 100 meter. Tebing ini memiliki sebuah ketinggian yang sangat tinggi dengan susunan batu granit yang kuat yang berada di tepi sungai Marantale. Selain pemandangan yang indah dan juga tebing yang menantang adrenalin desa Parigi Moutong juga ada air terjun yang menarik perhatian untuk di kunjungi.

    Selain itu juga ada pantai yang sangat eksotis dan juga ada beberapa satwa liar yang sangat langka dan menarik perhatian wisatawan yang berkunjung di pulau sulawesi.
  6. Di pulau sulawesi juga ada Tugu Khatulistiwa, lebih tepatnya tugu ini berada di sulawesi tengah. Jika ingin berwisata di daerah Parigi Moutong juga akan melewati Tugu Khatulistiwa.
  7. Untuk daerah sulawesi selatan juga terdapat komunitas relawan pengajar muda yang menjar dan berbagi ilmu yang dimiliki kepada orang yang kurang mampu yang berda di pulau sulawesi tersebut dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan apapun. 
  8. Untuk daerah sulawesi ini sendiri berada di daerah dengan jumalah penyanyi yang ada di daerah ini memang paling banyak dan penyani ini merupakan penyanyi yang paling handal saat mendendangkan lagu kesayangannya tersebut. 
  9. Pulau Sulawesi menjadi salah satu Pulau Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia
  10. Di daerah sulawesi selatan juga mempunyai dosen dan profesor yang handal di bidangnnya masing-masing. Dosen dan profesor ataupun guru ini mempunyai banyak sekali prestasi dan juga keahlian yang mereka miliki. 
  11. Di pulau sulawesi lebih tepatnya di pulau sulawesi selatan terdapat sebuah komunitas, yaitu komunitas pecinta dan peduli terhaap lingkungan sekitar.
  12. Di Pulau sulawesi ternyata menggunakan bahasa Eropa, lebih tepatnya di Kota Bau-Bau dengan suku nya yaitu suku Cia-Cia. Di kota ini menggunakan abjad dari negara Korea.  Abjad yang digunakan yaitu berupa Hayul dengan tujuan untuk menuliskan dari bahasa daerahnya tersebut. Beberapa fakta yang unik untuk daerah Sulawesi memang tidak banyak orang yang tau. Karena pada dasarnya oran Sulawesi lebih banyak yang menetap di daerah terpencil, sehingga sangat jarang sekali untuk pergi ke daerah perkotaan ini. Perlu di ketahui bahwa hampir 95% penduduk daerah sulawesi lebih menetap ke desa terpencil dari pada di perkotaan. Dan untuk pekerjaan yang dilakukannya ini adalah rata-rata yaitu sebagai seorang Petani dan Nelayan. 
  13. Perlu diketahui bahwa tidak banyak yang tahu bahwa pulau sulawesi memiliki banyak sekali beragam macam bahasa. Namun tidak banyak yang tau juga tentang macam-macam dari bahasa yang di gunakannya ini. Sehingga perlu diketahui bahwa ada kisaran 35 bahasa yang di gunakan oleh penduduk sulawesi dalam kehidupannya tersebut.  Hal ini membuat daerah Sulawesi menjadi salah satu yang memiliki beragam bahasa terbanyak yang ada di Indonesia.
  14. Pulau Sulawesi juga menjadi salah satu Pulau yang memiliki Provinsi Terluas di Indonesia
  15. Pulau sulawesi,  perlu di ketahui bahwa pulau ini nampak terlihat lebih lucu dibandingkan dengan yang lain saat dilihat di dalam peta. Pulau sulawesi nampak seperti huruf K saat berada di dalam peta tersebut. Sehingga dalam peta Indonesia yang kita lihat itu tampak lebih unik dan menarik. Namun banyak juga yang bilang bahwa foto tersebut nampak seperti jahe, sehingga akan jauh lebih unik lagi di lihat. Walaupun hal ini bukanlah hal yang cukup penting untuk di ketahui namun hal ini lah yang merupakan fakta unik tentang pulau sulawesi yang kadang orang jarang untuk mau mengetahuinya.
  16. Pulau Sulawesi menjadi daerah perternakan sapi terbesar di Indonesia
  17. Flora dan fauna yang ada di pulau sulawesi memiliki keunikan tersendiri. Diantaranya adalah keunikan yang merupakan flora dan fauna disini campuran dengan flora dan fauna yang ada di luar negeri. Seperti campuran dengan flora fauna negara Australia, Meksiko, dan ada juga campuran dengan Amerika Utara dan Amerika selatan. Sehingga dalam hal ini flora dan fauna yang ada di pulau Suawesi menjadi jauh lebih menarik dan unik dari pulau yang lainnya.

    Namun dalam hal ini fakta seperti ini tentang flora dan fauna ini masih banyak yang belum mengetahuinya. Keunikan – keunikan ini terjadi karena hasil perkawinan antara spesies yang berbeda sehingga timbuh sifat-sifat biologis yang baru. Sehingga hal ini lah yang merupakan salah satu dari keunikan pulau sulawesi tersebut.
  18. Perlu di ketahui bahwa daerah toraja merupakan salah satu daerah yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa suku toraja merupakan seorang yang penduduk nya yang telah ada di situ yaitu di daearh toraja ini merupakan daerah yang merupakan situs warisan dunia sekarang ini. Daerah toraja ini menjadi salah satu situs warisan dunia ini telah di resmikan oleh UNESCO.

    Berbagai macam bahasa dan budaya, serta suku untuk Pulau Sulawesi ini sendiri merupakan hal yang sangat unik yang di rasa oleh daerah sulwesi ini sendiri. Dan perlu di ketahui bahwa faktanya daerah toraja yang ada di sulawesi  ini merupakan daerah yang menjadi situs terbesar ke tiga yang ada di Dunia. Namun dalam hal ini belum banyak yang tau tentang fakta ini. 
Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Pulau Sulawesi yang menjadi salah satu Pulau terbesar di Indonesia dengan sejuta kekayaan dan keunikannya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18+ FAKTA Pulau Sulawesi Yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar