20+ FAKTA Pulau Jawa yang Harus Kamu Baca!

Pulau Jawa


FaktaDaerah.Com- Indonesia merupakan daerah yang memiliki beragam budaya dan bahasa. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki tempat wisata yang paling indah dengan dialek dan bahasa yang unik. Penduduk yang ada di pulau jawa merupakan salah satu tempat yang memiliki penduduk yang paling padat karena merupakan penduduk yang paling padat yang ada di Indonesia. Dan merupakan peringkat ke 3 di dunia untuk penduduk yang paling banyak untuk di pulau jawa ini. Sehingga dalam hal ini pulau ini merupakan pulau yang amat diminati dan paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan yang ada di manca negara.  

Pulau Jawa adalah pulau yang memiliki yang paling besar padat jumlah penduduknya di Indonesia. Sehingga nya dengan tempat wisata, bahasa dan penggunaan dialek yang unik, membuat pulau jawa ini memiliki beberapa fakta yang harus di ketahui. 

Fakta-Fakta Jawa


Sebegai pengenalan lebih jauh mengenai Pulau Jawa, berikut inilah beberapa fakta unik tentang Pulau Jawa;
  1. Ada beberapa kata yang perlu di ketahui tentang pulau jawa di antaranya adalah ‘’Isuk diisi Sore Mati”. Pada zaman dahulu pulau jawa banyak sekali terdapat makhluk harus pada zaman dahulu. Makhluk-makhluk halus yang mengganggu manusia pada zaman dahulu.

    Dengan suaranya yang berinsik membuat penduduk pulau jawa merasa terganggu. Makhluk-makhluk gaib ini adalah makhluk yang cukup terkenal pada zaman ini, makhluk tersebut adalah petruk, semar, bagong, gareng, hal ini terjadi karena kesaktian dan keselarasan kelima makhluk ini sehingga makhluk ini disebut sebagai makhluk “Isuk diisi Sore Mati”. Yang di maksud dengan “Isuk diisi Sore Mati” adalah manusia tidak bisa hidup di pulau jawa ini, sekalipun hidup pasti akan ada sebuah pertumpahan darah dan peperangan ataupun bencana alam  di antara mereka.
  2. Fakta selanjutnya yaitu tentang Aji Saka Penakluk Di Pulau Jawa, perlu di ketahui bahwa aji saja ini merupakan seorang penakluk pulau jawa yang memiliki cerita yang sangat unik tentang pulau jawa tersebut.

    Cerita tersebut adalah Aji Saka merupakan seorang yang menciptakan kata-kata jawa yaitu, sugeng rawuh diatas. Sehingga memang seorang yang memiliki cerita tersendiri untuk pulau jawa ini.

    Namun dalam hal ini fakta tentang Aji Saka Penakluk Di Pulau Jawa mungkin memang masih banyak yang belum tahu. Seperti dalam hal menumbalkan tanah dengan tujuan agar manusia dapat hidup di pulau jawa tersebut. Namun dalam hal ini Aji Saka Penakluk Di Pulau Jawa sudah menciptakan abjad tentang bahasa jawa tersebut di pulau jawa ini. Namun hal ini di lakukan dengan kesadaran penuh bahwa pulau jawa ini adalah pulau yang sering terjadi peperangan. Setelah ditelusuri lebih lanjut hal ini terjadi karena daerah ini dihuni oleh makhluk gaib yaitu semar, bagong, petruk, gareng. Sehingga nya barulah diberi tumbal dan doa agar tanah jawa ini dapat di huni oleh manusia.
  3. Syekh Subir adalah waliyulloh pertama di pulau jawa. Ternyata perlu diketahui bahwa Raja Aji Seka tidak selamanya dapat memimpin di pulau jawa ini. Pada masa yang semakin berkembang Raja Aji Saka mulai memudar masa kepimpinannya tersebut, sampai pada masanya Raja Aji Saka tidak memimpin lagi.

    Dan pada saat itulah mulai berdatangan para jin dan makhluk gaib lainnya. Pada saat itu jin berkuasa di pulau jawa, hujan turun, bencana dimana-mana, sering terjadi hal-hal yang tidak mungkin sehingga sangat sulit sekali untuk manusia dapat bertahan hidup di pulau jawa ini.  Melihat keadaan ini datanglah walliyulloh pertama yang sangat miris melihat keadaan di pulau jawa tersebut.

    Sehingganya Syekh Subir menumbalkan Kolocokro yang ada di gunung Tidar sehingga samapai saat ini raja tersebut dapat di gunakan. Dan pulau jawa kembali kedalam keadaan semula yang aman dan damai. Namun masa kepemimpinan Syekh Subir juga berakhir lama-kelamaan. Hal ini juga masih saja menjadi pertanyaan. Sehingganya keadaan pulau jawa terancam kembali terancam.
  4. Fakta selanjutnya adalah setelah Syekh Subakir kembali ke turki, terdapat penerusnya yang baru sebagai waliyulloh kedua di antaranya adalah sunan kalijogo, dalam hal ini sunan kalijogo mengubah pemikiran penduduk pulau jawa tentang semar,togong, petruk, gareng dan bagong.

    Hal ini di lakukan oleh sunan kalijaga melalui peran pewayangan yang di lakukannya tersebut. Sehingga pemikiran buruk yang dipikirkan oleh penduduk jawa tentang kelima makhluk gaib ini berubah menjadi pemikiran yang baik. Sehingga dalam hal ini sunan kalijaga mengajak penduduk pulau jawa agar senantiasa terus berdoa. Dan selalu menjaga lisan. Karena setiap perkataan adalah doa yang nantinya akan di kehendaki oleh allah SWT.

    Sehingganya keadaan yang ada di dalam penduduk pulau jawa akan menjadi jauh lebih aman dan nyaman.
  5. Yang perlu kalian ketahui tentang sifat dari orang jawa ini adalah merendah, tidak menyombongkan apa yang dimiliki, sering mengunggulkan orang lain dari pada dirinya sendiri. Selalu amanah dan tidak plin-plan dalam mengambil sebuah keputusan. Sehingganya orang jawa dapat dikatakan sebagai seorang yang bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan.
  6. Pulau Jawa menjadi daerah Penghasil Batik Terbaik di Indonesia, salah satunya adalah Kota Solo
     
  7. Bahasa jawa di gunakan di beberapa daerah di malaysia jadi bahasa jawa tidak hanya di gunakan di daerah jawa saja. 
  8. Untuk suku jawa sendiri memiliki keunikan tersendiri, yaitu suku jawa memilki kalender jawa sendiri, sehinganya dalam hal ini merupakan gabungan antara budaya islam, budaya hindu-budha jawa dan juga ada budaya baratnya tersebut. Sehingga dalam hal ini kalender jawa sangat penting untuk penduduk jawa itu sendiri.
  9. Pulau Jawa memiliki Jumlah 5 Provinsi dan Provinsi tersebut adalah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Provinsi Banten, Jakarta, dan DI Yogjakarta
  10. Pulau Jawa menjadi salah satu Daerah Penghasil Vanili Terbesar di Indonesia
  11. Di penduduk jawa itu sendiri masih banyak yang menganut kepercayaan watonan. Seseorang yang lahir dari peristiwa tersebut dengan melihat dari kalender tradisional orang jawa pada umumnya, biasanya seorang tersebut akan ada ritual-ritual khusus yang akan digunakan dan telah dipercayai pada masa itu.
  12. Bahasa jawa merupakan bahasa dengan ucapan paling terbanyak yang digunakan oleh orang Indonesia dari pada bahasa nasional itu sendiri yaitu bahasa Indonesia. Hal ini terjadi pada tahun 2013.
  13. Di daerah perkotaan banyak sekali jalan yang namanya seperti tokoh-tokoh wayang seperti tidak ada nama untuk pulau yang lain.
  14. Perlu di ketahui bahwa Pulau Jawa di tempati oleh suku lain yang di Indonesia ini sebesar 60%. Sehingga jika berkunjung di pulau jawa jangan heran apabila menemukan banyak sekali orang yang berbeda-beda. Seperti orang makasar, papua, lombok dan masih banyak yang lainnya. Yang memang telah banyak sekali yang menetap tinggal di pulau papua ini. Namun banyak juga yang hanya tinggal sementara di pulau jawa karena mereka memang sedang melakukan pendidikan di perguruan tinggi di pulau jawa ini.
  15. Di daerah jawa ini memiliki sebuah dialek bahasa yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Dari mulai di daerah Timur, Selatan, Barat, Utara dan lain sebagainya. Sehingganya dalam hal ini dapat menjadipembeda dari daerah pulau jawa tersebut dengan penggunaan bahasa dan dialek yang berbeda. Dalam penggunaan bahasa jawa juga ada 3 tingkatan dalam penggunaan bahasa tersebut.

    1. Ngko, dalam bahasa jawa cara berbicara yang seperti itu sangat tidak patut sekali karena kata Ngko Ini termasuk kedalam penggunaan bahasa yang kasar.
    2. Madya dalam penggunaan bahasa ini masih terbilang biasa saja
    3. Krama dalam penggunaan bahasa ini sangat halus dan sopan.
  16. Fakta lain yang perlu di ketahu adalah bahwa penduduk jawa pada masa penjajahan belanda banyak yang melakukan migrasi ke Suriname, hal ini menyebabkan bahasa jawa menyebar sampai ke luar negeri dan penggunaan bahasa jawa juga semakin banyak.
  17. Pulau Jawa menjadi salah satu Pulau dengan Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia
  18. Pulau Jawa menjadi salah satu daerah penghasil beras terbesar di Indonesia
  19. Fakta lain dari pulau jawa adalah tempat wisatanya yang berupa museum, candi, taman nasional, dan masih banyak yang lainnya yang memang sangat menarik sekali untuk di kunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan asing maupun lokal.
  20. Dalam bahasa jawa terdapat tulisan jawa atau aksara yang terdiri dari 20 huruf dasar yang tersusun dalam bentuk puisi da pangram.
  21. Perlu di ketahui bahwa penggunaan bahasa jawa pada tahun 2013 telah masuk kedalam google translate. 

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Menarik dari Pulau Jawa. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai daerah-daerah di Indonesia atau di Nusantara. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20+ FAKTA Pulau Jawa yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar