Kota Parepare [Sulawesi Selatan] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Hai kawan-kawan pembaca website FaktaDaerah.Com pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sebuah kota kecil di kaki Sulawesi Selatan, tidak lain Singapura Sulawesi, kota Bandar Madani, yakni Kota Parepare. Berikut saya ini menguraikan singkat tentang “Yang Unik dari Parepare”.
Baca Juga: [Terbaru!] Inilah Tempat Wisata Terkeran di Makasar

Kota Parepare, Sulawesi Selatan


Parepare kota kecil yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, kota yang berjarak 150 km dari kota Makassar ini memliki pesona tersendiri dibanding kota di sekitarnya. Kota ini memang salah satu urat nadi kegiatan di Sulawesi Selatan, bagaimana tidak Parepare merupakan gerbang perekonomian Sulawesi Selatan terlebih bagi yang berada di sekitarnya karena Parepare memiliki pelabuhan yang diberi nama Pelabuhan Nusantara.
 

5 Fakta Unik Kota Parepare, Sulawesi Selatan


Berikut ini saya akan sajikan “Yang unik dari Parepare”.
 

Parepare Kota Lampu

Kota Parepare di Sulawesi Selatan ini memiliki keunikan yang lain dari yang lain, yakni kelap-kelip lampu pada malam hari yang membuat malam lebih gemerlap. Dapat dilihat di jalan-jalan utama, alun-alaun kota, rumah jabatan, dan daerah strategis lainnya. Tak terlewatkan pohon-pohon pun dihiasi oleh lampu silinder yang semakin menambah indahnya malam di kota Parepare.
 

Parepare Kota Peduli Lorong


Saat ini Kota Parepare bermetamofosis menjadi kota yang cantik dan indah bukan hanya dilihat dari jalan-jalan protokol dan objek wisata akan tetapi lorong pun dihias guna menambah keindahan kota. Lorong dicat, di tanami tanaman hias dan beri ornamen-ornamen unik. Sehingga menyulap lorong yang dahulunya terkesan kotor, jorok, dan sempit berubah seketika menjadi indah, bersih dan hijau. Bukan hanya dari segi keindahan, keamananya pun diperhatikan yakni pemasangan ribuan lampu jalan pada setiap lorong yang ada di kota Parepare, sehingga masyarakat tidak lagi takut untuk lewat di lorong. Parepare Kota Peduli Lorong.

Parepare Kota Bhineka


Parepare merupakan kota  Bhineka yang dihuni oleh etnis, yakni Arab, China, India, Jawa, dan Papua. Mudah saja karena Parepare merupakan kota transit dan kota dangang sehingga banyak perantau dari negeri seberang datang untuk mengadu nasib di Parepare, adapun etnis non-pribumi mereka memang sudah lama menetap di Parepare sejak zaman kolonialisme. Mereka pun membentuk komunitas etnis mereka di kota ini, etnis Cina membuat pemukiman di sekitar pantai dan pasar yang lebih dikenal dengan nama “Kawasan Hustom”. Adapun etnis Arab lebih tersebar daerah Bau Massepe. Ada juga komunitas Jawa yang menjadi pedangan di Parepare. Ini menunjukkan kebhinekaan di kota Parepare telah terlaksana, sampai saat ini belum ada kasus kriminal antar etnis.
 

Parepare Kota Cap Karung “CAKAR”.


Parepare  disebut gudangnya pakaian bekas atau biasa disebut “Cakar” atau “Cap Karung”. Masyarakat memang menyukai pakaian impor dengan harga miring, terutama di kota Parepare, walaupun bekas tetapi kualitaasnya tak kalah dengan pakai baru. Terdapat beberapa sentra-sentra penjualan Cakar ini yakni di Pasar Senggol dan Pasar La Bukkang, masyarakat pun ikut memanfaatkan berlimpahnya pakaian Cakar dengan membuka toko di sekitar rumah untuk menjual Cakar ini, sampai-sampai Parepare sangat identik dengan sentra penjualan pakaian bekas atau “Cakar”.
 

Parepare Memiliki Patung Habibie Ainun dan Tugu Habibie


Dilain sisi kota Parepare pernah menjadi bagian hidup dari salah satu Presiden RI yakni Bapak Teknologi Indonesia B.J. Habibie. Beliau menghabiskan masa kecilnya di Parepare hinggsa beliau pindah ke Gorontalo dan akhirnya ke Bandung untuk bersekolah. Oleh karena Parepare memiliki ikatan historis dengan beliau maka Kota Parepare mengabadikan jasa-jasa beliau melalui Patung Habibie Ainun dan Tugu Habibie.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kota Parepare [Sulawesi Selatan] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca! yang ditulis dengan judul asli "Yang Unik dari Kota Parepare" adapun penulis dalam artikel ini sendiri adalah Alawy Parsan Parid Riati. Semoga dapat menmabah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari info "Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan". Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Konawe [Sulawesi Tenggara] dan Fakta Yang Wajib Kamu Baca!
  2. Kota Kakao [Sulawesi Tenggara] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Fakta Suku Bugis [di Sulawesi], Yang Harus Kamu Pahami!
  4. Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo [Makassar] dan Beberapa Fakta yang Dapat Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Parepare [Sulawesi Selatan] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar