10+ Negara yang Berbatasan Dengan Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Negara yang Berbatasan Dengan Indonesia

Indonesia adalah Negara Kepulaun terbesar di dunia, sampai saat ini Indonesia dikenal sebagai Negara Maritim dan juga Negara Agraris, sebutan hal tersebut disematkan karena Indonesia memiliki banyak lahan yang subur dan juga memiliki laut yang beitu luas. Bahkan nama Indonesia dengan “Nusantara” pernah jaya dengan pertanian dan maritim di era Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan memberikan info mengenai negara yang berbatasan dengan Indonesia.

Negara Yang Berbatasan Dengan Indonesia


Negara yang berbatasan dengan Indonesia, ada dua kategori. Yaitu Negara yang berbatasan dengan
Laut/Samudra dan negara yang bertabasan dengan daerah daratan.

Negara Berbatasan Dengan Daratan Indonesia


Adapun negara yang berbatasan dengan Daratan Indonesia antara lain adalah;
  • Negara Malaysia
  • Negara Timor Leste
  • Negara Papua nugini.

Negara Berbatasan dengan Laut/Samudara dengan Indonesia

Wilayah yang berbatasan dengan samudra atau laut di Indonesia, antara lain sebagai berikut;
  • Negara India
  • Negara Thailand
  • Negara Singapura
  • Negara Filipina
  • Negara Australia
  • Republik Palau
Penjelasan mengenai negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia tersebut, ialah sebagai berikut;

1. Timor Leste

Timor Leste telah menjadi Bagian dari Asean, wilayah yang dulunya menjadi kekuasaan RI ini telah merdeka pada masa kepemipinan Presiden BJ Habibie, Timor Leste berbatasan langsung dengan Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur)

2. Malaysia

Malaysia menjadi Negara yang paling dekat dengan Indonesia serta yang paling sering terjadi konflik berbatasan. Beberapa wilayah di Indonesia berbatasan langsung dengan Malayisia seperti di Provinsi Kalimantan Utara (Provinsi Termuda di Indonesia) yang berbatasan langsung dengan Serawak
Malaysia.

3. Papua Nugini

Negara Indonesia dan Papua Nugini berbatasan darat dan laut yang tepatnya sama-sama berada di Pulau Papua. Kedua Negara ini menjadi tentangga yang paling dekat karena notebene sama-sama menjadi negara berkembang. Meskipun begitu, dalam kaitannya Papua Nuginie masih tergolong menjadi negara termiskin di wilayah Asia.

 4. Singapura

Negara Singpura adalah negara tentangga yang tergolong sebagai Negara Maju, Singapura menjadi Negara yang berbatasan dengan laut Indonesia teatnya berada di Provinsi Riau dan Kepri. Singapura ini letaknya sangatlah dekat dengan Kota Batam.

5. India

Negara yang berbatasan dengan Indonesia, terutama di wilayah lautnya adalah Negara India, Indonesia dan India berbatasan berada i Smudra India yang menjadi perbatasan adalah Pulau Rondo di Aceh dan pulau Nicobar di India.

6. Thailand

Selat Malaka bagian utara dan Laut Andaman adalah wilayah yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Thailand, bahkan kedua negara ini secara daratan letaknya cukup jauh dibandingkan dengan negara Brunai Darusslam, akan tetapi meskipun jauh kedua negara ini adalah Tentngga dalam hal kemaritiman.

7. Filipina

Perairan utara dan selatan Pulau Miangas menjadi salah satu wilayah dan perwilayahanan yang berbatasan dengan Negara Filipina, daerah ini sendiri sejatinya berada di Wilayah Pulau Sulawesi, khususnya Provinsi Sulawesi Utara.

 8. Republik Palau

Sampai saat ini Indonesia dan Palau belum sepakat mengenal batas perairan ZEE Palau dengan ZEE Indonesia yang terletak di utara Papua. Akibatnya sering timbul perbedaan pendapat tentang pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh para nelayan kedua belah pihak.

 9. Australia

Wilayah Celah Timor adalah wilayah yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Autralia, wilayah-wilayah Indonesia dan Australia ini memang jarang teredengar ada konflik, meskipun begitu beberapakali secara sengaja Asutralia yang mendorong Timor Leste untuk keluar dan merdeka dari Indonesia.

10. Vietnam

Pulau Sekatung di Kepulauan Natuna (Indonesia) dan Pulau Condore di Vietnam adalah lokasi perbatasan antara Indonesia dan Vientnam, kedua negara ini memang memiliki berpendaan dalam pandangan politik, misalnya Vietnam yang menganut asas Komunisme sedangkan di Indonesia Komunisme sangat dilarang dengan tegas.

Demikianlah tulisan mengenai daerah-daerah atau wilayah Negara Yang Berbatasan Dengan Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menjadi refrensi dan wawasan pengetahuan bagi segenap pembaca yang saat ini sedang mencari “Batas Wilayah Indonesia”. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10+ Negara yang Berbatasan Dengan Indonesia Terbaru dan Terlengkap"