24+ FAKTA Pulau Kalimantan Yang Harus Kamu Baca!

Pulau Kalimantan


FaktaKampus.Com- Kalimantan merupakan daerah yang memang para wisatawan belumbanyak yang berkunjung di wilayah ini. Namun sebenarnya banyak sekali beragam budaya, keindahan alam, dan masih banyak lagi yang sangat unik dan memang belum banyak yang tau tentang pulau ini.

Pulau Kalimantan yang lebih di kenal dengan pulau Borneo, adalah sebuah pulau yang sangat luas yang berada di daerah Asia Tenggara. Pulau ini di himpit oleh pulau Sulawesi dan juga Pulau Jawa. Pulau Kalimantan merupakan pulau yang sangat indah dengan keunikan yang di miliki di pulau ini. Memang belum banyak yang tahu tentang fakta yang di miliki oleh kalimantan. Dan tempat ini memang belum banyak yang berkunjung.   

Fakta-Fakta Pulau Kalimantan


Sebagai pengenalan lebih jauh, tulisan ini akan menjelaskan tentang beberapa fakta Kalimantan diantarnya adalah sebagai berikut;
  1. Setelah Papua dan Greenlan kalimantan merupakan pulau terbesar ke tiga di Dunia. Namun dalam hal ini tidak memungkiri bahwa keindahan alam dan kekayaan alam yang di miliki oleh daerah papua memang termat sangat cukup besar sekali. Sehingga dalam duni pun pulau kalimantan memiliki peringkat ke 3 pulau terbesar di dunia. 
  2. Kalimantan adalah pulau yang ada di Dunia yang telah di kuasai oleh tiga negara. Untuk tiga negara terseut di antaranya adalah Malaysia, Indonesia, Brunei Darusalam. Dengan keunikan dan juga kekayaan alam yang di miliki oleh Kalimantan sehingganyan daerah ini dapat di katakan sebagai daerah yang sangat luas dengan berbagai macam bahasa dan budaya. 
  3. Pulau Kalimantan memiliki Tugu Katulistiwa yang mana tugu ini berada di Provinsi Kalimantan Barat tepatnya berada di Kota Pontianak
  4. Fakta yang selanjutnya adalah tentang hutan tropis yang ada di pulau kalimantan. Hutan ini merupakan hutan tertua yang ada di Dunia, dengan kisaran berumur sampai dengan 130 juta tahun. Dalam hal ini borneo adalah salah satu hutan yang paling tua di Kalimantan, yang telah mencangkup tiga negara dalam Pulau Kalimantan ini, diantaranya adalah Malaysia, Indonesia, Brunai Darussalam. Sehingganya dalam hal ini hewan yang ada di dalam hutan ini dapat di katakan sebagai hewan langka.   
  5. Pulau kalimantan merupakam pulau yang paling aman dar gempa, pulau ini termasuk kedalam daerah yang memiliki daerah yang sangat luas, kalimantan ini berada di daerah yang memang tidak memiliki gunung berapi dan juga tidak ada tabrakan antara lempengan yang ada di lautnya tersebut. Sehingga hal ini mengakibatkan tidak ada tabrakan antara lempengan satu dengan yang lainnya. 
  6. Perlu di ketahui bahwa fakta selanjutnya tentang Tempat tinggal spesies langka Hutan Hujan Tropis merupakan satu-satunya habitat asli hewan langka yang ada di kalimantan tersebut. Hanya ada orang hutan saja hewan langka yang ada di Kalimantan ini. Banyak sekali hewan langka yang masih ada di daerah Kalimantan seperti, Hewan Bekantan, Gajah Borneo, Badak Borneo, Landak, Rusa, Tapir dan masih banyak spesies hewan lainnya yang sangat langka yang masih ada di daerah Kalimantan ini. 
  7. Penduduk Kalimantan sukunya adalah suku Dayak. Suku dayak ini telah terbagi lagi dalam 200 etnis, berdasarkan budaya, wilayah, hukum dan juga bahasa. Sehingga dalam hal ini pulau Kalimantan dapt di kaakan sebagai pulau yang memiliki berbagai macam bahasa dan budaya. 
  8. Pulau Kaliamantan menjadi salah satu Pulau yang memiliki Banyak Kabupaten Terkaya di Indonesia.
  9. Perlu di ketahui bahwa ubur-ubur terbesar ini ada di pulau kalimantan, lebih tepatnya di kalimantan bagian timur. Di dalam danau ini terdapat ubur-ubur yang teramat besar namun ubur-ubur ini tidak menyengat. Perlu di ketahui danau yang sangat terkenal dengan empat jenis ubur-ubur yang berbeda diantaranya adalah Danau Kakaban. Adapun 4 Ubur-Ubur Ini Adalah Ubur-Ubur Bulan, Ubur-Ubur Totol, Ubur-Ubur Kotak Dan Ubur-Ubur Terbalik. Sehingga dalam hal ini pulau Kakaban termasuk kedalam pulau Yang harus di jaga kelestariannya karena masuk kedalam nominasi situs warisan dunia yang telah di resmikan oleh UNESCO. 
  10. Dahulu pada zaman penjajahan belanda dan kolonial inggris kalimantan di berikan sebutan nama dengan kata Borneo untuk nama di pulau ini. Kemudian orang – orang pribumi lebih memilih untuk memberi sebutan nama dengan Kalimantan. 
  11. Pulau Kalimantan menjadi salah satu Pulau yang memiliki Provinsi terluas di Indonesia
  12. Fakta selanjutnya adalah Pulau Seribu Sungai, kalimantan sering sekali di beri julukan sebagai Pulau Seribu Sungai karena Pulau kalimantan ini terdapat banyak sekali sungai-sungai yang mengalir. 
  13. Pada masa saat ini terdapat banyak sekali hewan dan buah yang langaka untuk daerah Kalimantan ini. Sehingga nya untuk penduduk asli orang Kalimantan sangat menjaga dan terus melestarikan hewan langka ini. Diantaranya hewan-hewan langka ini adalah Orang Utan, Gajah Borneo, Badak Borneo, Landak, Rusa, Tapir dan masih banyak sekali hewan langaka yang memungkinkan terancam punah karena keadaan yang semakin tidak mendukung. Dan banyak yang memburu dengan tujuan untuk kepentingan pribandi itu sendiri.
  14. Pulau Kalimantan menjadi salah satu Pulau yang hanya memiliki 5 Provinsi
  15. Di pulau Kalimantan ini terdapat hewan-hewan kebau yang memang teramat sangat banyak sekali. Rawa Namun karena keterbatasan lahan dan kebun, sehingganya penduduk asli Kalimantan terpaksa menggunakan rawa sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk tempat hewan Kerbu tersebut. Dan hal ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk para wisatawan yang berkunjung di pulau in. Karena pengunjung dapat melihat banyak sekali hewan kebau yang berada di rawa dan juga dapat menjadi seorang penggebala, yang di keluarkan saat pagi dan di masukkan lagi ke kandang saat petang mulai datang. 
  16. Tempat tinggal satu-satunya satwa langka yang ada di pulau Kalimantan adalahberada di Taman Nasional Sebangun. Untuk dapat melihat dan berkunjung di tempat ini bukanlah hal yang mudah memang, harus mulai dari jalan aspal, kemudian jalan yang berliku, dengan melewati hutan yang lebat dan juga masih dengan menggunakan perahu untu dapat sampai di Taman Nasional Sebangun ini.
  17. Dalam pulau Kalimantan terdapat rumah yangsangat besar, megah, dan juga mewah sekali. Rumah ini adalah rumah dari suku dayak. Yang ditempati oleh berbagai macam orang dengan berbagai macam kepala keluarga disana. Mereka juga dalam hal ini hidup secara rukun dalam satu atap.
  18. Provinsi Kalimantan menjadi salah satu daerah penghasil berlian terbesar di Indonesia dan juga menjadi daerah penghasil kelapa sawit di Indonesia
  19. Pulau kalimantan merupakan pulau terbesar dan juga pulau yang memiliki beraneka macam jenis buaya. Terdapat di penangkaran buaya Desa Teritip Balikpapan jika memang ingin melihat semua jenis penangkaran buaya tersebut. Sehingganya di dpenangkaran ini terdapat banyak sekali buaya yang hidup di sana dengan disiapkan lahan yang sangat luas untuk buaya tersebut, sekitar 5 hektar untuk tempat buaya ini hidup. Jika memang memiliki keinginan untuk menikmati sate, dapat mencobanya di peternakan buaya di Desa Teritip Balikpapan ini. Di sini juga bukan hanya sebagai peternak buaya saja namun juga sate buaya tersedia di Desa Teritip Balikpapan ini.  
  20. Di kalimantan adalah terdapat masjid yang memang sangat besar sekali dan masjid ini merupakan masjid kedua terbesar se- Asia Tenggara setelah asjid Istiqlal. Masid ini terlihat sangat indah dan istimewa sekali di lihat, masjid dengan bangunan yang kokoh, dengan terdapat beberapa menara di sana dan bangunan masjid terbesar kedua ini terinspirasi dari masjid Nabawi yang berada di Mekkah dan juga masjid yang berada di Istambul Turki.
  21. Pulau Kalimantan menjadi salah satu Pulau yang tidak rawan dengan bencana alam gempa bumi
  22. Di pulau Kalimantan ini sampai saat ini masih terus melestarikan telinga panjang, hal ini di lakukan dengan tujuan agar dapat menambah tingkat sosial seseorang tersebut dalam penduduk dayak. Sehingganya semakin panjang telinga maka kedudukan yang di miliki oleh seorang tersebut akan juga semakin tinggi. Sehingganya dalam hal ini suku dayak yang asli dari kalimantan masih terus melestarikan pemanjangan telinga ini. Pemanjangan telinga ini di lakukan dengan pemberat logam yang berbentuk seperti gangsing. Alam proses ini di lakukan dari bayi.
  23. Pulau Kalimantan menjadi salah satu Pulau yang memiliki Provinsi termuda di Indonesia, provinsi ini adalah Provinsi Kalimantan Utara 
  24. Perlu di ketahui bahwa sama rinda berasal ari kata sama dan rendah yang berarti sam tinggi antara rumah satu dengan rumah yang lainnya dan tidak menimbulkan pebedaan derajat di antara yang lainny. Sehingga dalam hal ini akan tetap terjalin sebuah keakraban antara penduduk satu dengan penduduk yang lainnya. Perlu di ketahui bersama banyak orang yang berfikir bahwa kata samarinda berasal dari kata sama dan rinda, namun padahal hal ini salah besar. 
Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Pulau Kalimantan. Semoga dengan adanya ulasan daerah yang ada di Indonesia ini dapat menjadi wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "24+ FAKTA Pulau Kalimantan Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar