11+ Provinsi Terluas di Indonesia Terbaru dan Lengkap

Provinsi Terluas di Indonesia


Indonesia menjadi salah satu negara besar dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, sampai saat ini Indonesia terus menerus melakukan pembangun di berbegai daerah yang ada di Indonesia. Daerah yang ada di Indonesia berdasarkan pada Provinsi memiliki luas atas wilayah yeng berbeda. Dan berikut inilah Provinsi Terluas di Indonesia berdarsakan pada data yang di dapatkan dari Kementrian Dalam Negri RI.
Baca Juga: 5+ Kabupaten Terluas di Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Provinsi Terluas di Indonesia


Wilayah berdasarkan Provinsi yang memiliki luas di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut;

Provinsi Papua

Wilayah pertama yang memiliki daerah dengan luas tertinggi di Indonesia adalah Papua. Papua yang berada di Indonesia Bagian Timur memiliki luas wilayah sekitar 319,036.05 atau luas wilayah ini setara dengan 16.672 % dari Luas Wilayah di Indonesia.

Provinsi Kalimantan Tengah

Daerah yang memiliki luas tertinggi di Indonesia yang selanjutnya adalah Provinsi Kalimantan Tengah yang luas wilayahnya mencapai 153,564.50 Kilo Meter. Luas wilayah yang ada di seluruh bagian atas Kalimantan Tengah ini setera dengan 8.025%

Provinsi Kalimantan Barat

Kalimantan Barat dengan Ibukota adalah Kota Pontianak menjadi daerah dengan luas ke-3 di Indonesia, daerah yang ada di bawah Kalimantan Barat ini mencapai 147,307.00 KM atau setara dengan 7.698 persen wilayah Indonesia.

Kalimantan Timur

Kalimantan Timur menjadi wilayah dengan provinsi terluas di Indonesia, wilayah di Kalimantan Timur ini sendiri mencapai 129,066.64 Kilo Metar atau luas wilayah ini setara dengan 6.745% Persen dari luas wilayah Indonesia.

Provinsi Papua Barat

Papua Barat menjadi daerah dengan Provinsi Terluas di Indonesia, daerah-daerah yang ada di Papua Barat mencapai 99,671.63 Kilo Meter atau wilayah di Papua Berat ini setara dengan 5.209 persen wilayah di Indonesia.

Sumatera Selatan

Provinsi paling luas di Indonesia dan berada di Pulau Sumatra adalah Provinsi Sumatra Selatan dengan Ibukotanya ialah Kota Pelambang, wilayah di Sumsel ini mencapai 91,592.43 Kilo Meter atau setara dengan 4.786 pesen wilayah di Indonesia.

Riau

Provinsi dengan luas wilayah tersbesar di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Riau yang luas wilayahnya mencapai 87,023.66 Kilo meter, luas wilayah di Riau ini setara dengan 4.548 persen dari wilayah-wilayah Indonesia.

Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara selain memnjadi Provinsi Termuda di Indonesia, wilayah ini juga menjadi wilayah yang masih dihitung luas. Dimana wilayah yang ada di bawah pemerintahan Kalimantan Utara adalah 75,467.70 Kilo Meter, wilayah ini setara dengan 3.944 pesrsen dari wilayah di Indonesia.

Provinsi Sulawesi Tengah

Wilayah atau Daera terluas di Pulau Sulawesi yang pertama adalah Sulawesi Tengah, dimana luas yang dimiliki oleh Sulawesi Tengah ini adalah 61,841.29 Kilo Meter. Luas wilayah di Sulawesi Tengah ini juga setara dengan3.232 persen dari luas wilayah di Indonesia.

Provinsi Jambi

Jambi adalah salah satu Provinsi yang ada di Pulau Sumatra. Wilayah yang ada di Jambi ini adalah 50,058.16 Kolometer, atau wilayah ini setara dengan 2.616 persen dari wilayah-wilayah Indonesia. 

Provinsi Jawa Timur

Wilayah Indonesia yang paling luas di Jawa adalah Jawa Timur, wilayah yang ada di Provinsi ini sendiri secara data ialah 47,799.75 Kilo meter atau setara dengan 2.498 persen wilayah Indonesia.

Demikianlah tulisan mengenai Provinsi Terluas di Indonesia. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca untuk mengenai postensi dan luas wilayah di daerahnya masing-masing. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ Provinsi Terluas di Indonesia Terbaru dan Lengkap"

Posting Komentar