60+ Alat Musik Tradisional di Indonesia [Penjelasan dan Asalnya]

Indonesia merupakan negara yang sering di kenal dengan berbagai keaneka ragam budaya.  Salah satu yang terkenal selain bahasa daerah adalah alat musik tradisional. Alat musik tradisional yang ada di Indonesia memiliki kegunaan dan nama-nama yang beraneka ragam.

Selain itu Di Indonesia juga terkenal dengan berbagai adat Rumah adat dan tarian tradisional yang menjadi ciri khas dari suatu daerah yang ada di Indonesia dan merupakan keunggulan yang di miliki oleh Negara  Indonesia sendiri.

Alat Musik Tradisional


Berikut ini ada nama-nama alat musik yang ada di Indonesia yang paling terkenal yang perlu di ketahui berdarkanpula dengan tempat asalnya. Diantaranya adalah

Alat Musik Serune Kale

Alat musik Serune Kale adalah alat musik yang berasal dari Provinsi Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam). Jenis music yang di hasilkan oleh alat musik Serune Kale ini adalah Bunyi Aerofon. Jenis Bunyi Aerofon adalah jenis bunyi yang berasal dari hembusan angin.

Cara menggunakan alat musik Aerofon yaitu dengan ditiup kemudian nada yang akan di hasilkan dari alat music ini diatur dengan menggunakan jari yang di letakkan di lubang Alat music Serune Kale ini. 

Alat Musik  Aramba

Alat music Aramba adalah alat musik yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara, lebih tepatnya di pulau Nias. Alat music Aramba adalah alat musik yang memiliki jenis bunyi Ideofon. Bunyi yang ada di alat music Aramba ini berasal dari bahan dasar dari alat music itu sendiri. Cara menggunakan alat music Aramba ini adalah dengan di pukul-pukul menggunakan alat pukul yaitu stik. 

Alat Musik Saluang

Alat Musik Saluang adalah alat musik yang berasal dari Sumatra Barat, lebih tepatnya berasal dari Minangkabau. Alat music ini memiliki jenis bunyi yaitu Aerofon. Bunyi Aerofon adalah salah satu bunyi yang di dapat dari hembusan angin.

Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan ditiup dan menutupi lubang yang ada di alat music Salung dengan menggunakan tangan, maka dari cara ini lah nada yang ada di alat music ini akan terdengar. 

Alat musik Gambus

Alat musik Gambus adalah alat music yang bersal dari daerah Riau. Bunyi yang dihasilkan dari alat music ini adalah bunyi Kordofun.

Bunyi KordoFun ini bersal dari dawai atau senar yang ada di alat music tersebut. Alat music ini biasanya di mainkan dengan diiringi oleh sebuah gendang. Perlu diketahui bahwa alat music Gambus ini memiliki 3 senar sampai 12 senar. 

Alat Musik Serangko

Alat Music Serangko adalah alat music yang berasal dari Jambi. Alat music ini digunakan oleh masayarakat Jambi apabila saat sedang terjadi musibah. cara menggunakannya adalah dengan Alat music Serangko adalah dengan ditiup seperti menggunakan sruling. Alat musik Serangko adalah alat music yang terbuat dari tanduk kerbau. 

Alat Musik Accordion

Jenis bunyi yang ada di alat music tradisional Accordion adalah Bunyi Aerofon. Bunyi Aerofon adalah sebuah bunyi yang berasal dari hembusan nafas atau angin.

Cara menggunakan alat music ini adalah dengan meniup dan menggunakan kedua tangan untuk mengatur nada yang ada di alat music ini. ALat music Accordion adalah alat music yang berasal dari Sumatra Selatan. 

Alat Musik Doll

Doll adalah alat music tradisional yang berasal dari Bengkulu. Alat music ini memiliki jenis bunyi membranofon. Bunyi ini adalah sebuah bunyi yang cara menggunakannya yaitu dengan di pukul dengan menggunakan alat yang telah di tentukan.   

Alat Musik Bende

Alat Music Bende adalah alat music tradisional yang berasal dari Lampung. Alat music ini memiliki jenis bunyi Ideofon. Cara menggunakan alat music ini adalah dengan dipukul menggunakan alat yang khusus. Nada yang didapat dari alat music ini adalah dari bahan dasar alat music bende itu sendiri. 

Alat Musik Gendang Melayu 

Alat musik Gendang Melayu adalah sebuah alat music yang berasal dari Bangka Belitung. Alat music ini termasuk kedalam jenis alat music Membranofon, Yaitu alat music tradisional yang cara menggunakannya adalah dengan di pukul menggunakan telapak tangan.  

Alat Musik Gendang Panjang 

Alat music Gendang Panjang adalah alat music tradisional yang berasal dari Kepulauan Riau. Alat music ini termasuk kedalam jenis bunyi Membranofon. Cara menggunakannya yaitu dengan menepukkan tangan di area yang lunak pada alat music tradisional ini. 

Alat Musik Tehyan

Alat music Tehyan adalah alat music yang berasal dari Ibukota Jakarta, jenis bunyi yang di hasilkan dari alat music ini adalah Kordofan. Cara memainkan alat music ini tidak jauh beda dengan memainkan biola, yaitu di gesek dibagian dawai atau senar pada alat music ini. 

Alat Musik Angklung

Alat Music Angklung adalah alat music yang berasal dari Jawa Barat. Alat music ini adalah alat music yang memiliki jenis bunyi ideofon. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan menggunakan tangan, sehingga nanti akan mendapatkan nada sesuai dengan yang diinginkan. 

Alat Musik Gamelan

Alat Music Gamelan adalah sebuah alat music yang termasuk kedalam jenis bunyi Ideofon. Alat music ini berasal dari Jawa Tengah. Cara memainkan alat Music gamelan ini juga cukup mudah hanya dengan di pukul – pukul dengan menggunakan alat yang telah pemukul yang telah di tentukan. 

Alat Musik Gendang

Alat Music Gendang adalah alat music yang berasal dari daerah Istimewa Yogyakarta. Alat music ini termasuk kedalam jenis Bunyi Ideofon. Cara memainkan alat music gendang ini adalah dengan di pukul-pukul menggunakan tangan di bagian yang lunak. 

Alat Musik Bonang

Alat Music Bonang adalah termasuk kedalam jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan alat music ini adalah dengan di pukul-pukul menggunakan alat yang khusus. Alat Music Bonang ini berasal dari Jawa Timur. 

Alat Musik Gengceng

Alat Music Gengceng adalah salah satu alat music yang berasal dari Bali. Alat music ini termasuk kedalam jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan alat music ini adalah dengan meletakkan di kedua tangan kemudian baru di tepuk-tepuk. 

Alat Musik Serunai

Alat Music Serunai adalah alat music tradisional dari Indonesia yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat. Jenis bunyi yang ada di alat music ini adalah Aerofon.  Cara memainkan alat music ini adalah dengan di tiup kemudian jari tangan mengatur nada yang ada pada alat music ini. 

Alat Musik Sasando

Alat Music Sasando adalah alat music yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Alat music tradisional ini termasuk kedalam jenis bunyi Chordofon. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di petik. 

Alat Musik Japen

Cara memainkan Alat Music Japen adalah dengan di petik. Jenis bunyi yang ada di alat music tradisional ini adalah Kordofon. Alat Music Japen berasal dari Kalimantan Tengah. 

Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe adalah alat music tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Alat music ini termasuk kedalam salah satu bunyi Kordofon. Cara memainkan Alat Music Sampe adalah dengan di petik pada bagian senar.

Alat Musik Tuma

Alat Music Tuma adalah alat music yang berasal dari Kalimantan Barat. Cara memainkan alat music ini adalah dengan di tepuk menggunakan telapak tangan. Alat Music Tuma adalah sebuah alat music yang termasuk kedalam jenis bunyi Membranofon. 

Alat Musik Panting

Alat Music Panting adalah sebuah alat music yang berasal dari Kalimantan Selatan. Jenis bunyi yang ada di dalam alat music ini adalah Kordofon. Cara memainkan alat music ini hamper sama dengan memainkan sasando yaitu di petik di bagian senarnya. 

Alat Musik Kolintang

Alat Music Kolintang adalah alat music tradisional yang termasuk kedalam jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di pukul – pukul menggunakan alat yang khusus. Alat Music Kolintang ini berasal dari Sulawesi Utara. 

Alat Musik Ganda

Alat Music Ganda adalah sebuah alat music yang berasal dari Sulawesi Tengah, Bunyi yang ada di termasuk kedalam alat music ini adalah bunyi Membranofon. Cara memainkan alat music tradisional ini adalah dengan menepuk – nepuknya dengan menggunakan telapak tangan. 

Alat Musik Keso

Alat Music Keso adalah alat music yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat music ini termasuk kedalam alat bunyi jenis Cordofon. Cara memainkan alat music ini cukup dengan di gesek pada bagian senar. 

Alat Musik Lado-Lado

Alat Music Lado-Lado adalah alat music yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di pukul – pukul menggunakan alat music yang telah di tentukan. Alat music Lado-lado termasuk kedalam jenis bunyi Ladofon. 

Alat Musik Kecapi

Alat Music Kecapi adalah alat music yang berasal dari Sulawesi Barat. Jenis bunyi yang ada di dalam alat music ini adalah Kordofon. Cara memainkan alat music ini adalah dengan di petik di bagian senarnya. 

Alat Musik Nafiri

Alat Music Nafiri adalah alat music tradisional yang berasal dari daerah Maluku. Jenis bunyi yang ada di dalam alat music ini adalah Membranofon. Cara memainkan alat music ini agar memperoleh nada yang di inginkan cukup di tepuk menggunakan telapak tangan. 

Alat Musik FU

Alat Music FU adalah salah satu alat music tradisonal yang berasal dari Maluku Utara. Jenis bunyi yang ada di dalam alat music ini adalah Aerofon. Cara memainkannya yaitu cukup dengan di tiup.

Alat Musik Tifa 

Alat Music Tifa adalah alat music tradisional yang berasal dari Papua. Jenis bunyi yang ada di dalam alat music tradisional ini adalah membranofon. Cara memainkan alat music tradisional ini cukup dipukul dengan menggunakan tlapak tangan. 

Alat Musik Guoto

Alat Music Guoto adalah alat music yang berasal dari Papua Barat. Alat music ini termasuk kedalam jenis bunyi Kordofon. Cara memainkan alat music ini yitu dengan memetik senarnya.

Alat Musik Kulantar

Alat Music Kulantar adalah alat music yang berasal dari Jawa Barat.Alat music ini termasuk kedalam jenis membranofon. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di pukul, dan biasanya alat music ini di jadikan sebagai alat pengiring gendang.

Alat Musik Gong

Alat Music Gong adalah alat music yang berasal dari Jawa Barat. Alat music ini termasuk kedalam jenis bunyi Membranofon. Gong biasanya akan diikat atau digantung pada kayu.

Alat Musik Jengglong

Alat Music Jengglong adalah alat music yang berasal dari Jawa barat, alat music ini memiliki gong kecil. Alat music ini biasa di jadikan sebagai pengiring alat music Gong.

Alat Musik Rebab

Alat Music Rebab adalah alat music yang berasal dari Jawa Barat, cara memainkan alat music ini yaitu dengan di gesek seperti biola. Bentuk dari alat music ini yitu seperti busur tanah. 

Alat Musik Telempong

Alat Music Telempong adalah alat music yang berasal dari Sumatra barat. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di pukul dengan menggunakan kayu. Bentuk dari alat music ini hamper sama dengan alat music yang berasal dari Jawa Barat yaitu Bonang. 

Alat Musik Pupuik Batang Padi

Alat Music Pupuik Batang Padi adalah alat music yang berasal dari Sumatra Barat. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di tiup. Alat music ini terbuat dari ruas batang padi yang sudah tua dan berbuku.

Alat Musik Serunai

Alat Music Serunai adalah alat music yang berasal dari Sumatra barat. Cara memainkan alat music ini adalah dengan di tiup. Alat Music Serunai adalah alat music tradisional Indonesia yang terbuat dari Padi, kayu dan bambu.

Alat Musik Tambu Dan Tansa

Alat Music Tambu Dan Tansa adalah alat music yang berasal dari Sumatra Barat. Alat music ini terbuat dari kayu yang di lindungi di bagian tengahnya. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di pukul secara bersamaan.

Alat Musik Burdah Atau Gendang Oku 

Alat Music Burdah Atau Gendang Oku adalah alat music tradisional yang berasal dari Sumatra Selatan. Alat music ini hamper sejenis dengan rebana yang cara memainkannya yaitu dengan di pukul. Alat music ini terbuat dari kulit binatang atau kulit kayu. 

Alat Musik Tenun

Alat Music Tenun adalah alat music tradisional yang berasal dari Sumatra Selatan. Alat music ini terbuat dari kayu yang berbentuk segitiga. Asal mula alat music ini diberikan nama tenun karena alat music ini di gunakan untuk menghibur para pekerja yang sedang menenun. 

Alat Musik Kenong Basemah

Alat Music Kenong Basemah adalah alat music tradisional yang berasal dari Sumatra Selatan. Alat music ini terbuat dari tembaga. Cara memainkan alat music ini yitu dengan di pukul menggunakan alat pemukul yang khusus. 

Alat Musik Tebangan

Alat Music Tebangan adalah alat music yang berasal dari Sumatra Selatan. Alat music ini hamper sama dengan rebana. Cara memainkannya yitu dengan di pukul. 

Alat Musik Genggong

Alat Music Genggong adalah alat music tradisional yang berasal dari Sumatra Selatan. Alat music ini sejenis dengan alat music tiup yang di sebut juga Harmonika. Cara memainkan alat music ini adalah dengan di pegang menggunakan tangan sebelah kiri kemudian di bagian sisinya di tempelkan ke bibir.

Alat Musik Caklemong

Alat Music Caklemong adalah alat music yang berasal dari Bangka Belitung. Alat music ini berbentuk seperti lengkungan ke bawah. Cara memainkan alat music ini yitu di pukul – pukul menggunakan alat pemukul yang telah di tentukan.

Alat Musik Gambangan

Alat Music Gambangan adalah alat music yang berasal dari Bangka Belitung. Cara memainkan alat music tradisional ini adalah dengan dipukul-pukul menggunakan kayu. Alat music tradisional Gambangan ini terbuat dari kayu. 

Alat Musik Kompang

Alat Music Kompang adalah alat music yang berasal dari Lampung. Alat music ini sering hamper sama dengan rebana, yang cara memainkannya juga di pukul. Alat Music Kompang ini terbuat dari kulit Kambing atau bias juga menggunakan kulit kayu. 

Alat Musik Aramba

Alat Music Aramba adalah alat music yang berasal dari Sumatra Utara. Cara memainkan alat music ini yitu dengan di pukul-pukul. Alat music ini berbentuk bulat dan terdapat tojolan kecil pada bagian tengah alat music tersebut.

Alat Musik Gambus

Alat Music Gambus adalah alat music tradisional yang berasal dari daerah Riau. Cara memainkan alat music ini yaitu dengan di petik. Jenis music yang di dapat di alat music ini adalah Kordofon.

Alat Musik Calung

Alat Music Calung adalah alat music tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat music ini hamper sama dengan angklung. Cara memainkan alat music ini cukup dipukul sesuai dengan nada yang diinginkan.

Alat Musik Kethuk Kempul

Alat Music Kethuk Kempul adalah alat music tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Alat music ini adalah alat music pelengkap untuk memainkan gamelan. Namun banyak yang bilang bahwa alat music ini hampir sama dengan alat music Bonang.

Alat Musik Tuma 

Alat Music Tuma adalah alat music yang berasal dari daerah Kalimantan Barat. Alat music ini hamper sama dengan gendang, perbedaannya jika gendang memiliki dua sisi untuk di pukul sedangnkan alat music Tuma hanya memiliki satu sisi saja.

Alat Musik Panting

Alat Music Panting berasal dari daerah Kalimantan. Alat music ini hamper sama dengan kecapi dan gitar cara memainkannya yaitu dengan di petik.

Alat Musik Sampe

Alat Music Sampe adalah alat music tradisional Indonesia yang berasal dari Kalimantan Timur. Alat music ini memiliki suara yang sangat indah jika di mainkan selain itu bentuk dari sampe sendiri yang Artistik membuat sampe sangat indah di lihat.

Alat Musik Japen 

Alat Music Japen adalah alat music tradisional yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Cara memainkan alat music ini sama dengan memainkan gitar, yitu di petik. Yang membedakan adalah alat music ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari gitar. 

Alat Musik Keso-Keso

Alat Music Keso – Keso adalah alat music yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Cara memainkan Alat music ini yaitu dengan digesek menggunakan alat yang telah di tentukan. Sehingga nada yang diinginkan akan enak  terdengar.

Alat Musik Tehyan

Alat Music Tehyan adalah alat music yang berasal dari daerah DKI Jakarta. Cara menggunakan alat music ini yaitu dengan di gesek, sama seperti memainkan Biola.

Alat Musik Bedug

Alat Musik Bedug berasal dari Jawa Barat. Bedug ini biasa di gunakan untuk pertanda jika memasuki waktu sholat Fardhu. Selain itu juga dapat di gunakan untuk memeriahkan hari besar islam.

Alat Musik Slenthem

Alat Music Slenthem berasal dari Jawa Tengah. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan di pukul.

Alat Musik Bende

Alat Music Bende adalah alat music yang berasal dari Lampung. Alat music ini hamper sama dengan Aramba. Yang membedakannya hanya dari ukuran dan warna alat musicnya saja. 

Nah, demikianlah ulasan terkait dengan beragam nama-nama alat musik tradisional di Indonesia dan asal daerahnya. Semoga bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "60+ Alat Musik Tradisional di Indonesia [Penjelasan dan Asalnya]"

Posting Komentar