11+ Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara Lengkap

Peternakan Sapi Terbesar


Indonesia adalah negara agraris yang bisa tumbuh berbagai jenis tanaman, tanaman-tanaman hijau-hijauan adalah salah satunya. Oleh karena itu pantas jikalau sapi yang memang sumber pagangan utamanya adalah tanaman membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang berpotensi menghasilkan sapi berkualitas. Oleh karena itulah pada tulisan ini kami akan memberikan informasi mengenai Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia bahkan terbesar di Asia Tenggara.

Peternakan Sapi di Indonesia


Perternakan Hewan Sapi di Indonesia pada saat ini terus dikebangkan di berbagai wilayah-wilayah, baik di Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Kaliamantan, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, bahkan sampai di Papua. Oleh karena itulah sampai saat ini jumlah perternak sapi di Indonesia mencapai 100 Juta ekor sapi setiap tahunnya.

Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia


Berikut adalah wilayah-wilayah yang menghasilkan daging sapi terbesar melalui perternakannya.

Jawa Timur Memiliki Perternakan Sapi Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

Wilayah pertama adalah Provinsi Jawa Timur, provinsi ini memiliki jumlah perternakan terbesar di Indonesia dengan mampu menghasilkan 4,7 juta ekor untuk  setiap tahunnya. Salah satu yang menjadi adalan bagi Provinsi Jawa Timur ialah memiliki PT Greenfields Indonesia yang menjadi Perusahaan Perternakan Sapi Terbesar di Asia Tenggara, adapaun letak alamat PT Greenfields Indonesia ini berada di Desa Babadan, Kabupaten Malang.

Jawa Tengah

Wilayah yang memiliki perternakan sapi terbesar ke-2 di Indonesia adalah Jawa Tengah yang Ibukotanya berada di Kota Semarang. Jawa Tengah ini mampu menghasilkan 1,9 Jt ekor sapi setiap tahunnya.

Provinsi Sulawesi Selatan

Perternakan sapi terbesar yang ada di Pulau Sulawesi adalah Provinsi Sulawesi Selatan dengan mampu mengehasilkan 984 ribu ekor hewan sapi setiap tahunnya. Hewan sapi di Provinsi Sumsel ini sampai saat ini terus dikebangkan.

Provinsi Nusa Tenggara Timur

NTT atau Provinsi Nusa Tenggara Timur pada dasarnya menjadi daerah yang memiliki banyak postensi, selain wisata di NTT ini juga ternyata menjadi daerah penghasil Hewan Sapi terbesar di Indonesia dengan mampu menghasilkan 778,2 Rb ekor hewan sapi setiap satunnya.

Provinsi Lampung

Lampung adalah daerah yang berada di Ujung Barat Pulau Sumatra, daerah ini memiliki Perternakan Sapi Terbesar di Sumatra, dengan mampu menghasilkan sektar 724,8 Rb ekor hewan sapi setiap tahunnya.

Provinsi NTB

Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah salah satu wilayah yang memiliki potensi perternakan, khususnya adalah Hewan Sapi yang ternyata di NTB ini mampu menghasilkan 685,8 Rb ekor hewan sapi setiap tahunnya.

Provinsi Bali

Bali adalah salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali potensi perternakan, salah satunya adalah Hewan Sapi. Di bali setiap tahunnya sanggup menghasilkan sekitar 637,5 Rb ekor hewan sapi.

Provinsi Sumatra Utara

Wilayah Sumatra Utara juga memiliki perternakan sapi terbesar di Indonesia dan No-2 di Pulau Sumatra setelah Lampung. Di Sumatra Utara ini sendiri mampu menghasilkan sekitar 541,7 Rb ekor sapi untuk setiap tahunnya.

Provinsi D.I Yogyakarta

Provinsi Yogjakarta adalah salah satu wilayah yang memang memiliki banyak perternakan sapi, bahkan di wilayah ini mampu menghasilkan 376,3 Rb ekor sapi untuk setiap tahunnya, dan kondisi ini tentusaja menjadikan DI Yogjakarta menjadi daerah penghasil Hewan Sapi terbesar Ke-3 di Pulau Jawa

Provinsi Sulawesi Tengah

Wilayah perternakan sapi terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Sulawesi Tenggah dengan mampu menghasilkan sekitar 231,4 Rb ekor sapi untuk setiap tahunnya. Wilayah Sulawesi Tengah sampai saat ini juga terus mengembangkan jenis perternakan ini.

Provinsi Jawa Barat

Daerah penghasil perternakan sapi terbesar di Indonesia yang terkhir adalah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini terus menerus melakukan pembibitan hewan sapi perah yang gunannya untuk mencupi kebutuhan daging yang ada di daerah sekitar Jawa Barat. Meskipun hasil dari Perternakan Sapi di Bandung in tidak begitu besar akan tetapi dalam sejumlah data daerah ini termasuk menjadi daerah penghasil hewan sapi terbesar di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Demikianlah tulisan mengenai Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, yang kami dapatkan dari data terbaru dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca. Trimakasih 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara Lengkap"

Posting Komentar