10+ FAKTA Sulawesi Tengah yang Harus Kamu Ketahui!

Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Panas, gerah, erotis, dan membakar. Itulah 4 kata yang berbeda namun memiliki makna yang hampir sama. Itulah 4 kata yang mendeskripsikan tempatku berpijak saat ini, tempatku berkeluh kesah, tempatku mengekspresikan segala perasaan yang kualami tiap harinya. Ya, itulah Provisi Sulawesi Tengah yang Ibukotanya tak lain dan tak bukan adalah Palu.

Fakta-Fakta Unik Provinsi Sulawesi Tengah


Berikut ini adalah tulisan mengenai Sulawesi Tenggah yang setidaknya harus pembaca ketahui;
 

Sulawesi Tengah Menjadi Provinsi Terluas di Pulau Sulawesi


Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Sulawesi dan memiliki luas wilayah 61.841,29 km² dan faktanya merupakan provinsi terluas diantara Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi dan juga memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua setelah Provinsi Sulawesi Selatan se-Sulawesi.
 

Gerhana Matahari Total Pernah Terjadi di Sulawesi Tengah


Masih ingat dengan kejadian Gerhana Matahari Total yang terjadi di Indonesia? Ya, kejadian ini terjadi di beberapa Provinsi yang ada di Indonesia dan salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Tengah.
 

Tugu GMT 9 Maret, Tugu Mengabadikan Momen Gerhana Matahari Total


Bersyukurlah kita sebagai orang Palu yang masih diberikan kesempatan untuk melihat Gerhana Matahari Total, dan juga tidak lupa Pemerintah Sulawesi Tengah mengabadikan momen ini dengan membangun Tugu GMT 9 maret di salah satu kota yang ada di Sulawesi Tengah yaitu kota Palu tepatnya di Anjungan Nusantara.
 

Anjungan Nusantara Tempat Rekreasi di Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah


Anjungan Nusantara merupakan salah satu tempat Rekreasi yang sering dikunjungi oleh masyarakat Palu, terkhusus ketika pada malam minggu.
 

Makanan Khas Sulawesi Tengah


Kaledo, kaki lembu donggala. Itulah singkatan dari salah satu makanan khas Sulawsi tengah yang popular tepatnya di Donggala. Makanan ini terdiri atas tulang dari kaki lembu yang di padukan dengan bumbu-bumbu yang lain dan juga di sajikan dengan ubi.
 
Tulang yang digunakan itu sendiri adalah ruas tulang lutut yang masih penuh dengan sum sum. Makanan khas lain yang tak kalah menarik adalah uvempoi yang tak jarang beberapa masyarakat palu merasa kaledo dan uvempoi merupakan jenis makanan yang sama. Nyatanya tidak, uvempoi itu sendiri memiliki bahan dasar tulang rusuk sapi yang berbeda dengan bahan dasar kaledo.
 

Sulawesi Tengah Punya Bawang Goreng (Makanan Sekligus Oleh-Oleh)


Makanan unik lainnya yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah adalah Bawang Goreng. Bawang Goreng khas Sulawesi Tengah memiliki keunikan dan sangat berbeda dibandingkan Provinsi lainnya. Faktanya orang orang yang berkunjung ke Sulawesi Tengah tak lupa menjadikan
 
Bawang Goreng sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman. Bawang Goreng khas Sulawesi Tengah memiliki cirri khas tersendiri. Selain terasa wangi,gurih dan kepingan bawangnya yang renyah ternyata bawang goring khas Sulteng ini tidak meeninggalkan rasa pahit ketika setelah dimakan. Berbeda dengan bawang goreng biasanya.
 
Bawang goreng jenis ini hanya bisa di dapatkan di Sulawwsi tengah tepatnya di Kota Palu dan Kabupaten sigi. Penanaman bawang goreng ini sangat bergantung pada cuaca di sini. Yah, walaupun kita sering mengeluh karena panasnya kota ini disis lain kita juga harus besyukur karena memiliki Bawang goreng yang limited edition . Kita harus bangga menjadi orang Palu.
 

Sulawesi Tengah Mempunyai “Wentira”


Setelah membahas makanan yang cukup menggiurkan, yuk kita beralih ke sisi lain Provinsi Sulawesi Tengah. Pernakah kamu mendengar kata wentira?  Pasti orang palu yang membaca ini langsung tau apa itu wentira. Wentira merupakan tempat yang gaib yang di yakini oleh masyarakat Palu sampai sekarang.
 
Konon katanya weentira merupakan suatu tempat yang dihuni oleh orang-orang belanda ya termasuk noni noni belanda. Banyak kejadian kejadian aneh yang terjadi pada beberapa orang yang melewati tempat tersebut.
 
Salah satunya adalah cerita dimana seorang ibu yang singgah turun untuk buang air kecil dan sampai disana ia melihat Kota Besar yang bangunannya berwarna kuning dikarenakan dilapisi oleh emas, kota yang sangat megah dan pengguninya meenggunakan pakaian yang berwarna kuning kuning. Dan ibu tersebut kemudian diajak oleh penghuni wentira untuk tinggal disana namun ibu tersebut menolaknya dan bisa keluar dari kota gaib tersebut .

Ketika kembali, keluarga dari ibu tersebut ternyata menunggu selama kurang lebih dari tiga jam . akan tetapi ibu tersebut menyatakan bahwa ia merasa hanya pergi selama kurang lebih 5 menit saja. Sungguh mengerikan.Maka dari iu kita sebagai orang palu jika lewat di wentira akan membunyikan klakson sebanyak 3 kali karena kami percaya jika kita membunyikannya kita tidak akan diganggu.
 
Masih banyak cerita cerita aneh yang di alami oleh beberapa orang.bahkan yang tidak lewat disana mengaku pernah sampai ke wentira lewat sautu pintu yang hanya bisa dilewati oleh orang orang tertentu saja. Jika kalian tidak percaya atau penasaran silahkan saja untuk mengunjungi wentira di Sulawesi Tengah.
 

Pulau Togean Wisata Pantai Milik Sulawesi Tengah


Pantai kuta yang berada di Bali meerupakan salah satu destinasi yang sangat indah di Indonesia bahkan saking kerennya banyak para bule yang menganggap Bali adalah sebuah Negara atau bisa di bilang mereka tidak tahu jika Bali merupakan bagian dari Negara Indonesia.
 
Di Sulawesi Tengah tepatnya di Kabupaten Tojo Una-Una terdapat sebuah Pulau yaitu Pulau Togean. Pulau togean itu sendiri tempatnya tak kalah indah dan menarik seperti Pantai Kuta. Air laut yang masih sangat jernih dan udara yang segar bisa anda rasakan jika berkunjung ke Pulau Togean.
 
Jika anda sudah kesana diri anda akan terasa dimanjakan dan rasanya ingin berlama lama untuk menetap disana. Hanya saja kesulitannya kita harus menaikki kapal untuk bisa sampai kesana , namun itu bukan masalah besar karena disamping kita naik kapal kita tetap merasakan indahnya air laut dan juga segarnya udara yang kita lewati.
 
Destinasi Pulau Togean masih belum terekspos lebih luas sehingga saya sebagai orang Palu berharap agar destinasi destinasi yang ada dipalu dapat membuka mata dunia bahwa disini juga ada surga lautan yang keadaanya masih terjaga dengan baik.
 

Sulawesi Tenggah Punya Tanjung Karang dan Pusat laut


Selain togean ada juga tempat tempat wisata yang tak kalah menyita perhatian masyarakat di luar Palu yaitu Tanjung Karang dan Pusat laut. Anda sangat di anjurkan untuk mengunjungi temapt tempat tersebut jika datang bekunjung ke palu. Selain itu juga ada pantai kucing loh. Konon katanya dinamakan pantai kucing karena dulu tempat itu dijadikan sebagai tempat pembuangan kucing. Tetapi entah mengapa kucing kucing itu sudah tidak ada. Jadi tunggu apalagi? Mari berkunjung ke Sulawesi Tengah. 

Demikinalah tulisan mengenai Tempat Wisata, Makanan, Oleh-Oleh, Dan Hal yang unik mengenai Provinsi Sulawesi Tengah. Semoga dengan adanya tulisan yang dikirimkan oleh Ratih Dian Sawitri ini dapat memberikan info dan pengetahuan. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Konawe [Sulawesi Tenggara] dan Fakta Yang Wajib Kamu Baca!
  2. Sulawesi Selatan dan Adat Nak Makkalomba [Suku Kajang- Bulukumba] Yang Harus Kamu Ketahui!
  3. Kota Kakao [Sulawesi Tenggara] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  4. Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo [Makassar] dan Beberapa Fakta yang Dapat Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ FAKTA Sulawesi Tengah yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar