Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!

Fakta Menarik Pulau Sumatra


FaktaDaerah.Com- Sumatra adalah salah satu pulau besar di Indonesia, pulau ini dalam sejarahnya mengundung banyak fakta-fakta menarik yang mungkin hanya sebagian orang mengenalnya. Mulai dari Fakta Penduduk, Budaya, Makanan Khas, Kesenian, Wisata, Geografi, Potensi Alam, dan hal-hal lainnya. 😊
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Sebagai upaya mengenalkan Pulau Sumatra keseluruh pembaca pada kesempatan kali ini FaktaDaerah.Com akan memberikan gambaran mengenai hal-hal yang bisa kamu pahami mengenai Pulau Sumatra ini.

Fakta-Fakta Pulau Sumatra, Indonesia


Setidaknya ada 22 Fakta Menarik tentang Daerah yang ada di Pulau Sumatra, sebagai bagian dari Wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
 

Pulau Sumatra Tempat Penyebaran Islam Pertama Kali di Indonesia


Islam menjadi mayoritas agama yang dianut oleh Bangsa Indonesia, penduduk Islam ini mendominasi diseluruh wilayah Sumatra. Salah satu sejarah mengenai Islam di Pulau Sumatra dengan adanya Kerjaan Samudara Pasai (Kerajaan Islam pertama di Indonesia) selain itu di Pulau Sumatra juga ditemukan Makam Papan Tinggi (Makam Sahabat Nabi di Sumatra Utara).

Pulau Sumatra Menjadi Pulau Terbesar ke-6 di Dunia


Indonesia adalah negara kepulauan, salah satu Pulau di Indonesia yakni Pulau Sumatra ternyata pada faktanya menjadi Pulau Terbesar Ke-6 di Dunia. Hal ini bedasarkan Luas Pulau Sumatra, yakni mencapai 443.065,8 KM2
 

Jumlah Provinsi di Pulau Sumatra Ada 10


Fakta selanjutnya mengenai Pulau Sumatra mungkin tidak terlalu menarik, meskipun begitu penting untuk pembaca ketahui, yakni mengenai Jumlah Provinsi di Pulau Sumatra yang totalnya ada 10 Provinsi, yang diawali dari Provinsi Aceh sampai Provinsi Lampung.

Penduduk di Pulau Sumatra Melebihi Negara Kanada


Kanada adalah negara yang ada di Benua Amerika, Negara ini untuk jumlahnya penduduknya masih kalah dengan Jumlah Penduduk di Pulau Sumatra yang totalnya mencapai 52.210.926 Jiwa,sehingga bisa dikatakan bahwa Pulau Sumatra adalah Pulau dengan salah satu Penduduk yang cukup ramai.
 

Pulau Sumatra Memiliki Rafflesia Arnoldi


Bunga Rafflesia Arnoldi yang ada di Bengkulu ini ternyata hanya ditemukan di Pulau Sumatra, bunga ini sendiri ditemukan oleh salah satu tokoh yang bernama “Sir Stanford Rafless”. Bunga ini hanya ditemuka di Pulau Sumatra saja lho.
 

Pulau Sumatra Memiliki Makanan Khas yang Dikenal Dunia


Salah satu hal yang menarik dari Pulau Sumatra adalah soal makanannya, makanan di Pulau Sumatra memang ada banyak sekali sesuai dengan budaya dan suku asli di wilayah masing-masing Provinsi. Akan tetapi sebagai salah satu makanan yang terkenal di Pulau Sumatra adalah “Rendang” dari Sumatra Barat yang ternyata nama “Rendang” sendiri sudah masuk dalam kamus oxford.
 

Pulau Sumatra Memiliki Rumah Sakit Gajah Terbesar di Asia Tenggara


Fakta lainnya yang dimiliki oleh Pulau Sumatra adalah soal Rumah Sakit Hewan, yakni Rumah Sakit Gajah yang konon menjadi Rumah Sakit terbesar di Asia Tenggara. Rumah sakit ini sendiri berada di Provinsi Lampung. Tepatnya di Kabupaten Lampung Timur.
 

Kota Terbesar ke-3 di Indonesia ada di Pulau Sumatra


Kota di Pulau Sumatra ternyata menjadi salah satu Kota Terbesar ke-3 di Indonesia, Kota tersebut adalah Kota Medan yang menjadi Ibukota dari Provinsi Sumatra Utara. Bahkan Kota Medan sendiri sampai saat ini memiliki bebrapa kampus yang cukup terkenal di Asia tenggara, antara lain ada USU dan Unimed (Univeritas Negri Medan).
 

Pulau Sumatra Memiliki Wilayah Yang Menjalankan Syareat Islam


Satu-satunya wilayah yang ada di Indonesia dan menjalankah Syareat Ajaran Islam hanya di Pulau Sumatra, tempatnya di Provini Nagro Aceh Darussallam. Provinsi ini secara penuh menjalan syareat Islam, seperti zina, mencuri, dan lain sebagainya.
 

Partai Politik Lokal Hanya ada di Pulau Sumatra


Partai politik yang hanya ada di suatu wilayah di Indonesia ini ada di Pulau Sumatra, tempatnya di Aceh. Partai lokal di Aceh pada pemilihan tahun 2014 berjumlah 5 Partai Politik, hal ini untuk mensiasati adanya gejolak kembali dengan GAM (Gerakan Aceh Merdeka).
 

Gunung Kerinci adalah Gunung Terbesar di Pulau Sumatra


Menimati keindahan yang ada di Pulau Sumatra, bisa dilakukan di Gunung Kerinci. Dimana Gunung ini menjadi Gunung tertinggi di Pulau Sumatra, latak gunung ini berada di Provinsi Jambi.
 

Pulau Sumatra Berbatasan Langsung dengan Singapura


Secara gografis Pulau Sumatra memang sangat dekat dengan wilayah negara tentangga, salah satunya adalah Negara Singapura yang dikenal dengan perekonomian maju. Singapura ternyata berbatasan langsung dengan Pulau Sumatra, lebih dekatnya lagi bahkan sejauh mata memandang bisa melihat Singpura ketika mengunjungi Kota Batam di Provinsi Kepulaua Riau.
 

Budaya Merantau Hanya di Temukan di Pulau Sumatra


Masalah budaya merantau ini pernah menjadi salah satu film terkenal di Indonesia, merantau yang dilakukan oleh Masyarakat Minangkabu di Sumatra Barat Pulau Sumatra menjadi salah satu khazanah yang harus baik untuk melatih kepercayaan diri.
 

Tugu Fotocopy ada di Pulau Sumatra


Hal yang sungguh unik lainnya adalah tentang adanya Tugu Fotocopy, Tugu ini menympan banyak hal yang menjadi fenomena menarik dari Pulau Sumatra, Tugu ini tepatnya berada di Sumtara Barat dengan nama Tugu Fotocopy Atar.
 

Pulau Sumatra Memiliki Minuman Kawa Daun


Daun yang dikosumsi menjadi Kopi hanya ada di Pulau Sumatra, tepatnya berada di Daerah Sumtara Barat. Kopi dari daun ini dalam catatan sejarah dihasilkan karena kondisi terpaksa dimana tidak ada pilihan bagi kaum pribumi pada masa penjajahan. Selengkapnya baca; Kawa Daun Minuman Mewah Bagi Pribumi Minang [Suamtra Barat] di Zaman Kolonial

Danau Toba Sala Satu Wisata Indah di Pulau Sumatra


Danau yang terkenal indah di Indonesia ini adalah danau toba di Pulau Sumatra, danau ini berada di Provinsi Sumatra Utara. Danau ini sangatlah cocok bagi pengunjung yang ingin berselfie ria, karena di danau ini kalian akan mudah menemukan tempat-tempat yang berbda dari daerah lainnya. Selengkapnya baca; Danau Toba dan 5 Spot Wisata Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi!

Pulau Sumatra Memiliki 3 Sebutan Yang Dikenal


Sebutan mengenai Pulau Sumatra perlu dan penting juga untuk diketahui pembaca ada banyak sekali, diantaranya barangkali yang tidak asing adalah sebutan Andalas yang sampai saat ini dipakai sebagai nama Univeritas, yakni Univeritas Andalas di Padang. Sebutan lain dari Pulau Sumatra antara lain adalah Pulau Percha, dan Bumi Malayu.
 

Pulau Sumatra Hampir Menguasai Sebagian Besar Nusantara


Fakta sejarah lain mengenai Pulau Sumatra adalah tentang keberadaan Kerajaan Sriwijaya, dimana kerjaan ini menjadi salah satu Kerajaan yang cukup dikenal di dunia, bahkan nama Kerjaan Sriwijaya di Pulau Sumatra konon hampir mengusai seluruh bagian dasaran Indonesia (Nusantara).
 

Pulau Sumatra Memiliki Banyak Wilayah Penghasil Kopi


Kopi yang ada di Pulau Sumatra sungguh tidak bisa disebutkan satu pertsatu karena banyaknya jenis kopi di wilayah ini. Ada kopi Lampung, Kopi Sidangkalang dan kopi di daerah lainnya. Karena banyaknya jenis kopi ini ada yang memberi sematan Pulau Sumatra sebagai Negri 1000 Warung Kopi.
 

Pulau Sumatra Pertama Kali Dikenal dari Peta Buatan Portugis.


Portugis di catatan sejarah pernah menjadi salah satu negara yang menjajah Indonesia, dan asalkan kita ketahui bahwasanya sebutan Sumatra pertama kali berada di Peta Buatan Portugis, yang dahulunya Pulau Sumatra ini dinamakan dengan Suwarnadwipa yang berarti Pulau Emas.
 

Pulau Sumatra Pernah Melahirkan Proklamator RI


Proklamator Republik Indonesia salah satunya lahir di Pulau Sumatra, yakni Wakil Presiden pertama di Indonesia beliau ada Muhammad Hatta. Fakta sejarah inilah setidaknya mampu menggambarkan bahwa orang-orang yang ada di Pulau Sumatra sudah dikenal dunia sejak lama.
 

Soekarno Pernah Diungsikan di Pulau Sumatra


Fakta yang tidak bisa dilupakan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya adalah keberadaan Prisiden Indonesia pertama kali ini, yakni Soekarno yang ternyata pernah di ungsikan di Pulau Sumatra bahkan di Pulau Sumatra Soekarno menikah dengan Ibu Fatmawati yang menjahit Bendara Merah Putih, pertama kali.

Nah, itulah tadi tulisan seputar Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!. Semoga adanya pengulasan secara lengkap mengenai Pulau Sumatra ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan Fakta Daerah lainnya;
  1. 7 [FAKTA] Provinsi Jambi (Pulau Sumatra) yang Penting Untuk Diketahui!
  2. Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan] dan Beberapa Fakta Wisata Harus Kamu Baca!
  3. Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan [7] Fakta Festival Pesta Budaya Tabuik yang Harus Kamu Baca!
  4. Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar