9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta Unik dan Menarik Tentang Indonesia Yang Belum Banyak Diketahui


FaktaDaerah.Com- Berbicara tentang Indonesia gak akan bakal nemu titik dimana kita habis menceritakannya. Keberagaman aneka budaya, suku, tradisi, agama dan bahasa, menjadi bibit dimana keunikan dan keindahan itu tercipta. Oleh karena itulah kali ini FaktaDaerah akan membahas fakta-fakta unik Indonesia dari sudut pandang lain dimana akan melihat apa yang dimiliki oleh Indonesia dan mungkin tidak akan dijumpai atau dimiliki oleh negara lain dipenjuru belahan dunia.

Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Belum Banyak Diketahui


Berikut ini setidaknya adalah 9 fakta terbaru dan unik untuk Indonesia.

 

Usia Sekolah Dasar Rata-Rata Menjadi Usia Sunat di Indonesia

Bagi sebagian besar orang Indonesia terutama sunat (khitan) sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh kaum pria atau laki-laki. Namun taukah kalian bahwa rata-rata usia sunat di Indonesia berusia antara 5 sampai dengan 12 Tahun. Atau tergolong dalam usia anak-anak atau usia Sekolah Dasar (SD).
Alasanynya dikalangan masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak laki-laki, sunat diusia remaja atau usia lebih lanjut akan sulit karena alot atau akan susah dan lama dalam penyembuhan. Selain itu mereka juga percaya jika disunat dalam usia anak-anak akan cepat sembuh dengan cepat pasca sunat. Dan akan menjadi olok-olokan jika anak laki-laki yang baru di sunat saart usia sekolah menengah pertama (SMP) ataupun sekolah menengah atas (SMA).

 

Meski Ada Peringatan, Rokok Masih Laris di Pasaran


Sebagian orang Indonesia terutama bagi mereka perokok aktif menganggap bahwa merokok adalah cara paling mutakhir pada saat fikiran buntu dalam bekerja. Merokok masih menjadi kebiasaan dimasyarakat. Dengan merokok mereka menganggap akan menemukan imajinasi dan inovasi baru yang dapat memecahkan masalah. Rokok masih menjadi industri yang laris manis meski bahaya dan peringatan dilarang merokok sudah ada dalam kemasan rokok di Indonesia.

 

Masuk Angin Tidak Sembuh Jika Tidak Kerokan



Kebanyakan orang Indonesia jika mengalami gangguan kesehatan berupa masuk angin  akan merasa kurang lengkap dalam pengobatan jika tidak dikerok/dikerik. Kerokan adalah kegiatan yang melakukan kerok/kerik dengan menggunakan koin yang dilumasi minyak, biasanya minyak tanah ataupun minyak kayu putih dengan pola yang unik di bagian punggung penderita yang sedang masuk angin. Meskipun tidak ada penjelasan medis yang akurat namun metode ini masih dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan masuk angin.

 

Masuk Dalam Kategori Negara Dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia masih Impor Garam


Panjang garis pantai Indonesia yang kencapai 54.716 km menasbihkan Indonesia menjadi negara dengan garis pantai terpanjang ke-2 di Dunia setelah Kanada. Jika dilihat berdasarkan data maka kelangkaan garam adalah sesuatu hal yang mustahil bagi negara yang masuk kedalam negara debgan garis pantai terpanjang dunia.
Namun Indonesia masih ketergantungan terhadap salah satu kebutuhan pokok tersebut dan memakasa Indonesia untuk Impor untuk memenuhi kebutuhan garam di tanah air. Faktor alam seperti cuaca yang kerap berubah dianggap sebagai salah satu faktor yang mengakibatkan kelangkaan garam di Indonesia.

 

Jumlah Janda di Indonesia Sama Dengan Dua Kali Lipat Jumlah Penduduk Singapura

Fakta yang satu ini mungkin tidak banyak orang yang mengetahui dan bisa dibilang paling unik diantara yan ada. Bayangkan saja jika jumlah janda yang ada di Indonesia sebanyak 11,2 juta orang itu artinya sama saja dengan dua kali lipat jumlah penduduk negara Singapur yang hanya 5,6 juta jiwa.
Jika diberdayakan dengan baik maka bukan tidak mungkin kekuatan sumber daya manusia Indonesia bisa jauh lebih unggul. Tidak hanya jumlah janda, bagaimana jika di akumulasikan dengan jumlah pemuda belum menikah, sudah menikah dan lain-lain. Jika Singapura yang hanya setengah dari jumlah janda di Indonesia saja bisa menjadi sebuah negara yang maju di Asia Tenggara, bukan tidak mungkin jika Indonesia juga bisa membuktikannya karena memiliki sumberdaya manusia yang sangat potensial.

 

Sebagian Besar Perempuan di Indonesia Lebih Memilih Menikah Daripada Karier di Usia Produktif


Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa data presentase rumah tangga menurut tempat tinggal pada tahun 2009 samapi dengan tahun 2013, jumlah perempuan menikah di usia produktif masih tinggi. Jika didefinisikan usia produktif itu berkisar antara 18 hingga 44 tahun.
Bahkan data tersebut menunjukan bahwa usia produktif yang menikah diusia produktif terus bertambah baik di pedesaan ataupun diperkotaan. Masih menurut BPS, usia perempuan produktif antara 24 hingga 44 tahun jumlah wanita lanjang hanya 17,13 persen dan wanita menikah sebanyak 26,73 persen. Trennya sendiri cenderung menaik dari tahun 2009 hingga 2013 yang mengalami peningkatan rata-rata mencapai 1,54 persen setiap tahunnya. Faktor budaya dan lingkungan menjadi alasan mengapa menikah muda masih menjadi tren di masyarakat.

Rokok Sudah Menjadi Kebutuhan Primer Sebagian Orang di Indonesia


Fakta tembakau dan permasalahannya dirilis oleh Tobacco Control Support Center (TSCS) IAKMI 2016 menunjukan bahwa rokok dalam pengeluaran harian rumah tangga berada diurutan kedua tertinggi setelah beras. Bayangkan saja mungkin rokok sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan bagi sebagian masyarakat di Indonesia terutama bagi perokok aktif. Bagi perokok aktif merokok karna kecanduan menjadi alasan sebagain perokok.
CNNIndonesia.com memperoleh data sebanyak 54,05 persen responden pecandu rokok, menyadari akan bahaya merokok dan mencoba untuk berhenti. 16,22 persen sadar namun sudah kepalang candu, dan tidak berniat untuk berhenti Sebanyak 13,51 persen abai akan dampak buruk merokok, dan hanya 2,7 persen yang mengatakan merokok tak berbahaya. Itulah mengapa meskipun peringatan bahaya nerokok sudah terpsang namun masih banyak sebgaian perokok aktif tidak memperdulikannya.

 

Di Indonesia Tepatnya Papua Ada Tradisi Potong Jari


Indonesia merupakan negara dengan segudang tradisi dan budaya yang bermacam-macam keunikannya. Ada yang unik, lucu, dan bahkan ada juga yeng tergolong ekstrim bagi sebagian orang. Di Papua terdapat sebuah tradisi yang terbilang cukup ekstrim yaitu potong jari. Tradisi potong jari di Papua ini adalah tradisi yang dilakukan untuk menunjukan kesedihan karena ditinggal oleh anggota keluarga.
Bagi suku Dani, jari memiliki makna yang sangat dalam. Jari sendiri disimbolkan sebagi bentuk kerukunan, kebersatuan, dan bentuk kekuatan dari dalam diri manusia ataupun sebuah keluarga. Tradisi ekstrim ini memang sudah banyak ditinggalkan oleh suku Dani.

 

Dibidang Prestasi Anak Bangsa Tidak Kalah Dengan Luar Negeri


Kalian pernah dengar aplikasi editing foto PicMix atau mungkin pernah melakukan editing foto dengan aplikasi PicMix? Ya aplikasi yang satu ini adalah salah satu hasil karya anak bangsa. Dialah Calvin Kizana, pemuda berprestasi yang menciptakan aplikasi PicMix yang merupakan aplikasi fotografi pada perangkatb bergerak (Gadget Mobile).
Hampir serupa dengan aplikasi editing foto pada umumnya PicMix sendiri memiliki berbagai fitur, diantaranya Photo Editors, Photo Collage, dan Cure Stickers. Dimana pengguna juga bisa membagikan (share) foto mereka yang sudah diedit ke media sosial seperti Facebook dan Instagram. Bahkan yang paling mencengangkan adalah aplikasi ini pernah dimuat dalam pemberitaan di luar negeri sperti Tech Crunch.
Menurut survey juga, aplikasi ini sudah di download lebih dari 50 juta oleh pengguna android di Play Storee dan kurang lebih 30 juta pengguna yang telah download aplikasi PicMix ini di App Store. Luar bisa bukan? Masih banyak karya anak bangsa ynag membanggakan negaranya. Hal ini membuktikan bahwa sebanrnya  Indonesia memiliki kemampuan yang tidak kalah luar biasa dibandingkan dengan negara lain. Atau bahkan jauh lebih bagus dengan negara lain. Apalagi jika didukung dan diberdayakan oleh pemrintah. Pasti akan bermunculan Calvin Kizana yang baru di tanah air yang akan membanggakan Indonesia di dunia.

Terlepas dari berbagai macam fakta yang ada di Indonesia diatas menunjukan bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan keberagaman dan keunikan-keunikannya yang sangat berwarna. Tidak hanya dari sudut pandang ekonomi, sosial,  dan budayanya tetapi juga prestasi-prestasi yang dimiliki oleh anak bangsa yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional baik dibidang olahraga, prestasi akdemik, dan juga inovasi-inovasi mutakhir dibidang Informasi dan Teknologi (IT) yang mampu bersaing dengan karya dan produk luar negeri.

Demikian sekilas tentang fakta unik Indonesia dari sudut pandang lain yang orang lain tidak banyak mengetahuinya ataupun 9 Fakta Unik di Indonesia yang Belum Banyak Diketahui.  Semoga dengan adanya fakta-fakta ini menjadi info yang berguna baik kepada pembaca dan penulis sendiri. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  2. Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  3. 9 Fakta Daerah Surabaya [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  4. 22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!"

Posting Komentar