Sumatra Barat dan Potensi Makanan Pensi/Kerang Kijing

Makanan Daging Pensi atau Kerang Kijing di Sumatra Barat


FaktaDaerah.Com- Pensi atau kerang kijing, merupakan kerang air tawar yang memiliki kandungan protein tinggi dan kandungan asam lemak tak jenuh berupa EPA dan DHA yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kerang kijing banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kerupuk ataupun jenis olahan makanan lainnya. Kerang ini mempunyai bentuk pipih lonjong atau oval dengan warna cangkang cokelat kehijauan.

Jenis Pensi di Sumatra Barat


Pensi di Sumatera Barat cukup beragam, diantarnya;
  • Pensi hias
  • Pensi penghasil corak
  • Pensi penghasil daging.
Pensi penghasil daging inilah yang dapat dijadikan penyumbang pangan hewani, tetapi di Sumatera Barat sendiri kebutuhan daging pensi memang belum memasyarakat seperti halnya daging sapi dan ayam.

Padahal daging pensi juga cukup diminati oleh para wisatawan yang datang ke Sumatera Barat, bahkan turis dari manca negarapun mengatakan bahwa pensi ini merupakan salah satu makanan terenak yang ada di SUMBAR (Ditjennak, 2015). Masyarakat Sumatera Barat lebih dominan menjadikan pensi sebagai hewan hiasan daripada olahan makanan, sehingga olahan daging pensi jarang sekali ditemukan.

Makanan dari Daging Pensi di Sumatra Barat


Daya tarik masyarakat Sumatera Barat terhadap pensi juga mulai meningkat di tiga tahun terakhir yaitu berdasarkan populasinya pada tahun 2014 (600 Kg); 2015 (620 Kg), 2016 (630 Kg) (Ditjennak, 2016). Sayangnya, untuk produksi daging pensi sangat rendah dari minat masyarakat pada pemeliharaannya. Pada tiga tahun terakhir (2014-2016) Sumatera Barat hanya mengkonsumsi daging pensi sebanyak 620 Kg saja. Jauh dari daging sapi yang mencapai 25.981 ton pada tahun 2016 yang menjadi penyuplai kebutuhan daging 40% di Sumatera Barat.
Hal ini terjadi di Sumatera Barat karena, banyak dari masyarakat yang lebih memilih untuk menjadikan pensi sebagai hewan hias atau pernak-pernik saja daripada untuk di konsumsi. Padahal keuntungan daging pensi sangat banyak daripada daging sapi.
Pensi atau kerang kijing dapat berkembangbiak dengan cepat, seperti Flemish Giant, Chinchilla, New Zealand White, English Spot dan lainnnya (Raharjo, 2004). Daging pensi mempunyai serat yang halus dan warna sedikit pucat, sehingga daging pensi dapat dikelompokkan ke dalam golongan daging berwarna putih seperti halnya daging ayam.  Daging pensi memiliki nilai protein yang tinggi, rendah kolesterol, rendah lemak jenuh dan rendah kadar sodium (garam).
Demikianlah tulisan mengenai Sumatra Barat dan Potensi Makanan Pensi/Kerang Kijing. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan-tulisan yang lainnya yang ada di Sumatra Barat.
  1. Air Terjun Sampuran Betung Tempat Wisata di Barat yang Belum Banyak Diketahui!
  2. Tugu Photocopy Atar [Tanah Datar-Sumatra Barat] dan Fakta Unik yang Harus Kamu Baca!
  3. Pacu Jawi di Tanah Minang [Sumatra Barat] dan Faktanya!
  4. 22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumatra Barat dan Potensi Makanan Pensi/Kerang Kijing"

Posting Komentar