7 [FAKTA] Provinsi Jambi yang Penting Untuk Diketahui!

Provinsi Jambi, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke Jambi,artikel ini pas banget buat jadi referensi kalian. Karena Jambi punya banyak alasan yang bikin pantas masuk ke dalam list wisata kalian,loh. Provinsi ini ternyata menyimpan banyak fakta “WOW” yang bakal bikin kalian semua penasaran menjelajahi daerah ini. Apa saja sih keunikan Jambi? Payo kito ke Jambi!!( ayo kita ke Jambi).

Fakta Unik Provinsi Jambi, Indonesia


Berikut ini adalah fakta Provinsi Jambi
  • Jambi adalah kota sekaligus ibukota dari Provinsi Jambi. Di Indonesia,hanya ada 3 provinsi yang memiliki nama ibukota yang sama dengan nama provinsinya yaitu Bengkulu, Jambi, dan Gorontalo. Jadi, bila anda bertemu orang yang tinggal di Jambi, kemungkinan dia bisa saja tinggal di Provinsi Jambi atau di Kota Jambi.
  • Kota Jambi dialiri oleh Sungai Batang Hari yang merupakan sungai terpanjang di sumatera yang panjangnya sekitar 800 km. Panjang sekali,bukan! 
  • “Duren Busuk” adalah salah satu makanan khas Jambi. Sebenarnya “Duren Busuk” yang satu ini tidak seperti yang kalian semua pikirkan. Jadi, maksudnya itu adalah duren yang telah difermentasikan dan diolah dengan rempah-rempah khusus yang kemudian disajikan dengan ikan-ikan laut segar dan rasanya maknyus deh. Nama makanannya ini adalah “Tempoyak”. Jadi, jika anda jalan-jalan ke Jambi jangan lupa cicipin makanan yang satu ini,ya!!! 
  • Bagi kalian pecinta wisata air terjun, jangan ragu-ragu lagi berkunjung ke provinsi yang satu ini. Jambi memiliki banyak air terjun keren yang masih dikelilingi banyak pepohonan disekitarnya. Suara gemericik air ditambah suasana menyenangkan menambah kenikmatan berwisata air yang satu ini . Salah satu contoh air terjun di Jambi adalah Air Terjun Talang Kemulun di Kerinci,Jambi.
  • Coba kalian sebuti tempat paling romantic di tempat kalian!! Pasti banyak sekali ya. Tapi bagi masyarakat Jambi khususnya mahasiswa Univerrsitas Jambi mereka pasti akan serempak menjawab Danau UNJA,Jembatan Makalam dan Gentala Arasy adalah tempat yang paling romantic. Mungkin ini dikarenakan tempat-tempat ini terjangkau (terutama buat mahasiswa-mahasiswa) dan menyediakan pemandangan yang sangat inndah. Jadi tidaklah mengherankan kalau tempat ini banyak dikunjungi terutama pada malam minggu.
  • Bagi para pecinta keramik,Pasar Keramik Sitiamang boleh dikatakan sebgai “surganya Keramik” karena para pedagang ddi pasar ini menjual keramik dari Cina yang berkualitas dengan harga yang berrsahabat tentunya!
  • Jambi juga masih memegang errat kesenian daerah aslinya. Salah satunya, Tari Rentak Kudo yang merupakan kesenian sakral petani di Kerinci,Jambi. Tarian ini termasuk tari yang berbau mistis. Tak jarang setiap kali digelar pertunjukan Tari Rentak Kudo, para penari akan dirasuki oleh makhluk halus dan bertingkah aneh. Maka tak mengherankan saat tarian ini digelar harum kemeyan akan tercium di sekitar tempat pagelaran. Agak serem ya!
Demikinlah tulisan mengenai 7 [FAKTA] Provinsi Jambi yang Penting Untuk Diketahui!. Adapun judul dalam artikel ini ialah 7 Fakta “WOW”nya Provinsi Jambi yang ditulis oleh Lucky Ledi. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian terutama masyarakat di Provinsi Jambi. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Tanjung Balai [Sumatera Utara] dan 4 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!
  2. 10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!
  3. Kabupaten Sidoarjo [Kota Bandeng] dan Fakta-Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  4. Kota Pekanbaru [Riau] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "7 [FAKTA] Provinsi Jambi yang Penting Untuk Diketahui!"

  1. Keren dan bagus sekali artikelnya, semakin menambah wawasan kita tentang keunikan Jambi.
    Ditunggu artikel selanjutnya.Good luck

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat. Menambah wawasan kita tentang wisata apa saja yang ada di jambi

    BalasHapus
  3. Just is it Lucky? hahahaha

    BalasHapus