Makam Papan Tinggi di Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] Yang Harus Kamu Datangi!

Makam Papan Tinggi Di Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara]


FaktaDaerah.Com- Kamu pernah gak dengar makam papan tinggi? belum ?pernah? atau samar-samar.  yaps, makam papan tinggi bukanlah makam yang terbuat dari papan yang tinggi atau papan yang di susun sampe tinggi atau bahkan tempat jualan papan. Makam Papan tinggi adalah sebuah tempat dimana kita mendapati sebuah makam yang berbeda dari makam yang biasanya.

Makam Papan Tinggi


Makam Papan Tinggi pada faktanya terletak di Desa Penanggahan, Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Yang tepatnya berada sekitar 65 Km dari Kota Sibolga ataupin sekitar 75 KM dari Kota Pandan (Ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah). Inilah bukti sejarah penting di Barus diantara nya berupa Makam Islam kuno.
 

Rute Perjalanan Menuju Makam Papan Tinggi

Perjalanan menuju makam ini diawali dengan perjumpaan kita dengan sebuah tugu yang berisikan tulisan makam papan tinggi beserta peraturan yang harus kita patuhi ketika berada di makam tersebut. 

Tugu batu yang ada di Makam Papan Tinggi ini menjadi penanda kita akan memasuki daerah wisata sejarah dan religi Makam Papan Tinggi. Belum ada gapura khusus sebagai penyambut selamat datang. Namun yang lebih beruntungnya lagi letak Makam Papan Tinggi ini tidak susah dicari karena pada dasarnya letaknya berada tugu di tepi jalan utama lintas yang menghubungkan antara Barus dengan Singkil (Provinsi Aceh).

Menuju Makam Papan Tinggi Harus Melewati Anak Tangga


Sebelum sampe pada makam Makam Papan Tinggi tersebut seseorang yang berkunung haruslah melewati rintangan yang tentunya tetap membuat penasaran dengan meleati Anak Tangga. Jangan kamu pikir anak tangga ini hanya berjumlah 2 (2 anak lebih baik hehe) anak tangga ini tidak tanggung-tanggung sampe kurang lebih700  anak tangga bahkan ada yang bilang sampe seribu anak tangga.

Hendaknya bulatkan tekat dahulu sebelum menaikinya, karna ketika kamu memutuskn untuk mengentikan perjuanganmu setelah menaiki setengah dari jumlah seluruh anak tangga maka perjuanganmu itu terasa sangat menyakitkan dan butuh pemikiran yang sangat matang untuk turun lagi kebawah.

Tips dari saya sebelum memulainya hendaklah kumpulkan tekad semangat yg paling penting tenaga sebelum menaikinya.
 
Setelah perjuangan mu telah berakhir artinya telah sampai di Makam Papan Tinggi pasti akan muncul di benakmu slogan “usaha tak kan mengecewakan hasil“ matamu akan di manjakan dengan Mukzizat Allah beserta pemandangan yang sangat menabjubkan.


Yang pertama kamu akan melihat makan yang berukuran panjang 7 meter beserta batu nisan yg besar. Sebelum memasuki wilayah terdekat makam hendaknya kamu melepas sendal sebagai wujud penghormatan kita kepada beliau.
 
Di batu nisan yang terbuat dari batu cadas dengan berat ratusan kilogram tertulis nama Syekh Mahmud Fil Hadratul Maut beserta Salah satu ukiran yang terpahat di batu nisan makam Syekh Mahmud beserta tulisan arab yang sangat indah salah satunya yang berbunyi: “Fa Kullu Syai’un Halikun Illa Wajhullah” yang berarti, “Maka segala sesuatunya hancur kecuali Dzat Allah” yang ditahrikhkan pada tahun 34 H sampai 44 H yang berarti hidup pada masa Umar Bin Khattab sebagai khalifah.

Bahkan lebih dahulu dibanding masa wali di tanah Jawa. Sejarah mencatat Barus memang menjadi tempat pertama kalinya Islam masuk di Indonesia. Dengan mengacu umur manusia yang berkisar 60 tahun s/d 100 tahun maka sangat logis dikatakan bahwa yang meninggal di Makam Islam kuno di Kota Barus Tapanuli Tengah Sumatera Utara adalah para salah seorang yang sangat spesial, yakni Sahabat Nabi Muhammad SAW. 

Kesimpulan dari tulisan Makam Papan Tinggi di Kabupaten Tapanuli Tengah ini adalah jangan sesekali kau ragukan wisata alam yang ada di pedesaan atau wisata sederhana yang ada di daerahmu karna pasti akan ada keindahan yang tersembunyi yang tak kan kau dapatkan di luaran sana .So kapan lagi coba, kita mendapatkannya. Ingat disaat kebanyakan orang mencari kemewahan, terkadang yang sederhana itu justru menjadi hal yang tak terlupakan. Penulis dalam artikel ini adalah Egidia Rosalina Purba. Trimakasih telah membaca, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makam Papan Tinggi di Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] Yang Harus Kamu Datangi!"

Posting Komentar