22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!

Fakta Rendang Dari Sumatera Barat

FaktaDaerah.Com- Rendang merupakan salah satu makanan tradisional dari Sumatera Barat yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Masakan dengan cita rasa pedas ini sangat sampai saat ini masih digemari oleh seluruh kalangan masyarakat di Indonesia bahkan dunia, baik tua, muda maupun dari berbagai suku.
 

Fakta Makanan Rendang

Setidaknya ada 22 Fakta mengenai makanan rendang, berikut diantaranya;
  1. Menurut (Erwin, 2013), Makanan Rendang di dunia internasional menjadi salah satu ikon masakan Indonesia di samping sate dan nasi goreng.
  2. Rendang berasal dari Sumatra Barat
  3. Makanan Rendang hampir ada di seluruh Indonesia, akan tetapi yang paling terasa lezat ialah yang asli berasal dari tempat asalnya, yaitu Sumara Barat.
  4. Rendang Menjadi Makanan Hidangan Terlezat di Dunia, hal ini sebagimana dalam berita di kantor CNN (Cable News Network) dalam surveynya yang dilakukan pada tahun 2011 tentang World’s 50 Most Delicious Foods (50 hidangan terlezat di dunia) menempatkan rending pada posisi pertama sebagai makanan atau hidangan terlezat di dunia.
  5. Rendang Lezat Karena ada Bumbu Rempah-Rempah; fakta yang lainnya yang membuat rending lezat karena adanya bumbu dan rempah-rempah yang digunakan. 
  6. Bahan Masakan Rendang, selain menggunakan bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan, di antaranya cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogenn sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. 
  7. Fakta yang lainnya pembuatan rendang pada umumnya menggunakan daging yang tinggi kolagen seperti betis (round), karena itu harus dimasak pada suhu relatif tinggi dengan waktu pemasakan yang cukup lama (Sholihah, 2011)
  8. Proses pemasakan yang cukup lama membuat tekstur daging menjadi lunak, berwarna cokelat kehitaman sebagai dampak dari reaksi Maillard. Kombinasi berbagai jenis bumbu rempah, menjadikan kuah rending diduga mempunyai aktivitas antioksidan dan dapat mencegah ketengikan.
  9. Hal ini diduga menyebabkan rendang mempunyai umur simpan yang relatif lama disbanding makanan olahan tradisional lain. 
  10. Untuk bahan disiapkan dan dibersihkan. Untuk lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah, dihaluskan. Panaskan santan dengan api berwarna biru, kemudian masukkan daun kunyit, daun salam, daun jeruk, dan bahan yang telah dihaluskan ke dalam santan. Aduk merata hingga santan mengental dan berwarna cokelat kehitaman.
  11. Menurut histori yang ada dalam makanan rendang di Sumatra Barat ini sangatlah dipengaruhi oleh cita rasa pada khas makanan di India.
  12. Rendang penah dinobatkan sebagai “The Most Balanced Food” di Amerika Serikat.
  13. Memasak Rendang Lebih baik Menggunakan Kayu Bakar, bukan kompor atau yang lainnya. Hal ini akan mempengarhui pada citarasa.
  14. Rendang sangatlah di cintai oleh orang Eropa
  15. Rendang pernah dibuatkan lagu orang orang luar negri yang tujuannya iya sangat mengagumi makanan rendang dari Sumatra Barat.
  16. Rendang masuk dalam kamus oxfort sebagai Bahasa Inggris yang masih berarti makanan khas Indonesia
  17. Makanan Rendang sudah muncul atau dikenalkan dalam Abad ke-8 oleh Kerajaan Adityawarman
  18. Paling lama rendang bisa bertahan sampai dengan 3 Bulan, hanya karena kekuataan masakalah  menggunakan rempah-rempah tanpa adanya bahan pengawet.
  19. Rendang fakta uniknya makanan dari Sumtara Barat ini semakin disimpan semakin terasa enak
  20. Makanan rendang menjadi fakta kebanggaan bagi Indonesia karena makanan daerah ini dalam sejarahnya hanya disajikan untuk para bangsawan dan raja di Sumatra Barat.
  21. Minimal memasak rendang agar terlihat sempurna diperlukan waktu yang cukup lama, yaitu 8 Jam.
  22. Pembuataan Rendang yang menjadi fakta lainnya, selalu menggunakan bahan-bahan halal, baik daging, atau rempah-rempahnya.
Demikianlah ulasan mengenai 22 Fakta Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan pengatahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari informasi seputar “Makanan Rendang”, penulis dalam artikel ini adalah Reza. Trimakasih, baca juga tulisan-tulisan yang lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!"

Posting Komentar