Papua Barat dan 7 FAKTA Yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Papua Barat, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Papua Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Papua sebagai Provinsi ada fakta-fakta yang sungguh menarik dari Papua Barat ini dan tentusaja perlu setidaknya pembaca ketahui.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta Papua Barat


Berikut adalah fakta-fakta Provinsi Papua Barat, Indonesia;

 

Papua Barat Memiliki 12 Kabupaten dan Kota


Wilayah defenitif Provinsi Papua Barat sampai saat ini memilikin 12 Kabupaten dan Kota dengan hanya satu kota yang ada di Provinsi Papua Barat ini yakni Kota Sorong yang dipimpin oleh Walikota Lamberthus Jitmau.

 

Agama Mayoritais di Papua Barat adalah Kristen Protestan


Agama Kristen Protestan di Papua Barat menjadi salah agama terbesar yang dianut oleh masyarakatnya. Di Provinsi ini agama Kristen Protestan berjumlah 59.74% dan setelah itu Agam yang menjadi mayoritas adalah Islam dengan jumlah 31.77%.

 

Papua Barat Sudah Pernah Melakukan Pergantian Pemimpin Sebanyak 8 Kali


Sebagai sebuah Provinsi besar Papua Barat sudah melakukan pergantian pemimpin sebanyak 8 Kali dan saat ini Gubernur yang memimpin Papua Barat adalah Dominggus Mandacan.

Papua Barat Memiliki Pendudukan Terkecil di Indonesia


Meskipun Papua Barat menjadi salah satu provinsi yang besar akan tetapi untuk soal penduduknya Provinsi Papua Barat ini masih sedikit, bahkan sampai saat ini Papua Barat menjadi Provinsi dengan penduduk terkecil di Indonesia yang jumlahnya mencapai 1.368.092 Jiwa dengan Kepadatan pendudukannya adalah 11.85 Jiwa/Km.

 

Papua Barat Memiliki Gua Terdalam di Dunia


Fakta yang menarik dari Provinsi ini adalah tentang alamnya, papua memang memiliki alam yang begitu indah dan penuh potensi. Salah satunya ialah kabar yang dingkapkan oleh Tim Ekspedisi Speologi Perancis yang mengatakan bahwa Papua Barat memiliki Gua terdalam dunia yang panjang kedalamnnya sendiri mencapai 2000 meter, Gua terdalam di Indonesia dan dunia yang berada di Papua Barat ini tepatnya berada di Pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari.

 

Masyarakat Asli dan Penduduk Pendatang Jumlahnya Hampir Sama


Fakta ini hanya diketahui beberapa orang yang telah berkunjung di Papua Barat, yakni mengenai suku atau etnis. Dimana Masyarakat Asli Papua dan Pendatang sampai saat ini jumlahnya hampir sama yakni berada di Perbandiangan 58-42 persen.

 

Papua Barat Memiliki Budaya Pesta dengan Nama Pesta Bakar Batu


Provinsi Papua Barat memiliki budaya yang sungguh unik, budaya ini namanya adalah Pesta Bakar Batu yang dilakukan oleh Suku Dani sebagai Suku Asli di Pulau Papua.

 

Papua Barat Menyelanggarakan Pemilu Pada Tahun 2004


Papua Barat pada kenyataannya berdiri pada Tahun 1999 akan tetapi Provinsi ini sendiri menyelanggarakan pemilu pada tanggal 5 April 2004. Papua menyelenggarakan pemilu setelah mempunyai KPUD sendiri di wilayahnya.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Provinsi Papua Barat yang ada di Pulau Papau. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga mengenalkan daerah-daerah di Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!
  2. Kota Parepare [Sulawesi Selatan] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Kota Tidore [Provinsi Maluku Utara] dan Sebutan Negerinya Para Raja!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Papua Barat dan 7 FAKTA Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar