Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan] dan Beberapa Fakta Wisata Harus Kamu Baca!

 Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Lahat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia yang dapat ditempuh kurang lebih lima jam dari Ibukota Palembang. Daerah ini belum terlalu banyak diekspos keindahan alamnya secara menyeluruh dikarenakan akses jalan yang harus ditempuh cukup jauh menggunakan kendaraan umum.
Baca Juga: Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!

Bukit Serelo/ Bukit Tunjuk/ Bukit Jempol di Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan]


Ketika membicarakan wilayah ini, tak lepas dari ikon Kabupaten Lahat sendiri yaitu Bukit Serelo atau sering juga disebut Bukit Tunjuk atau Bukit Jempol karena memang jika kita pandang dari jauh akan terlihat seperti sedang mengacungkan jari telunjuk atau jempol.
 
Lokasi Bukit Jempol di Kabupaten Lahat
 
Jika kita datang dari arah Kabupaten Muara Enim maka kita akan melihat keindahan bukit ini dari kejauhan. Perjalanan dari pusat kota Lahat ke bukit ini lebih kurang sekitar 20 km atau sekitar 90 menit dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi. Selain bentuknya yang menawan, juga ketika kita berada di puncak bukit kita dapat melihat langsung pemandangan Kota Lahat dan Kecamatan Merapi Barat serta Gunung Dempo yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan.

Bukit Jempol di Kabupaten Lahat Menjadi Tempat Berkemah yang Indah
Tempat ini sangat disarankan bagi para penikmat wisata dan kegiatan berkemah. Selain dapat menyegarkan pikiran juga dapat memacu adrenalin karena jika ingin sampai di puncak bukit maka kita harus menapaki tebing andesit yang cukup tinggi. Ketinggian bukit ini sekitar 900 meter di atas permukaan air laut (MDPAL).

Dikutip dari situs resmi pemerintah kabupaten Lahat, untuk menempuh puncak bukit kita harus melalui dua pendakian yang dikenal dengan istilah Kedaton 1 dan Kedaton 2 dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Dinding  tebing yang curam memberi tantangan tersendiri bagi yang ingin sampai ke puncak. Namun, bagi orang yang awam biasanya hanya sampai di Keaton 1 atau pundak bukit.

Kabupaten Lahat Memiliki Banyak Wisata Air Terjun


Selain Bukit Serelo yang menawan, di Kabupaten Lahat juga terdapat banyak sekali (berjumlah sekitar 126 lokasi air terjun) air terjun baik air terjun yang tidak terlalu tinggi sekitar kurang lebih sepuluh meter hingga ketinggian lebih dari seratus meter. Salah satu yang cukup populer adalah Curup Maung.
 
Air Terjun Curup Maung di Kabupaten Lahat
 
Untuk sampai ke lokasi Curup Maung kita harus menempuh perjalan sekitar 25 km dari pusat Kota Lahat menggunakan mobil atau motor dengan alokasi waktu sekitar 45-70 menit. Kondisi medan jalan juga menjadi tantangan tersendiri karena jalan yang dilewati berupa perkebunan warga dengan tanjakan yang mencapai kemiringan 45 derajat.
 
Lokasi Air Terjun Curup Maung di Kabupaten Lahat
 
Lokasi Curup Maung sendiri berada di desa Rindu Hati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Keunikan dari Curup Maung dibanding dengan yang lain adalah terbagi-bagi oleh dinding jurang dan banyaknya rerumputan yang hijau dan menempel di dinding batuan. Lairan biar terbagi menjadi dua aliran besar dan tiga aliran kecil. Ketinggian Curup Maung mencapai 80 meter.
 

Wisata Sejarah di di Kabupaten Lahat

Destinasi wisata selanjutnya adalah wisata bersejarah. Di Kabupaten Lahat sendiri terdapat ribuan situs zaman megalitikum yang merupakan salah satu yang terbesar dan terbanyak di dunia. Namun, karena kurangnya perawatan banyak dari arca-arca tersebut mengalami kerusakan akibat ulah manusia maupun terjadi secara alamiah.
 
Arca Megalitikum di Kabupaten Lahat
 
Salah satu arca yang cukup menarik yang ditemukan di Lahat adalah arca megalitikum yang berada di Tanjung Beringin. Arca ini berbentuk seorang individu tanpa kepala yang sedang mengendarai kerbau, agak miring/rebah ke sebelah kiri. Bentuk arca ini menggambarkan orang bertubuh besar yang mengendarai kerbau menghadap ke selatan yang terdapat arca tiga individu di depannya.


 
Kerbau yang terlihat pada arca ini hanya bagian kepala tanduk dan sedikit badan bagian depan walaupun tidak terlalu begitu jelas karena sepertinya belum selesai dikerjakan. Di dekat tanduknya tampak terdapat kepala buaya yang sedang memangsa kepala kerbau yang sedang ditunggangi tersebut. cakar buaya berada di dekat tangan kanan individu yang sedang menunggangi kerbau. Ukuran panjang arca ini sekitar 162 cm, lebar 132 cm, dan tinggi 274 cm.
 
Di sekitar arca ini terdapat arca berbentuk kepala yang dianggap sebagai kepala dari arca individu yang sedang menunggangi kerbau tersebut. Arca ini hanya satu contoh dari sekian banyak arca yang terdapat di Kabupaten Lahat. Bagi para peneliti asal usul manusia dan budayanya, situs ini merupakan situs yang sangat berharga yang harus tetap terjaga untuk dapat dieksploitasi untuk menambah pengetahuan kesejarahan.
 
Demikinlah tulisan mengenai Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan] dan Beberapa Fakta Wisata Harus Kamu Baca!. Adapun judul asli dalam tulisan ini sendiri adalah “Sekapur Sirih dari Kabupaten Lahat” yang ditulis oleh Luqman Hakim. Semoga dapat menjadi edukasi dan wawasan bagi kalian yang berada di “Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan]” atau kalian yang ingin kesana. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  2. 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  3. Desa Napa, Kecamatan Batangtoru [Tapanuli Selatan-Sumatera Utara] dan Beberapa Fakta Peralatan Pertanian yang Harus Membuatmu Paham!
  4. 5 Fakta Jakarta [Indonesia] yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan] dan Beberapa Fakta Wisata Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar