8 Makanan & Minuman Blora [Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Coba!

Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Setiap daerah pasti memiliki kehidapan khas dengan keunikan masing-masing begitupun dengan Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah yang memiliki makanan dan minuman khas Kabupaten ini.
Baca Juga: Fakta-Fakta Menarik Kabupaten Blora [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Baca

Makanan & Minuman Khas Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah


Berikut adalah jajanan khas Blora yang wajib dicoba wisatawan saat berkunjung ke Blora.
 

Sate Ayam Blora


Sate Ayam Blora memang sudah dikenal hampir diseluruh wilayah nusantara karena kelezatan dan keunikannya yang berbeda dengan sate di tempat lain. Keunikannya terletak dibumbu khusus dari kuah lodeh atau santan dengan rasa yang unik.
 
Selain itu penyajiannya menggunakan daun jati yang jarang dijumpai ditempat lain di Indonesia. Keunikan lainnya yang dapat dijumpai yaitu harga sate ini tidak per porsi, tetapi akan dihitung berapa tusuk sate yang dimakan pembeli.
 

Soto Klethuk Makakan Khas Blora


Yang istimewa dan membuat soto ini berbeda dari daerah lain adalah ditambahkannya taburan “klethuk” yang terbuat dari ketela yang digoreng dan dipotong kecil-kecil. Sehingga memberikan sensasi renyah dan gurih. 

Lontong Tahu dan Lontong Sayur


Lontong tahu biasanya disajikan dengan sambal kecap. Kecap yang digunakan menggunakan satu merk yang dihasilkan dari home industri kota Blora sendiri, sehingga lontong tahu khas Blora memiliki cita rasa yang berbeda dari lontong tahu dari kota lain.
 
Sedangkan lontong sayur biasanya disajikan dengan kuah sayur lodeh yang pedas. Cara penyajian dari kedua lontong ini juga menggunakan daun jati seperti makanan khas Blora yang lainnya.

Dumbeg Jajanan Khas Kabupaten Blora


Dumbeg adalah jajanan khas Blora yang terbuat dari tepung beras, gula aren, dan sedikit garam yang dililit menggunakan daun lontar dan bentuknya menyerupai terompet. Jajanan ini biasanya ditemui dalam acara “Gas Deso” yaitu sedekah bumi yang diadakan oleh masyarakat Blora setiap tahun.
 

Es Jati di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah


Sesuai dengan julukannya sebagai Kota Jati dan kualitas jatinya yang sangat baik, Blora juga mempunyai minuman khas yang terbuat dari jati yaitu es jati. Es jati khas Blora dibuat dari pucuk daun jati pilihan, sehingga memberikan aroma khas daun jati muda.

Wedang Cemohe Miuman Khas Kabupaten Blora


Jenis wedang ini sebenarnya banyak dijumpai di daerah lain yaitu wedang yang berbahan dasar jahe. Hanya yang membedakan wedang cemohe ini adalah tambahan berbagai macam bahan diantaranya irisan roti tawar, susu krim, dan irisan kelapa. Wedang cemohe banyak dijumpai pada saat musim penghujan.

Demikinala tulisan-tulisan mengenai jenis Makanan & Minuman Kabupaten Blora [Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Coba!. Semoga dengan hadirnya tulisan ini menambah refrensi mengenai jenis makanan dan meinuman yang dapat kamu beli ketika di Blora, Jawa Tengah. Penulis dalam artikel ini adalah Mei Iga Atikasari. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!
  2. Kabupaten Aceh Timur dan Fakta Pisang Sale yang Harus Kamu Baca!
  3. Bangka Belitung dan Fakta Makanan Khas Getas/ Kretek
  4. Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan Fakta Nasi Sala “Makanan Khas” yang Wajib Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "8 Makanan & Minuman Blora [Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Coba!"