9 Tempat Wisata di Kebumen [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Kunjungi!

Wisata di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah


FaktaDaerah.Com- Kabumen adalah salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali potensi wisata, wilayah yang memiliki potensi wisata di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah ini ada berupa pantai, bukit, dan lain sebaginya. Bagi kalian yang berada di Kebumen tentusaja tidak asling dengan wisata-wisata ini;

Tempat Wisata di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah


Setidaknya adalah 9 Tempat Wisata di Kebumen. Antara lain adalah sebagai berikut;

 

Pantai Menganti di Kabupaten Kebumen [Jawa Tengah]


Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Kebumen. Jaraknya kurang lebih 35 km dari Kota Gombong dan 42 km dari Kota Kebumen. Sebenarnya lokasi pantai ini jika dari Pantai Logending atau Pantai Ayah hanya sekitar 7 km. Tetapi banyak wisatawan yang tidak mau berkunjung ke pantai ini, karena akses menuju pantai ini cukup sulit. Kamu akan melewati jalanan yang terjal untuk mencapai ke pantai menganti ini.

Meskipun aksesnya cukup sulit, pemandangan Pantai Mengantisangat eksotis jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Perbukitan dan tebing yang hijau mengelilingi Pantai ini.Tidak hanya itu, Pantai Menganti memiliki pasir putih sehingga menambah keindahan pada pantai ini.

Selain menikmati pemandangan yang eksotis, pengunjung bisa berkunjung ke Tebing Bidadari, Menara Mercusuar, dan Tanjung Karang Bata yang berada di sekitar pantai.

Fasilitas di pantai menganti cukup lengkap, antara lain mck, warung makan, villa, tempat parkir, mushola, dan home stay. Pengunjung bisa menikmati makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat.
Daftar biaya tiket masuk Pantai Menganti yaitu untuk pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp. 2000,- sedangkan untuk pengunjung anak-anak yang usianya 5 tahun ke bawah dikenakan biaya Rp. 1000,-.

 

Pantai Karang Agung di Kebumen Provinsi Jawa Tengah


Tempat wisata di Kebumen yang cukup unik adalah Pantai Karang Agung. Pada umumnya pantai identik dengan pasir yang berbatasan langsung dengan air, tetapi berbeda dengan Pantai Karang Agung. Di pantai ini, ombak langsung bertemu dengan bebatuan yang ada di sekitar pantai.

Bebatuan karang menjulang, menghamparkan pemandangan alam yang indah. Selain itu, terdapat batu karang yang ikonik berdiri dengan gagah. Ditambah dengan deburan ombak pantai selatan yang memecah karang.

Pantai ini dikeramatkan oleh warga setempat karena tersembunyi dibalik deretan perbukitan karst Gombong selatan. Untuk sampai ke pantai unik ini, kita harus melewati jalan setapak sekitar 30 menit dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

 

Curug Silancur di Kabupaten Kebumen


Curug Silancur terletak di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung atau sekitar 35 km dari Kebumen. Untuk mencapai Curug Silancur, kita harus berjalan kurang lebih 20 menit dari tempat parkir kendaraan ke dasar jurang.

Panorama Curug Silancur sangat menawan. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya jatuh ke batuan purba sehingga tidak membentuk kolam dan menghasilkan percikan air. Selain itu, kejernihan airnyaterasa begitu menyejukkan. Jika terik matahari dalam keadaan sempurna, percikan air yang terbawa angin terlihat berwarna-warni seperti pelangi. Curug Silancur ini terlihat membentuk sebuah garis putih tinggi menjulang.

Bukit Langit di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah


Bukit Langit terletak di Dukuh Kembangabang, Desa Giripurno, Kecamatan Karangayar, Kabupaten Kebumen. Bukit ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Kita bisa melihat hamparan pemandangan hijau. Di sebelah barat kita bisa melihat Kota Karangayar, di sebelah timur nampak keindahan Kota Kebumen, sedangkan di sebelah utara kita bisa melihat Karanggayam.

Bukit ini cukup tinggi tetapi memiliki puncak yang datar. Terdapat 3 puncak terbaik untuk dijadikan spot foto. Puncak tertinggi dibagian barat kita bisa melihat hamparan perbukitan di Kebumen, menghadap ke timur akan melihat Bukit Condong dan Pranji, sebelah barat utara Karanggayam, sebelah barat selatan gugusan rumah Karangayar, dan bagian timur nampak Kota Kebumen sebagai landscapenya.

Pesona alam atau wisata yang disajikan Bukit Langit sangat eksotis, terutama saat sunset dan sunrise. Banyak pengunjung yang ngecamp agar bisa menikmati pesona alam dengan sunset dan sunrise yang begitu indah. Selain itu udara dipagi hari sangat sejuk bahkan seringkali dipenuhi kabut, sehingga bukit biasa disebut “negeri di atas awan”.

Sawangan Adventure di Kabupaten Kebumen


Sawangan Adventure terletak di wilayah Dusun Nagasari, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Di Sawangan Adventure terdapat wisata alam yang tersembunyi, seperti Goa Siwowo, Curug Sawangan dan Pantai Sawangan. Selain itu terdapat paket wisata yang ditawarkan seperti rapling dan flying fox.  Tak hanya itu Sawangan Adventure juga menyediakan kawasan camping ground.

Curug Sawangan dan Goa Siwowo memiliki ciri khas yaitu bebatuan putih kapur pegunungan yang masih alami. Curug Sawangan memiliki ketinggian lebih dari 50 meter. Air Curug Sawangan berasal dari dalam goa atau tepatnya sungai bawah tanah Goa Sawanagan (Goa Siwowo). Pesona Pantai Sawangan sangat mempesona terutama pada saat matahari tenggelam atau sunset. 

Brujul Adventure Park di Kebumen


Brujul Adventure Park berada di Dukuh Klapasawit, Desa Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen atau sekitar 12 km dari pusat Kota Kebumen. Brujul Adventure Park  menawarkan pemandangan yang indah dengan rimbunnya hutan pinus dan puluhan batuan besar. Batuan tersebut antara lain bernama Watu Tumpang, Watu Pesujudan, Watu Buaya dan lain sebagainya yang menambah keeksotisan hutan pinus.

Brujul Adventure Park memiliki udara pegunungan yang sejuk.Selain itu. terdapat beberapa wahana menarik, yaitu sepeda gantung (flying bike), hammock, flying fox, rumah pohon, camp ground, sirkuit BMX, sirkuit sepeda gunungdan batu pandang untuk menikmati sejuknya Brujul Adventure Park dengan jajaran pegunungan berkabut dari kejauhan.

Curug Silangit di Kabupaten Kebumen


Curug Sikebut terletak di Desa Ginandong, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Curug ini merupakan curug alami yang berada di tengah hutan belantara, dan membutuhkan waktu 30 menit berjalan kaki untuk mencapai ke curug ini.

Curug Sikebut memiliki aliran air cukup deras, dengan ketinggian sekitar 20 meter dengan 2 aliran air yang terpisah dekat. Suasana alamnya masih sangat alami dengan pemandangan hutan pinus Perhutani dan juga kebun-kebun penduduk.

Curug Sikebut berada di lereng Bukit Keseneng (338 Mdpl) dan Bukit Igir Kunir (402 Mdpl). Keunikan Curug Sikebut adalah gemericik airnya yang jatuh akan terhempas angin pegunungan membuat sensasi dibawah curug menjadi segar dan berbeda.Tak jarang muncul pelangi dibawah curug yang berada di anak Sungai Kedungtangkil ini. Waktu yang tepat berkunjung ke curug ini adalah pada musim penghujan. Karena Curug Sikebut akan kering jika musim kemarau tiba.

Bukit Pentulu Indah di Kabupaten Kebumen


Bukit Pentulu Indah (PI) terletak di Dukuh Dakah, Desa Hepii, Kecamatan Karangsambung, sekitar 21 km dari Kota Kebumen. Bukit ini terkenal dengan sunrisenya yang beralaskan kabut eksotis dan cocok untuk menikmati hangatnya sinar matahari. Tak hanya itu, bukit ini sangat cocok untuk me-refresh pikiran dan semangat seseorang. Bukit PI memiliki ketinggian sekitar 300 Mdpl dan menawarkan landscape yang mempesona. Selain itu, puncak bukit ini cukup luas sehingga dapat mendirikan tenda dan berkemah disini.

Pantai Gebyuran di Jawa Tengah


Pantai Gebyuran terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Pantai ini berada di sebelah barat Tanjung Karang Penganten atau sekitar 800 meter tenggara Pantai Pasir. Pantai ini merupakan pantai yang sempit, panjangnya hanya 100 meter saja. Ditambah lokasinya yang terjepit, membuat pantai ini belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Pantai Gebyuran memiliki pemandangan yang indah, dengan ombak yang lebih landai lantaran banyak karang yang menjadi pemecah ombak alami di tengah laut. Pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna hitam kecoklatan. Pantai ini berada di bawah tebing yang membentuk ceruk layaknya goa. Karena berada dibawah permukaan tanah dan dibalik punggung perbukitan karst, stalaktit di goa Pantai Gebyuran pun masih aktif meneteskan air. Bahkan jika musim penghujan tiba, air yang menetes akan deras mengucur dari sela stalaktit. Selain itu, Pantai Gebyuran juga terkenal dengan pesona senja yang sangat indah.

Demikinlah tulisan mengenai 9 Tempat Wisata di Kebumen [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Kunjungi!. Penulis dalam artikel ini ialah Fina Khimayatuna dengan judul asli “9 Pariwisata Menarik di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah”. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari Tempat-Tempat Wisata di Kabupaten Kebumen. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tempat Wisata di Kebumen [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Kunjungi!"

Posting Komentar