Kota Salatiga [Jawa Tengah] dan 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- “Kota kok bisa Salah Tiga? Dapet nilai 7 dong, mba?” Guyonan (candaan) yang kerap kali terlontar oleh beberapa orang yang belum pernah mendengar nama Kota ini sebelumnya. Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia juga belum mengetahui dimana letak kota ini sesungguhnya. Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah terlentak diantara Kabupaten Semarang dan Surakarta, dengan luas hanya 56,781 km2. Kota kecil yang berada di bawah kaki Gunung Merbabu ini memiliki beragam fakta unik yang wajib untuk ditelisik lebih mendalam.

5 Fakta Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah


Setidaknya berikut inilah fakta-fakta Kota Salatiga;

Salatiga Kota Hati Beriman Karena Menjadi Kota Paling Toleransi di Indonesia


Mengapa disebut demikian? Pasalnya, telah banyak predikat yang disandang oleh Salatiga sebagai Kota Paling Toleransi di Indonesia. Salah satunya diberikan oleh Setara Institute pada Desember 2015 yang lalu. Di kota ini tak dapat terhitung berapa banyak jumlah rumah Ibadah yang telah berdiri dan hidup rukun berdampingan. Milsanya adalah Masjid, Gereja, Klenteng, Vihara, semua umat dapat hidup dengan damai dan saling menghargai satu dengan yang lain.
 
Bahkan fakta yang lebih unik ialah saat berlangsungnya Hari Besar suatu agama, umat agama yang lain ikut berpartisipasi sehingga tercipta suasana yang sungguh harmonis di Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Kota Salatiga Tidak Akan Ditemukan Mall


Salatiga merupakan kota yang unik. Dengan luas wilayah yang tidak terlalu luas, namun kota ini dapat memanfaatkan potensi daerah dengan maksimal. Menurut penulis, kota ini sangat cocok untuk disebut sebagai kota pelajar.
 
Suasana kota yang sejuk, pemandangan alam yang memukau, keramahan penduduk yang menghadirkan kenyamanan serta tak kalah penting, terhindar dari segala hiruk pikuk perkotaan. Banyak perantau yang mengatakan bahwa kota ini sangat membosankan tanpa kehadiran Mall.
 
Namun penulis merasa hal tersebut justru memberikan dampak positif kepada pelajar dan mahasiswa yang berada di kota ini. Karena mereka dapat berkreasi dengan memberikan alternatif pariwisata alam yang lebih menarik, salah satunya ialah Mendaki Gunung.
 
Sebagaimana yang kita tahu, Salatiga berada di kaki gunung Merbabu, inilah alasan mengapa udara disini masih sangat asri dan sejuk dalam kisaran 23oC. Ada beberapa gunung yang dapat menjadi alternatif pendakian yaitu Gn.Telomoyo, Gn.Andong, Gn.Merbabu, dan Gn. Ungaran. Bagaimana, sudah tertarik untuk melancong kemari?

Makanan Khas Kota Salatiga “Enting-Enting Gepuk dan Ronde”


Kamu pecinta makanan manis dan gurih? Jika kebetulan akan pergi ke kota Jogja, Solo atau Semarang sempatkanlah untuk mampir ke kota ini. Karna kalian akan menemukan makanan khas Salatiga yang sudah dikenal luas yaitu enting-enting.
Makanan ini terbuat dari Kacang dan Gula yang diolah menjadi cemilan ringan yang sangat nikmat untuk dinikmati. Selain enting-enting, setiap malam hari kota ini dipenuhi oleh sejumlah penjual Wedang Ronde yang sangat nikmat dinikmati dalam dinginnya malam Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jalan Tol  Selatiga Seperti Pemandangan Tol di Swiss


Sudah pernah melihat jalan Tol yang lagi hits belakangan ini? Yaps, tol yang indah dan mempesona ini berada di Kota Salatiga. Bahkan Tol ini disebut-sebut tak kalah keren dari pemandangan jalan Tol yang berada di Negara Swiss.

Kota Salatiga Cerminan Kehidupan “Bhineka Tunggal Ikka”


Pernah dengar istilah Indonesia Mini? Sepertinya hal tersebut juga telah menjadi ciri khas, dimana salah satu universitas terbesar di Kota ini memilki jumlah mahasiswa perantau dari Luar Pulau Jawa yang sangat besar. Sehingga sering disebut sebagai Indonesia Mini yang menggabarkan slogan Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ikka.
 
Untuk menyatukan segala perbedaan yang ada, mahasiswa juga berinisiatif mengadakan kegiatan yang telah mendunia yaitu Indonesian International Culture Festival (IICF). Setiap perwakilan daerah menampilkan keunikan daerah masing-masing dalam Pawai Budaya dan mendirikan stand makanan khas daerah untuk dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Salatiga.

Demikianlah tulisan mengeni Fakta Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah yang ditulis engan judul asli “Salatiga Si Mutiara Indah Yang Tersembunyi” adapun penulis dalam artikel ini adalah Chikita Edrini Marpaung. Trimakasih telah membaca artikel ini jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan Potensi serta [6] Tempat Wisata yang Harus Kamu Baca!
  2. Kabupaten Wonosobo [Jawa Tengah] dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  4. Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kota Salatiga [Jawa Tengah] dan 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

  1. Keren, semoga semakin banyak yg tau tentang kota salatiga dan tertarik berkunjung

    BalasHapus