Bangka Belitung dan Fakta Makanan Khas Getas/ Kretek

Provinsi Bangka Belitung, Indonesia

FaktaDaerah.Com- Getas, nama cemilan favorit itu ketika berada jauh dari rumahku. Tapi disini, di kampung halamanku kami menyebutnya Kretek. Salah satu cemilan favorit khas Bangka Belitung. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian getas adalah rapuh; mudah pecah. Sesuai dengan pengertiannya getas adalah makanan yang terbuat dari campuran hewan laut biasanya ikan dan sagu yang ketika digoreng bersifat rapuh dan gurih. Sifatnya seperti kita memakan kerupuk. Bentuk getas juga beraneka ragam. Ada yang bulat besar, sedang, bahkan ada yang bulat kecil-kecil. Bahkan ada juga getas yang berbentuk silinder.
 

Fakta Makanan Khas Getas/ Kretek di Bangka Belitung


Bagi kami, getas yang berasal dari salah satu Provinsi di Pulau Sumatra ini memiliki rasa yang unik dan menarik. Rasa unik ini beda sekali saat kita memakan kerupuk yang terbuat dari ikan. Itu sebabnya getas menjadi teman favorit ketika bersilahturahmi ke rumah saudara ataupun tetangga. Getas selalu tersaji ketika  ada perayaan hari besar keagaaman di tempat aku berasal. Getas ini juga sering kami jadikan oleh-oleh untuk keluarga yang ingin pergi merantau ke luar pulau Bangka. Karena bagi kami getas adalah makanan yang cocok dinikmati dimanapun kami berada.

Industri getas merupakan salah satu mata pencaharian di kampung atau desa halamanku ini. Perkembangan industri getas di Bangka masih dalam kategori industri rumah tangga yang mana tidak seperti pabrik-pabrik di kota besar. Kebanyakan industri produksi getas berada di Pangkalpinang dan Belinyu. Untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas produksi getas, pemerintah turut andil dalam meyumbangkan mesin-mesin yang digunakan dalam pembuatan getas. 

Cara Membuat Makanan Getas dari Bangka Belitung


Pembuatan getas melewati beberapa proses yaitu: pertama pengadukan campuran ikan. Campuran ikan yang diaduk terdiri dari ikan yang sudah direbus dan digiling, air, garam, gula, telur dan bumbu penyedap rasa lainnya.

Setelah campuran ikan diaduk, proses selanjutnya adalah pengadukan adonan ikan dengan sagu. Dari campuran adonan ikan dan sagu terciptalah berbagai rasa yang mana menunjukkan tingkatan rasa getas. Ada yang rasanya enak dengan perbandingan adonan ikan dan sagu yaitu 1:1.

Begitupun rasa yang lainnya ditentukan dengan berapa perbandingan yang disesuaikan. Proses pengadukan adonan getas ini dilakukan dengan cara ditekan dan dibanting. Setelah adonan getas menjadi kalis, proses selanjutnya adalah pembentukan adonan getas.

Pembentukan adonan getas ini biasanya berdasarkan kesukaan para pekerja. Mereka lebih suka bentuk yang silinder ataupun bulat-bulat. Setelah adonan getas dibentuk, langkah selanjutnya adalah menggoreng getas tersebut. Getas yang sudah digoreng kemudian ditiriskan, lalu dimasukkan ke dalam plastik untuk dipasarkan.

Begitulah cerita cemilan favorit dari rumahku. Semoga getas dapat terus berkembang dan bisa dinikmati di seluruh negara khususnya Indonesia. Tulisan mengenai Bangka Belitung dan Fakta Makanan Khas Getas/ Kretek ini ditulis oleh Meyzira dengan judul asli dalam tulisannya ialah "Cemilan Favorit dari Bangka". Semoga dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Bangka Belitung dan Fakta Makanan Khas Getas/ Kretek"

  1. Waw, alhamdulillah akhirnya kretek udah mulai terkenal hingga seluruh tempat. I love Bangka Belitung

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, lestarikan getas sebagai makanan khas daerah bangka belitung

    BalasHapus
  3. semoga getas menjadi kelas dunia nantinya.

    BalasHapus
  4. semoga getas menjadi kelas dunia nantinya.

    BalasHapus
  5. Getas adalah makanan favorit ku:D Semoga industri getas di Bangka menjadi industri lebih besar...agar smua org yg diluar bangka bisa menikmati camilan getas ini

    BalasHapus
  6. Getas alias kretek selalu ada dan wajib bagi masyarakat bangka tentunya, dan insyaAllah akan terkenal diseluruh indonesia, kretek baik buat cemilan dan campur sama makanan yg lain, rasanya goyang dilidah 😊

    BalasHapus
  7. Wajib dicoba. Enak dan gak ngebosenin. Cocok buat cemilan dan oleh-oleh ketika datang ke Pulau Bangka.

    BalasHapus
  8. Rasanya endesss nikmat.. Cemilan yang paling digemari oleh masyarakat pulau bangka dan mancanegaraπŸ˜†πŸ˜…

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, terima kasih atas informasinya bermanfaat banget buat tugas kuliah. Semoga getas/keretek semakin terkenal di seluruh plosok Negeri sebagai salah satu makanan khas Bangka.

    BalasHapus
  10. rasa yang gurih dan khas ikan tenggirinya nendang banget.
    recomend Getas Tani😁

    BalasHapus
  11. Getas (kretek) is my favorit food. Love kretek. Kalian yang nggak pernah coba, cobain deh. Selain enak, bergizi pula karena dari ikan. Wajib dicoba 😊

    BalasHapus