Kota Pelembang dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!


Kota Pelembang, Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Indonesia merupakan suatu negara yang berbentuk kepulauan.Indonesia mempunyai 34 Provinsi salah satunya ialah Provinsi Sumatera Selatan ibukota Palembang. Kota yang terkenal dengan semboyan “Wong Kito Galo” mempunyai luas wilayah 358,55 km dan jumlah penduduk 1,8 juta orang dan merupakan kota terbesar ke-2 setelah Medan.Secara geografis, Palembang terletak pada 2°59´27.99’’LS 104°45´24.24’’BT.Iklim Palembang merupakan iklim daerah tropis dengan angin lembab, kecepatan angin berkisar antara 2,3 km/jam-4,5 km/jam.Suhu kota berkisar 23,4-31,7 derajat.
Baca Juga: Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan] dan Beberapa Fakta Wisata Harus Kamu Baca!

Kota Pelembang


Pembangunan LRT(kereta api layang) dan rencana pembangunan sirkuit motoGP di kawasan Jakabaring dan sirkuit F1di kawasan Tanjung Api-Api,merupakan proyek yang sedang dilakukan oleh pemerintah kota Palembang saat ini.
 

Kota Pelembang Dikenal Dengan Julukan Pempek


Kota yang dikenal dengan julukan kota pempek ini pernah menjadi ibukota Kerajaan Bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu,Kerajaan Sriwijaya yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.Berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi menjadikan Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.
 
Selain itu, Palembang meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai kota meteropolitan dengan kualitas udara terbaik di Indonesia periode 2014 dengan skor indeks 78,50.
 

Kota Pelembang Memiliki Rasa Persatuan Dan Kesatuan Yang Tinggi


Kota Palembang diakui memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi yang dapat dilihat dari penduduk yang menganut bermacam-macam agama seperti agama Islam, Buddha, Kriten Protestan,dll.Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2015, presentase penduduk yang menganut agama di Palembang pada tabel berikut ini :

Agama di Kota Palembang
Agama


Persen

  
91.93%
  
3.46%
  
2.87%
  
1.65%
  
0.08%
  
0.01%

 
Palembang juga terkenal memiliki tarian daerah yang sangat memukau,yaitu Tari Gending Sriwijaya.Gending Sriwijaya merupakan tari spesifik masyarakat Sumatera Selatan untuk menyambut tamu istimewa yang bekunjung ke daerah ini, seperti kepala negara, kepala-kepala pemerintahan negara sahabat, duta-duta besar atau yang setara itu. Tari tradisional ini berasal dari masa kerajaan Sriwijaya.
 
Pada bidang Kepariwisataan, Kota ini merupakan kota yang memiliki tempat wisata yang menarik dan bernilai sejarah di Pulau Sumatera yang banyak dikunjungi oleh turis Mancanegara maupun Domestik, diantaranya sebagai berikut;
 

Fakta Kota Palembang, Sumatra Selatan


Setidaknya adalah 20 Fakta menarik sekaligus unik mengenai Ibu Kota Sumatra Selatan ini, diantarnya;
  1. Jembatan Ampera, Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan yang sudah menjadi lambang dan ciri khas kota Palembang.Mulai dibangun pada tahun 1962,jembatan ini selesai dibangun dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang mana dalam Jembatan Ampera terpisahkan oleh Sungai Musi.
  2. Sungai Musi, Sungai Musi adalah salah satu sungai terpanjang di Sumatera dan sampai saat ini Sungai Musi di Palembang ini menjadi tempat wisata. Sungai Musi yang panjang mencapai 750 KM ini transportasi utama di Palembang.
  3. Pulau Kemaro, Pulau Kemaro terletak di tengah-tengah Sungai Musi, yang jaraknya sekitar 6 Km dari Jembatan Ampera di Kota Pelambang. Di Pulau Kemaro ini pada fakatnya terdapat sebuah vihara yang selalu banyak didatangi oleh umat Buddha, baik untuk berdoa dan berusaha. Pulau Kemaro memiliki beberapa hal yang menarik, misalnya pagoda berlantai 9 dan pohon cinta.Masyarakat setempat percaya bahwa bila sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta tersebut,maka hubungan cinta mereka akan berlanjut sampai ke tahap pernikahan.
  4. Taman Wisata Alam Punti Kayu, Taman wisata Alam Punti Kayu adalah tempat wisata di Palembang yang berupa hutan pinus dengan luas ± 50 hektar.Terletak ±7 Km dari pusat Kota Palembang.Taman Wisata Alam Punti Kayu mempunyai fasilitas wisata yang lengkap,disertai dengan penangkaran buaya,kebun binatang dan area pemotretan.Selain berenang,bermain perahu,berpiknik,dan bermain di taman,anda juga dapat melihat atraksi gajah dan menunggangi kuda atau gajah.
  5. Benteng Kuto Besak, Benteng Kuto Besak merupakan saksi perjuangan rakyat Palembang melawan para penjajah.Dari Benteng Kuto Besak,anda dapat melihat banyak kapal berlayar di Sungai Musi.
  6. Taman Kambang Iwak, Taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan sejarah sejak zaman penjajahan Belanda.Dulunya,sebagai tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal disekitarnya.Taman Kambang Iwak sering dijadikan tempat untuk olahraga pagi khusunya pada akhir pekan.
  7. Al-Qur’an Raksasa, Al-qur’an raksasa adalah satau satau Fakta Unik yang ada di Kota Palembang, Al-Qur’an ini tempatnya terdapat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus. Adapun untuk tinggi Al-Qur’an Raksasa mencapai 9 meter dan terdiri dari 630 halaman.
  8. Gelora Sriwijaya, Gelora Sriwijaya adalah stadion sepak bola yang terbesar ketiga di Indonesia dengan kapasitas 40.000 orang.Selain besar,Gelora Sriwijaya juga diakui sebagai stadion bertaraf internasional.
  9. Kota Pelembang Menjadi Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2007 (Adipura Award).
  10. Kota Pelembang Menjadi Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2008 (Adipura Award).
  11. Pelembang menjadi Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2009 (Adipura Award).
  12. Kota Pelembang Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2010 (Adipura Award).
  13. Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2011 (Adipura Award).
  14. Kota Pelembang Menjadi Taman Kota Terbaik se-Indonesia, atas nama Kambang Iwak (KI Family Park).
  15. Asean Environment Sustainable City 2008, sebagai Kota Terbersih se-Asean

Demikinalah tulisan mengenai Kota Pelembang dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!, yang ditulis dengan judul asli “Daya Pikat Kota Pempek” dengan penulisnya adalah Leoni Ripayu Lukita. Semoga bisa bermanfaat untuk siapapun yang akan atau tinggal di Kota Pelembang, Sumatra Selatan. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Air Terjun Sampuran Betung Tempat Wisata di Barat yang Belum Banyak Diketahui!
  2. 22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!
  3. Danau Toba dan 5 Spot Wisata Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi!
  4. [5] Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Pelembang dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar