Kota Kupang [Nusa Tenggara Timur] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Emang ada ya kota yang namanya kota kasih di Indonesia? Wah, ini julukan ya untuk Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Beragam budaya ada di sini dan semua hidup berdampingan dalam keberagaman.
Baca Juga: Pantai Pink di Lombok [Nusa Tenggara Barat] dan Fakta Keindahan Alamnya!

7 Fakta Unik Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur


Makanya layak ya disebut kota kasih. Ada 7 nih fakta unik mengenai Kota Kupang:

Batu Karang Nama Lain Kota Kupang


Kota Kupang sering mendapat julukan kota karang selain julukan kota kasih. Ini memang benar karena hampir disetiap tanah dalam wilayah kota kupang dipadankan dengan karang oleh Sang Pencipta.

Cuaca di Kota Kupang Panas


Jangan heran ya kalau nona dan nyong Kupang kulitnya lebih gelap dari orang-orang yang ada di tempat yang pernah kalian kunjungi. Kalaupun pendatang yakin deh lama kelamaan kulitnya akan lebih gelap dari sebelumnya. Eits, tahan dulu ini sih tergantung pigmen kulit masing-masing ya. Kalau sudah dari genetiknya berkulit putih pasti kulitnya akan begitu-begitu saja.

Kupang memang terkenal akan panas yang terik. Apalah arti pantai yang indah kalau mataharinya tidak mendukung. Panas memang menjadi ciri khas kota kupang. Kalau kemarau tiba, pemandangan yang lazim terlihat yakni dedaunan yang berubah warna menjadi coklat.

Angkutan Umum di Kota Kupang adalah Bemo


Bemo bukan becak motor ya. Kalau di Kupang bemo itu angkutan kota alias mikrolet, kalau di Sulawesi namanya pete-pete. Apa bedanya dengan angkot di daerah lain? Oh jangan salah bemo di kota Kupang bak “diskotik berjalan” lengkap dengan kerlap-kerlip lampu dan music non stop. Kadang anak mudanya malahan enggan naik angkot yang tidak pernah dimodifikasi  gitu alias dibagusin. Bemo di Kupang juga relatif terjangkau paling mahal itu Rp. 2000,- untuk satu kali perjalanan. Wah bayangin deh sudah angkotnya nyaman murah lagi. Makanya bemonya jarang sepi.

Istilah Kota Kupang Mengenai “Beta”


Beta bukan cuma ambon yang punya loh. Istilah beta atau saya juga masuk dalam kata yang paling banyak di pakai di Kupang. Beta itu kadang disingkat “b” iya “b” doang yang artinya saya. Kalau kamu itu istilahnya “lu”. Eh iya kalau pernah dengar iklan yang bilang “beta sonde pernah terlambat lagi ke sekolah”, seperti itulah bahasa Kupang. Sonde itu artinya tidak.

Jagung Bose dan Se’i


Sulit menemui sawah di kota Kupang. Serius, kalau di kabupatennya mungkin banyak. Ini bukan karena alasan karena lokasinya kota yang pasti beda dengan kabupaten, tapi kembali ke poin 2 memang kota ini panas. Jadi, kalian akan lebih banyak menemui jagung dibandingkan padi. Nah, makanya di Kupang terkenal sekali olahan makanan dari jagung.

Serba-serbi jagung lah pokoknya. Salah satu yang juara itu namanya jagung bose. Kurang lengkap rasanya ke Kupang tanpa mencoba mencicipi se’i alias daging yang diasapi menggunakan kayu kusambi. Soal rasa emang beda sih dari daging asap pada umumnya. Kalau ke Kupang kalian wajib coba ini ya!

Mama Sirih


Budaya mama sirih atau makan sirih menjadi kearifan lokal masyarakat Kupang. Masih banyak Oma dan Opa yang makan sirih. Tidak heran juga kadang di jalan atau di tempat umum ada ludah merah. Weh, itu bukan darah ya. Itu karena kapur sirih dan komposisi yang lain makanya jadi merah gitu.

Ibukota Nusa Tenggara Timur (NTT)


Kupang itu dimana? Di Pulau Flores? Oh tidak, itu ibukota provinsi NTT. Kalau Flores itu terbagi ke dalam beberapa kabupaten yang merupakan wilayah NTT juga. Nah, uniknya di Kupang kalian akan menemui berbagai macam suku dari seluruh pelosok NTT. Namanya juga ibukota, ya kan? Ada yang lebih unik lagi nih. Di daratan Timor saja banyak sukunya. Keunikan berikutnya itu setiap suku memiliki kekhasan sendiri. Kalau kalian berpikir orang Kupang atau NTT pada umumnya, semuanya berambut keriting dan berkulit hitam.

Oh itu salah besar. Kenyataannya orang NTT banyak yang berambut lurus dan berkulit putih. Disinilah uniknya misalnya kalau orang sabu kebanyakan berkulit sawo matang dan berambut lurus ada juga orang ruteng yang berambut ombak namun kulitnya bersinar seperti orang bule.

Semoga 7 fakta di atas membantu kamu mengenal Kota Kupang ya, siapa tahu punya rencana jalan-jalan ke sana kan? Oh iya pantainya juga keren-keren loh. Cocok buat kamu para instagrammer dan traveller.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kota Kupang [Nusa Tenggara Timur] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca! yang ditulis dengan judul asli 7 Fakta tentang Kota Kasih yang Wajib Kamu Ketahui. Adapun untuk penulisnya adalah Agnes Vivi Lestary. Semoga dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari info "Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur". Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Nusa Tenggara Barat dan Adat Adat Nyongkolan dari Masa Ke Masa
  2. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  3. 13 [Fakta] Kabupaten Lampung Timur, Lampung yang Harus Kamu Ketahui!
  4. 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Kota Kupang [Nusa Tenggara Timur] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

  1. Keren sekali tulisannya...
    Trima kasih adiks Agnes,,, beta jadi bangga lahir di NTT

    BalasHapus
  2. ��
    Ulasannya bagus,,,
    Bagaimana dengan ulasan mengenai t4 wisata pantainya,, biasanya wisata pantai jadi tujuan utamanya u/berkunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau soap pantai recommended bgt ya. Soalnya kece2 semua. Masih bersih dan kalau sekarang sih sudah lumayan banyak yang terexpose jadi sudah mulai banyak pengunjungnya.

      Hapus