[5] Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Kunjungi!

Tempat Wisata di Sumatera Utara, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Sumatera Utara dikenal dengan keindahan alam yang luar biasa, khususnya tempat-temapt wisata, salah satunya adalah Danau Toba. Selain keindahan alamnya, Provinsi Sumatera Utara juga memiliki tambang emas Martabe yang terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan, serta masih banyak lainnya.

Tempat Wisata di Provinsi Sumatera Utara


Potensi daerah Sumatera Utara terus dikembangkan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dengan produk unggulan daerah berupa perkebunan kelapa sawit dan karet diharapkan provinsi Sumatera Utara terus mengalami kemajuan baik dari segi Sosial dan Ekonomi. Dengan luas wilayah72.981,23 km2, Provinsi Sumatera Utara berpotensi sebagai daerah yang dapat berkontribusi besar dalam pembangunan Nasional.
 

Tempat-Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Paling Indah


Berikut adalah 5 Tempat Wisata yang ada di Sumatera Utara, tentunya yang mampu mengjakmu untuk berkunjung disana;

Danau Toba di Sumatera Utara



Melihat Danau Toba, semua mata pasti terpukau dengan keindahannya, sepintas Danau Toba terlihat seperti lukisan yang sangat indah. Pemandangan alam yang mengelilingi danau terbesar di Asia Tenggara ini sungguh memanjakan mata bagi insan yang memandangnya.

Suasana sejuk dan nyaman seakan menggambarkan keadaan surga dunia. Keunikan Pulau Samosir yang berada ditengah-tengah Danau Toba semakin menambah eksotisme wisata alam ini. Wisata andalan Sumatera Utara yang satu ini sudah dikenal hingga penjuru dunia, tak salah jika Danau Toba disebut sebagai aset bangsa yang dapat meningkatkan devisa negara.

Gunung Sibayak Wisata Pegunungan di Sumatera Utara


Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara. Gunung dengan ketinggian 2.212 mdpl ini berada di Kabupaten Karo dan terakhir meletus pada tahun 1881. Saat ini Gunung Sibayak dijadikan salah satu destinasi favorit para pecinta alam di kawasan Sumatera Utara.
 
Pemandangan yang begitu indah terutama di pagi hari membuat siapapun yang berkunjung ke Gunung Sibayak pasti betah berlama-lama berada di Puncak Gunung sambil menikmati pemandangan alam berastagi dan pemandangan Gunung Sibayak yang terlihat jelas dari puncak Gunung Sibayak.
 

Air Terjun Ponot [Air Terjun Tertinggi di Indonesia] Hanya ada di Sumatera Utara

Air terjun Ponot merupakan air terjun tertinggi di Indonesia yang terletak di Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Ketinggian Air terjun Ponot ini lebih kurang 250 m. Pengunjung dapat sepuasnya menikmati gemercik air yang jatuh disini, udara yang sejuk dan asri membuat tempat ini sebagai destinasi yang sangat layak dikunjungi saat akhir pekan bersama keluarga.
 
Namun sayangnya air terjun ini belum secara optimal dikelola, sehingga wisatawan yang datang hanya wisatawan lokal saja. Untuk itu diperlukan perhatian khusus dari pihak pemerintah agar memberikan pengelolaan yang optimal terhadap destinasi wisata Air terjun Ponot.

Kepulauan Nias Tempat Wisata di Sumatera Utara


Nias merupakan pulau kecil yang berada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Keidahan laut yang luar biasa menambah daftar panjang pesona wisata di Sumatera Utara. Salah satunya adalah Pantai Lagundri yang berada di Kabupaten Nias Selatan.
 
Pantai ini masuk dalam destinasi wisata terbaik bahkan telah masuk dalam daftar 10 besar tempat surfing terbaik di dunia. Hamparan pasir putih yang berada di sepanjang garis pantai menjadi penyempurna keindahan pantai Lagundri. Wisatan lokal maupun mancanegara silih berganti berwisata di Kepulauan Nias untuk menyaksikan keindahan alamnya dan menikmati pesona-pesona kearifan lokal budaya di Kepulauan Nias.
 
Selain keindahan pantai di Sepanjang lautan Pulau Nias, juga terdapat  tradisi hombo batu atau lompat batu di Nias. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat di Desa Mataluo Kabupaten Nias Selatan. Hombo batu dilakukan untuk menentukan apakah seorang pemuda di Desa mataluo dapat diakui sebagai pemuda yang sudah dewasa atau belum.
 
Jika berhasil melompati batu setinggi 2 meter maka seorang pemuda sudah dianggap dewasa.  Tradisi ini tentu menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Pulau Nias untuk menyaksikan dan mengabadikan momen tersebut.

Kekayaan Suku Dan Budaya Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan Provinsi multietnis dengan Batak,Nias, dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini. Daerah pesisir Timur Sumatera Utara, pada umumnya dihuni orang-orang Melayu. Pantai Barat dari Barus hingga Natal, banyak bermukim orang Minangkabau. Wilayah tengah sekitar Danau Toba, banyak dihuni oleh suku Batak, dan suku Nias di Kepulauan sebelah Barat.
 
Berbagai peninggalan sejarah yang hingga saat ini masih terjaga dengan baik seakan menjadi indikator yang baik melihat perkembangan sumber daya manusia di Provinsi Sumatera Utara. Ciri khas daerah seperti kain Ulos, tarian Batak, rumah Bolon hingga kearifan lokal yang dimilliki adalah nilai jual daerah ini untuk menunjang kehidupan yang lebih baik secara Sosial dan Ekonomi.
 
Dengan kekayaan suku dan budaya yang dimiliki Provinsi Sumatera Utara, sudah sepantasnya Provinsi Sumatera Utara dapat mewujudkan Sustainable Development Goals 2030. Tujuan tersebut akan terealisasi jika manajemen sumber daya manusia di Sumatera Utara berjalan dengan baik.
 
Melalui program pembangunan berkelanjutan, diharapkan segala potensi yang terdapat di Sumatera Utara, baik Sumber daya manusia dan sumber daya alamnya dapat di optimalisasi. Dengan demikian Sumatera Utara dapat menjadi acuan pembangunan bagi provinsi-provinsi di Indonesia, khususnya provinsi yang berada di Pulau Jawa.

Demikinalah tulisan mengenai [5] Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Kunjungi! yang ditulis oleh Raju Pratama Ritonga yang saat masih menjadi Mahasiswa di Universitas sumatera utara, Medan. Adapun untuk judul asli dalam tulisan ini ialah Surga Kecil Di Sumatera Utara. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan informasi mengenai Tempat Wisata di Sumatra Utara (SUMUT). Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "[5] Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Kunjungi!"