7 FAKTA Daerah Sulawesi Selatan yang Membuatmu Bangga!

Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi yang terdiri atas 21 kabupaten dan 3 kota, berada pada sebelah selatan Pulau Sulawesi yang beribukota di Kota Makassar. Sebagai salah satu pulau terbesar dari lima pulau terbesar di Indonesia, Sulawesi Selatan tentunya memiliki berjuta-juta potensi, mulai dari kehutanan hingga  pariwisata. Nah, kira-kira apa-apa sajakah itu?, fakta-fakta menarik mengenai Provinsi Sulawesi Selatan.
Baca Juga: Kota Parepare [Sulawesi Selatan] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Fakta-Fakta Sulawesi Selatan


Berikut ini ulasan mengenai fakta-fakta yang ada di Sulawesi Selatan;
 

Sulawesi Selatan Mempunyai Tipe Flora dan Fauna Peralihan


Yang pertama adalah potensi dari segi kehutanan. Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, yang sebagian besar pulau-pulaunya ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan tropis. Sulawesi Selatan sendiri termasuk dalam tipe flora dan fauna peralihan,  bersama dengan Nusa Tenggara dan Maluku Utara. Tetapi, apakah flora tipe peralihan itu? Flora Tipe peralihan artinya tanaman serta hewan yang berada dalam kawasan tersebut adalah asli dari Indonesia, tidak terpengaruh atas negara lain.
 

Sulawesi Selatan Memiliki 3 Cagar Alam


Saat ini tercatat setidaknya ada 3 cagar alam yang berada di Sulawesi Selatan, bersama dengan satu taman nasional. Ketiga cagar alam itu adalah Cagar Alam Pegunungan Faruhumpenai, yang terletak di Luwu , Cagar Alam Kalaena, yang berada di Luwu, dan Cagar Alam Ponda-Ponda, yang berada di Tana Toraja,
 

Provinsi Sulawesi Selatan Memiliki Flora dan Fauna Endemik


Selain itu, terdapat juga flora dan fauna endemik dari Sulawesi Selatan. Nah, flora dan fauna ini tak lain dan tak bukan adalah identitas dari Sulawesi Selatan itu sendiri. Yang paling terkenal adalah Julang Sulawesi dan Pohon Lontar. Keberadaan flora dan fauna endemik ini bukan hanya sebegai identitas suatu daerah, tapi juga sebagai magnet bagi para wisatawan.
 

Sulawesi Selatan Mempunyai Tempat Wisata yang Mengagumkan


Selanjutnya adalah pariwisata. Sulawesi selatan memiliki banyak pariwisata yang mengagumkan dan sangat layak untuk dikunjungi. Yang pertama adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Terletak di Kabupaten Maros, Taman Nasional ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu : karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, air terjun, berbagai wahana outdoor dan yang paling dikenal adalah kupu-kupu. Bahkan Bantimurung Bulusaraung dijuluki The Kingdom of Butterfly oleh Alfred Russel Wallace.
 

Sulawesi Selatan ada Museum Balla Lompoa


Museum Balla Lompoa adalah salah satu tempat yang juga dipilih oleh turis. Museum Balla Lompoa merupakan rekonstruksi dari istana Kerajaan Gowa pada tahun 1936. Di dalam museum ini terdapat banyak barang bersejarah, yang sayang untuk dilewatkan.
 

Pantai Tanjung Bira Wisata Indah di Sulawesi Selatan


Jika anda menyukai pantai dengan pasir putih yang halus dan bersih serta air laut yang jernih, Pantai Tanjung Bira pastilah berada dalam daftar tujuan anda. Pantai tanjung bira memang terkenal dengan keindahannya sejak dulu, dan dengan semakin berkembangnya waktu, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga kian mempercantik daerah sekitar pantai agar makin diminati turis.
 

Pulau Samalona Wisata Hits Milik Sulawesi Selatan


Selanjutnya adalah Pulau Samalona. Pulau samalona ini adalah salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Makassar, Pulau Samalona ini merupakan salah satu obyek wisata di Sulawesi Selatan yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Keungulan pulau Samalona dari tempat wisata lainnya adalah pulau ini sangat cocok dipakai untuk menyelam, karena jernihnya air serta banyaknya ragam karang dan ikan-ikan tropis yang memanjakan mata.
 
Nah, seperti yang saya katakan sebelumnya, pada Faktanya Sulawesi Selatan adalah sebuah Provinsi dengan banyak potensi. Berbagai potensi ini bisa menguntungkan atau merugikan diri kita. Dan agar tidak merugikan, yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan potensi serta berbagai sumber daya dengan sebaik-baiknya. Tulisan ini dikirim oleh Chairunnisa Nurul Qalbi yang saat ini menjadi siswi SMA Negeri 2 Makassar. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Sulawesi Selatan dan Adat Nak Makkalomba [Suku Kajang- Bulukumba] Yang Harus Kamu Ketahui!
  2. Kota Manado [Sulawesi Utara] dan Fakta Keindahan dan Keharmonisan yang Harus Kamu Baca!
  3. Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo [Makassar] dan Beberapa Fakta yang Dapat Kamu Baca!
  4. Kabupaten Konawe [Sulawesi Tenggara] dan Fakta Yang Wajib Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 FAKTA Daerah Sulawesi Selatan yang Membuatmu Bangga!"

Posting Komentar