3 TEMPAT Wisata Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Membelah Gunung Lawu!

Wisata Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Gunung Lawu saat ini menjadi primadona para wisatawan baik lokal maupun interlokal untuk menghabiskan liburan panjang mereka. Namun, tahukah kalian, Gunung Lawu menyimpan sejuta pemandangan indah yang tak boleh terlewatkan, salah satunya jalan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur atau biasanya orang lokal disana menyebutnya dengan JT, singkatan dari Jalan Tembus.

Jalan tembus ini hampir memakan waktu kurang lebih 10 tahun untuk menghubungkan Kabupaten Karanganyar dengan Kabupaten Magetan. Jalan sepanjang 10,5 km ini diharapkan dapat memangkas waktu dan mempercepat jarak tempuh antara Surakarta dan Magetan.

Tempat Wisata Yang Membelah Gunung Lawu


Selain itu, jalan tembus ini juga bisa diajadikan jalan alternatif ketika hari-hari mudik lebaran. Namun, perlu diwaspadai akes jalur tersebut disepanjang jalan rawan longsor ketika musim hujan dan jalannya berliku-liku tajam. Selain itu, ada fakta-fakta menarik di sepanjang jalan tembus yang membelah Gunung Lawu ini, diantaranya:

Air Terjun Grojogan Sewu


Di setiap gunung, hal pertama yang terpikirkan adalah air terjun. Di Jalan Grojogan Sewu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah terdapat air terjun yang bernama Grojogan Sewu yang memiliki tinggi sekitar 81 meter.

Dalam Bahasa Jawa, Grojogan Sewu berarti ‘Air Terjun Seribu’. Seribu dalam artian bahasa Jawa yang dimaksud disini adalah seribu pecak, satuan jarak untuk mengukur ketinggian air terjun. Ada dua cara untuk mencapai Grojogan Sewu, yaitu jalur atas dan bawah.
 
Jalur atas kalian hanya tinggal menuruni puluhan anak tangga. Sedangkan, jalur bawah kalian akan melewati jembatan yang konon katanya jika kalian melewati jembatan tersebut bersama pasangan, hubungan kalian akan berakhir.
 
Ada hal yang lebih menarik saat perjalanan menuju air terjun ini, yaitu ada beberapa kera jinak bergelantungan di pohon bahkan berlalu lalang di jalan yang kalian lewati. Disarankan, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, apalagi membawa banyak makanan yang membuat para kera semakin agresif ingin mengambil dan memakan makanan kalian.
 
Setelah tiba di air terjun, kalian tidak diperbolehkan mandi dibawah air terjun dikarenakan air terjunnya sangat deras sehingga berbahaya jika kerikil dari atas mengenai tubuh kalian. Walaupun begitu, kalian bisa tetap bersenang-senang karena disana tersedia aktivitas seru seperti flying fox dan mini rafting. Selain itu disana juga terdapat fasilitas yang bisa dinikmati keluarga seperti kolam renang, tempat bermain anak dan camping.

Cemoro Sewu


Untuk kalian yang hobi mendaki gunung, cobalah mendaki di Cemoro Sewu yang terletak di puncak Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Perlu diingat, track pendakian disana didominasi oleh bebatuan licin, sehingga para pendaki harus berhati-hati dalam melangkah. Disana, kalian juga harus bersiap-siap dengan kabut tebal dan suhu dingin yang bisa mencapai 0 derajat Celcius karena tinggi Gunung Lawu mencapai 3.265 mdpl.

 
Walaupun Gunung Lawu termasuk Gunung tertinggi ke-enam di Pulau Jawa, beberapa warung-warung yang dibangun penduduk lokal masih tersedia disana memanjakan para pendaki yang kehausan atau kelaparan salah satunya Warung Mbok Yem yang sudah berjualan lebih dari 25 tahun disana. Tak jauh dari Warung Mbok Yem, terdapat sumber mata air yang bisa pendaki manfaatkan sekedar membasuh tangan atau kaki, Di setiap gunung selalu tak luput dengan mitos-mitos, salah satunya adalah memakai pakaian hijau adalah pantangan bagi pendaki.
 
Konon katanya, Ratu Kidul akan menculik pendaki yang memakai pakaian hijau. Puncak tertinggi di Gunung Lawu adalah Hargo Dumillah. Disana selain menawarkan pemandangan alam yang indah, terdapat Telaga Kuning yang tidak terlalu dalam.

Wisata Sarangan


Sarangan menjadi spot yang menarik dikunjungi karena keindahan hutan pinsunya yang menjulang tinggi dan telaga yang sangat luas sekitar 30 hektar dan mempunyai kedalaman sekitar 28 meter. Lokasi telaga ini berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan akses menuju ke sana sangat mudah, tepatnya di Jalan Raya Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur.

Karena tempat wisata ini cukup terkenal, tak heran telaga Sarangan mampu menarik ribuan pengunjung baik lokal atau non-lokal terutama saat liburan tiba. Seringkali, karena banyak sekali pengunjung yang datang, akses jalan pun macet total karena banyak kendaraan seperti bus atau mobil pribadi tidak mendapatkan tempat parkir.
 
Oleh karena itu, datanglah lebih pagi atau menginap disana sebelumnya. Aktivitas yang harus kalian coba adalah mengelilingi telaga dengan cara menaiki perahu kayu, perahu mesin atau sepeda air. Selain itu, kalian bisa mengelilingi telaga dengan cara menunggangi kuda atau berjalan kaki. Hampir di sekeliling danau terdapat toko-toko kerajinan tangan buatan warga lokal mulai dari kaos, topi, tas anyaman dan masih banyak lagi.
 
Satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah menyicipi kuliner disana diataranya sate kelinci yang terasa nikmat dan empuk, juga nasi pecel yang terdiri dari nasi, tauge, tempe goreng, dawi dan sambel kacang.

Selain tiga fakta tempat wisata diatas, kalian juga bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan seperti warung-warung yang berdiri di atas tebing yang curam sembari ngopi atau bakso penthol, jajanan paling khas dan populer disana. Jika kalian beruntung, bunga kuning liar biasanya tumbuh indah di bagian lereng-lereng gunung Lawu dan cocok sekali untuk selfie atau welfie disana.
 
Untuk penggemar strawberry, kalian harus wajib mengunjungi kebun strawberry yang terletak di Jalan Raya Sarangan, Magetan tak jauh dari Telaga Sarangan. Disana, kalian bisa membeli strawberry atau memetiknya langsung dari kebunnya. Demikianlah, keindahan-keindahan dibalik Wisata Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mempunyai daya tarik sendiri untuk menarik para wisatawan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca, penulis dalam artikel ini adalah Miftahul, terima kasih. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 5 Desa Wisata [Semarang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Ketahui dan Kunjungi!
  2. 9 Tempat Wisata di Kebumen [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Kunjungi!
  3. 13 TEMPAT Wisata di Kota Surabaya [Jawa Timur] Yang Indah dan Harus Kamu Datangi!
  4. 10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 TEMPAT Wisata Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Membelah Gunung Lawu!"

Posting Komentar