Sulawesi Selatan dan Adat Nak Makkalomba [Suku Kajang- Bulukumba] Yang Harus Kamu Ketahui!

Tradisi Daerah Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan


FaktaDaerah.Com- Indonesia merupakan salah satu Negara dengan beribu pulau yang membentuk satu kepulauan dari sabang sampai merauke. Setiap pulau memiliki keanekaragaman adat,budaya,bahasa hingga kepercayaan yang berbeda-beda. Di Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Bulukumba, Kecamatan Kajang terdapat tradisi adat yang bernama adat nak Makkalomba
Baca Juga: Kota Parepare [Sulawesi Selatan] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Makalomba Tradiasi di Sulawesi Selatan


Makalomba diambil dari bahasa daerah Bugis Makassar yang artinya acara adat yang acara selamatan untuk memii lakukan untuk anak- anak suku kajang dengan tujuan mendoakan anak tersebut diberi umur yang panjang dan menghilangkan kesialan serta meminta keselamatan kepada  Tuhan yang maha esa .
 
Makkalomba biasanya di lakukan oleh para keturunan suku kajang saja akan tetapi, makkalomba sudah banyak di lakukan oleh meraka di luar suku kajang.  Seperti halnya acara Makkalomba yang diadakan di desa Jo’jjolo Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba yang jaraknya kira-kira ±10 Km dari desa Kajang.
 

Pelaksanaan Adat Makkalomba


Karena bagi mereka, acara makkalomba bukan hanya sekedar mendoakan keselamatan anak- anak mereka saja tapi yang membuat saya tertarik pada acara ini yaitu membuat kueaneka macam kue dari berbahan dasar beras, tak lupa juga ada buras, kampalo, dan tumpukkan kue tradisional lainnya. Tapi, dibalik itu ada yang unik dari acara tersebut, yaitu dinamakan Massolo’ yang artinya memberikan bantuan atau sumbangan berupa uang kepada yang melakukan hajatan dan pada suatu saat nanti yang punya hajatan melakukan hal yang sama kepada keluarga yang sudah memberi bantuan.
 
Besarnya bantuan atau sumbangan tergantung keikhlasan yang memberi, dan pada saat acara makkalomba berlangsung telah disiapkan wadah yang namanya “Petapi” (wadah) yang mereka gunakan untuk menaruh pemberian mereka.
 
Setiap pemberian bantuan atau sumbangan uang mereka dicatat oleh salah satu anggota keluarga yang lain agar kelak mereka dibalas sesuai besaran uang atau barang yang telah mereka sumbangkan. Bukan hanya memberi bantuan uang saja, akan tetapi mereka juga memberikan bantuan berupa bahan  pangan, seperti beras, terigu, gula, minyak kelapa, dan lain-lain.
 

Adat Makkalomba di Sulawesi Selatan


Banyak yang mengatakan bahwa acara makkalomba sudah mengarah ke matrealistik di kalangan  masyarakat, karena acara adat istiadat ini sudah sangat membebani para keluarga yang sudah melakukan acara ritual ini bagaimana tidak, mereka harus membalas setiap bantuan yang sudah diberikan oleh sanak keluarga. Itu sama saja kita berhutang kepada yang sudah memberi bantuan.
 
Mana kala salah satu dari pemberi sumbangan tidak membalas sesuai dengan apa yang mereka berikan, maka mereka sudah di cap sebagai orang yang tidak membayar hutang mereka, serta mereka menjadi bahan pembicaraan dari kalangan masyarakat dan juga keluarga.

Demikinalah tulisan mengenai  Tradisi Adat Makkalomba pada Suku Kajang di Provinsi Sulawesi Selatan yang ditulis oleh Cici Kurnia Putri. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca dalam memahami dan mengenali sisi tradisi di Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Konawe [Sulawesi Tenggara] dan Fakta Yang Wajib Kamu Baca!
  2. Kota Kakao [Sulawesi Tenggara] dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Kota Manado [Sulawesi Utara] dan Fakta Keindahan dan Keharmonisan yang Harus Kamu Baca!
  4. Fakta Suku Bugis [di Sulawesi], Yang Harus Kamu Pahami!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sulawesi Selatan dan Adat Nak Makkalomba [Suku Kajang- Bulukumba] Yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar