21+ DAERAH Rawan Tsunami di Indonesia yang Penting Kamu Baca!

Daerah-Daerah Rawan Bencana Tsunami di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Indonesia adalah satu satu negara yang paling dikatakan rawan dengan bencana tsunami ini, tentunya selain negara lain seperti Japan, Salandia Baru, dan negara-negara lainnya yang ada di Benua Amerika ataupun Eropa.
Baca Juga: 3+ DAERAH Yang Tidak Rawan Gempa Bumi di Indonesia

Beberapa wilayah di Indonesia tentusaja bahkan pernah mengelami bencana ini dengan sangat dasyat, yang belum lekang dalam ingatan kita adalah bencana tsunami di Provinsi Aceha yang terjadi pada tahun 2014. Bahkan menurut catatan sejarah bencana tsunami yang lebih dasyat terjadi di Indonesia adalah bencana tsunami yang memisahkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra tepatnya disebakan karena letusan gunung krakatau.

Daerah Rawan Bencana Tsunami di Indonesia


Berikut inilah setidaknya beberapa daerah yang bisa dikatakan rawan dengan bencana tsunami, yang umumnya daerah ini dari sabang sampai meroke;

Provinsi Aceh

Pertama dan yang paling awal disebutkan untuk wilayah yang rawan dengan bencana tsunami adalah di Provinsi Aceh. Aceh menang memiliki sejarah terhadap bencana ini, oleh karenannya aceh masuk dalam wilayah yang rawan dengan bencana tsunami.

Sumatra Utara

Posisi kedua yang rawan terhadap bencana tsunami adalah Sumatra Utara, khususnya berada di Kabuaten Nias yang letaknya tidak berjauhan dengan Provinsi Aceh.

Sumatra Barat

Masih di Pulau Sumatra yang kami sebutkan mengenai daerah yang rawan terhadap bencana tsunami, yakni di Sumbar (Sumatra Barat) yang terkenal dengan masakan melenggenda dan ada di seluruh Indonesia, yakni “Masakan Padang”.

Provinsi Bengkulu

Provinsi selanjutnya yang rawan dengan bencana tsunami adalah Bengkulu yang Ibu Kota nya berada di Kota Bengkulu, daerah ini bisa diketakan rawan dengan bencana tsunami karena sering terjadi gempa bumi dan letaknya tidak jauh dengan pantai-pnati besar di Indonesia.

Provinsi Lampung

Lampung juga menjadi daerah yang bisa dikatakan rawan dengan bencana tsunami, Lampung ini wilayah yang paling dekat dengan Pulau Jawa hanya terpisah dengan Selat Sunda.

Kabupaten Jawa Barat

Lokasi selanjutnya yang sebenarnya rawan dengan bencana tsunami adalah Jawa Barat, dengan wilayahnya yang mencangkupi beberapa kabupaten besar di Indonesia dengan Kota Bandung sebagai kota madyanya.

Yogjakarta

Wilayah ini juga masuk dalam wilayah yang rawan dengan bencana tsunami, tentu salah satu jawabannya karena lokasinya langsung berbatasan dengan samudara. Oleh karenannya hati-hati dengan wilayah-wilayah di Yogjakarta.

Cilacap

Kabupatan ini juga masuk lho mengenai wilayah yang berpotensi dengan bencana tsunami.

Trenggalek

Kabupatan di Jawa Timur yang bisa dikatakan rawan dengan bencana tsunami adalah Kabupaten Trenggalek dengan Bupati yang saat ini masih familir di kalangan masyarakat, bupati ini lulusan Japan dengan nama “Emil Dardak”.

Provinsi Bali

Bali juga masih masuk dalam wilayah yang tergolong menjadi daerah rawan dengan tsunami, wilayah di Bali meskipun indah cukup di waspadai karena daerah ini semuanya dekat dengan pantai-pantai besar di Indonesia.

Ambon di Provinsi Maluku

Wilayah ujung Indonesia yang juga berpostensi terhadap bencana tsunami adalah Ambon yang berada di Provisni Ambon.

Daerah Takabu

Daerah ini masih ada di wialayah ambon yang menurut sumber juga menjadi salah satu daerah yang rawan terhadap tsunami.

Sulawesi Utara

Pulau Sulawesi yang juga menjadi wilayah yang rawan dengan bencana tsunami, khsuusnya berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Daerah Majane

Wilayah selajutnya masih berada di Pulau Sulawesi yang konon rawan dengan bencana tsunami.

Daerah Tanah Bambu, Kalimantan

Setelah dari Sulawesi untuk daerah yang rawan dengan bencana alam sejautnya adalah daerah di Kalimantan tenpatnya berada di Danah Bambu.

Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan

Daerah yang rawan dengan bencana alam yang kamu waspadai adalah Provinsi Kaliamantan Selatan tepatnya di daerah Tanah Laut, meskipun kalimantan aman dari daerah bencana gempa bumi tapi untuk postensi wilayah tentang terjadianya tsunami ada di daerah ini.

Pulau Papua

Ada wilayah-wilayah yang berpotensi menjadi wilayah bencana tsunami di Indonesia, khususnya di papua wilayah ini sendiri meliputi berbagai daerah misalnya saja adalah Jayapura yang menjadi Ibu Kota Provinsi Papua.

Sarmi

Wilayah sarmi ini adalah wilayah kecil yang ada di Papua yang juga masuk dalam wilayah yang rawan terhadap bencana tsunami.

Biak

Biak yang ada di Papua ini juga rawan lho dengan bencana tsunami, perlu deh kamu waspadai.

Seruni

Wilayah ini juga tergolong menjadi wilayah yang rawan dengan bencana tsunami

Demikianlah setidaknya informasi mengenai daerah-daerah yang bisa dikatakan sebagai rawan bencana tsunami. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan wawasan terhadap pembaca sekalian. Trimakasih. ☺

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21+ DAERAH Rawan Tsunami di Indonesia yang Penting Kamu Baca!"

Posting Komentar