11+ FAKTA Provinsi Bengkulu yang Harus Kamu Baca!

 Provinsi Bengkulu, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Provinsi Bengkulu adalah salah satu Provinsi yang sangat menarik untuk di bahas mengenai daerah-daerahnya, mulai dari wisata dan makanan Provinsi Bengkulu ini sangat banyak pilihan. Adapun sebagai pengenalan tentang Provinsi Bengkulu berikut adalah tulisan seputar Bengkulu.

Fakta-Fakta Provinsi Bengkulu


Berikut fakta daerah yang ada di Provinsi Bengkulu;
 

Penjahit Bendara Merah Putih adalah Orang Asli Provinsi Bengkulu


Sejumlah fakta mengenai Provinsi Bengkulu dan penduduk di Indonesia harus mengakui sejarah sejarah bahkan kenyataannya yang menjahit Bendera Merah Putih adalah Ibu Fatmawati (Istri Presiden Soekarno). Ibu Faktamwati aalah orang asli Bengkulu.
 

Provinsi Bengkulu Memiliki Danau Yang Berwarna Merah Darah


Salah satu hal yang unik di Provinsi Bengkulu adalah danaunya. Dimana salah satu danau yang terkenal di Provinsi Bengkulu adalah Danau Pagaralam yang terletk di perbukitan Raje Mandare. Danau ini memiliki warna merah darah.
 

Provinsi Bengkulu Pernah Mengalami Gempa 7,3 Skala Richter


Provinsi Bengkulu memng menjadi salah satu daerah di Indonesia yang seringkali mengalami gempa, dan salah satu gempa yang terbesar di Provinsi Bengkulu terjadi pada tahun 2000. Gempa ini sendiri bahkan menewaskan 94 ribu orang.
 

Bengkulu Memiliki Gunung Aktif yang Pernah Menewaskan 123 Orang


Bengkulu juga dikenal memiliki gunung aktif yang terus dipantau sampai ini oleh pemerintah Indonesia, adapun nama gunung ini ialah Gunung Kaba, yang berada di Desa Sumber Urip, Kec.Curup Utara, Kabupaten Rejang Lebong , Provinsi Bengkulu. Gunung Kaba sendiri pernah menewaskan 123 Orang saat meletus pada tahun 1833.
 

Bengkulu Memiliki Bunga Rafflesia dan Dijadikan Lambang Provinsi ini.


Salah satu keunikan dan keindahan Bengkulu adalah Raffles yang pertamakali ditemukan oleh Stamford Raffles dan Dr Joseph Arnold Tahun 1818. Bungga Raffles ini menjadi salah satu Bungga terbesar di dunia, khususnya ialah Bungga Rafflesia Arnoldi dengan lebar 70 sampai dengan 110 sentimeter.
 

Nama Bengkulu di Abadikan Menjadi Nama Jalan di Singapura


Negara Singapura pertamakli didirikan oleh Stamford Raffles yang pada penjelasan sebelumnya Stamford Raffles ialah yang menemukan Bungga Rafflesia. Akibat dari hal ini sampai saat ini nama Bengkulu masih terlihat di Bencoolen Street (Nama Jalan di Negara Singapura).
 

Ibukota Provinsi Bengkulu Hampir Sebagian Besar Wilayahnya adalah Pantai


Wilayah Provinsi Bengkulu, khususnya adalah Kota Bengku hampir sebagian besar wilayahnya dikelilingin pantai. Adapun nama pantai yang menjadi primadona masyarakat disana dan juga para turus asing di luar negri bernama “Pantai Panjang”.
 

Benteng Marlborough Sejarah Bangsa Indonesia di Provinsi Bengkulu


Sejarah berdiri bangsa Indonesia hampir tersebar disetiap wilayah, salah satinya di Provinsi Bengkulu dengan nama Benteng Marlborough yang luasnya sampai 44,100 M. Benteng ini langsung menghadap laut sebagai pertahanan Penjajag Belanda pada waktu perang.
 

Rumah Pengasingan Bung Karno di Provinsi Bengkulu


Fakta yang ada di Provinsi Bengkulu salah satunya adalah mengenai adanya Rumah Pengasingan Bung Karno yang dipernah diasingkan di Provinsi ini. Beberapa peninggalan Tokoh Proklamator Indonesia ini seperti Sepeda, Tempat Tidur, Buku, dan lain sebaginya masih tersimpan rapi di Rumah Pengasingan Bung Karno di Provinsi Bengkulu.
 

Provinsi Bengkulu Memiliki 45 Anggota DPR di Indonesia


Selain memiliki potensi alam yang luar biasa, Provinsi Bengkulu juga memiliki SDM yang mumpuni. Salah satunya dibuktikan dengan adanya 45 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Dengan parati pemenang di Provinsi Bengkulu ini adalah Partai PDI Perjuangan.
 

Univeritas Bengkulu Menjadi Univeritas Kebanggaan Provinsi Bengkulu


Pendidikan di Provinsi Bengkulu ini juga pesat perkembangannya, selain pendidikan SMA Seperti SMA Pentagon adalah Universitas atau Perguruan Tinggi Negri. Untuk pendidikan PTN di Provinsi Bengkulu yang paling dikenal dan paling maju adalah Univeritas Bengkulu.
 
Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Provinsi Bengkulu yang bisa kamu pahami dan kamu jadikan sebagai Informasi mengenail lebih dekat dengan Provinsi ini. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai Info Bengkulu ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Jangan lupa baca juga tulisan mengenai Bungkulu lainnya;
  1. 9+ TEMPAT Wisata di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi!
  2. Pulau Tikus Bengkulu dan Kekayaan Lautnya, Wajib Kamu Kunjungi
  3. 7 [FAKTA] Provinsi Jambi yang Penting Untuk Diketahui!
  4. 10+ Fakta Provinsi Riau Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ FAKTA Provinsi Bengkulu yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar