Provinsi Papua dan 14 Fakta yang Harus Kamu Baca!


Provinsi Papua, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Papua adalah salah satu Provinsi di Indonesia, pada saat ini Provinsi Papua yang beribukota di Kota Jayapura dengan memiliki luas 309.934,4 KM. Banyak orang yang masih mencari tehu tentang apa saja yang ada di Provinsi Papua, mulai fakta-fakta unik wilayah, penduduknya, hasil pertaniannya, dan fakta-fakta lainnya. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan membahas tentang Fakta Provinsi Papua.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta Provinsi Papua


Berikut adalah Fakta-Fakta menarik tentang Provinsi Papua;
 

Provinsi Papua Menjadi Provinsi Terbesar di Indonesia


Sebagai negara yang begitu luas tentunya Indonesia banyak sekali memiliki Provinsi yang luas, dari Sabang sampai Meroke. Nah, fakta mengenai Provinsi Papua yang pertama ini adalah luasnya, dimana luas Provinsi Papua ini menjadi Provinsi terluas di Indonesia.
 

Provinsi Papua adalah Wilayah yang Berpatasan Langung dengan Negara Lain


Negara yang sangat dekat sekali dengan Provinsi Papua adalah Negara Papua Nugini. Maka pantas saja jikalau Provinsi Papua ini sebagain daerahnya berbatasan langsung dengan Papua Nugini.
 

Papua Terbagi Menjadi Dua Provinsi Pada Tahun 2003


Pentong juga diketahui bahasanya, Provinsi Papua ini terbagi menjadi dua provinsi pada tahun 2003 yangni Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua yang letaknya di bagian bagian paling  timur Indonesia.
 

Provinsi Papua Memiliki Kabupatean dengan Kecamatan Terbanyak


Wilayah Provinsi Papua yang begiu luas di bandingkan dengan daerah lainnya. Tentusaja ada fakta yang menarik, misalnya untuk Kabupaten di Provinsi Papua yakni Kabutapen Yahukimo menjadi Kabupaten dengan Kecamatan terbanyak yakni mencapai 51 Kecamatan.
 

Provinsi Papua Memiliki Kabupaten dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit di Indonesia


Meskipun Provinsi Papua memiliki wilayah paling luas di Indonesia akan tetapi untuk jumlah penduduk di Provinsi Papua masih minim atau kecil, misalnya saja untukdi  Kabupaten Supiori jumlah penduduknya paling minim di Indonesia yaitu 19.182 Jiwa.
 

Provinsi Papua Memiliki Tambang Emas Freeport


Perusahaan Freeport memang tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia terutama Provinsi Papua, Perusahaan Freeport yang beroprasi aktif sampai saat ini ada di Provinsi Papua yang konon Freeport menjadi perusahaan emas terbesar ke-2 di Dunia.
 

Provinsi Papua Memiliki Puncak Tertinggi di Indonesia


Puncak paling tinggi di Indonesia ada di Provinsi Papua dengan nama “Puncak Carstensz” puncak ini salju abadi karena disebabkan ketinggiannya. Jika kamu berminat mengunjungi Puncak paling tinggi di Indonesia silahkan bisa datang di provinsi ini.
 

Provinsi Papua Memiliki Taman Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara


Taman menjadi salah satu simbul masyarakat untuk bisa berinterkasi dengan sesama. Dan kamupun harus tahu bahawa di Provinsi Papua memiliki taman yang begitu luas, bahkan taman di daerah ini menjadi taman terbesar di Asia Tenggara. Adapun nama Taman di Provinsi Papua adalah Taman Nasional Lorentz
 

Ibukota Provinsi Papua Telah Bergantinama Sebanyak 4 Kali


Ibukota Papua pada saat ini adalah Kota Jayapura, di Kota ini sendiri menurut catatan sejarah telah berganti nama sebanyak 4 kali, dinatarnya adalah Kotabaru, Hollandia, Numbai, dan nama Soekarnopura.
 

Provinsi Papua adalah Dua Gabungan Wilayah


Pulau Papua sebelumnya dilakukan pemekaran atau otonomi daerah yang terbagi menjadi 3, yakni Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Tangah, dan Provinsi Papua Timur. Akan tetapi karena kekurangsipan pada akhirnya untuk Provinsi PapuaTangah dan Provinsi Papua Timur disatukan menjadi Provinsi Papua.
 

Provinsi Papua Memiliki Obat Tradsional yang Mujarab


Obat tradisional di Provinsi Papua sangatlah banyak, hal ini lantaran hampir sebagian wilayanya masih hutan. Salah satu obat tradisional yang sungguh dikenal sampai saat ini adalah “Sarang Semut dan Buah Merah” yang ada di Provinsi Papua, yang dipercapai obat ini bisa menyebuhkan berbagai macam penyakit, seperti HIV/AIDS sekalipun.
 

Provinsi Papua Memiliki Fauna yang Endemik


Fauna di Provinsi Papua yang hanya di wilayah ini misalnya saja adalah Burung Cendrawasih, Kanguru, dan juga Burung Kasuari. Burung dan hewan ini menjadi hewan yang langka dan dilindungi oleh Pemerintah Indonesia.
 

Provinsi Papua Sebagian Wilayah Rawan Gempa


Sebagian wilayah di Provinsi Papua ada yang rawan gempa, milsanya adalah wilayah di bagian utara dan timur Provinsi Papua yang dikenal rawan gempa.
 

Univeritas dan Sekolah Tinggi di Provinsi Papua


Provinsi Papua dengan jumlah wilayah yang begitu luas memiliki Lembaga Pendidikan, diantarnya untuk lembaga pendidikan yang terkenal di Provinsi Papua ini adalah Universitas Cenderawasih serta Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Provinsi Papua. Semoga dengan adanya Fakta-Fakta mengenai Provinsi Papua ini bisa menjadi wawasan dan pengethuan bagi segenap pembaca yang saat ini mencari informasi seputar daerah. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Papua Barat dan 7 FAKTA Yang Harus Kamu Baca!
  2. 12 Kabupaten di Papua Barat dan Ibukotanya [LANGKAP]
  3. Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!
  4. Pulau Anambas dan [4] Tempat Wisata yang Harus Kamu Ketahui!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Provinsi Papua dan 14 Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar