3+ DAERAH Yang Tidak Rawan Gempa Bumi di Indonesia

Daerah Yang Tidak Rawan Bencana Gempa Bumi di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Gempa Bumi menjadi salah satu bencana yang paling ditakuti oleh masyarakat di dunia, termasuk masyarakat yang ada di Indonesia. Hampir semua wilayah yang ada di Indonesia ini rawan akan gempa bumi, akan tetapi untuk wilayah-wilayah yang tidak rawan terhap gempa bumi di Indonesia ini menurut para pakar, salah satunya adalah Dr.Badrul Mustapa Kemal dari Universitas Andalas adalah sebagai berikut;
Baca: Fakta-Fakta Pulau Sumatra

Wilayah Yang Tidak Rawan Bencana Gempa Bumi


Berikut setidaknya beberapa daerah-daerah di Indonesia yang tidak rawan terhadap bencana gempa bumi, yakni;

Kalimantan

Kalimantan memiliki wilayah yang tidak rawan dengan Gempa Bumi, wilayah di Kalimantan pada dasarnya adalah wilayah yang tergolong aman meskipun beitu untuk di daerah yang ada di Pulau Kalimantan sendiri sampai saat ini ada beberapa bencana yang sulit dihaindari, misalnya adalah bencana kebakaran hutan.

Pulau Kalimantan selain itu juga punya wilayah Kabupaten Terbaru di Indonesia sekaligus kabupaten termuda, yakni Provinsi Kaliamntan Utara (Kaltara). Dengan fakta-faktanya yang memililiki sisi postif dan negatif.

Belitung

Provinsi selanjutnya yang dikatakan tidak rawan dengan bencana gempa bumi adalah Provinsi Bangka Belitung, Provinsi ini adalah salah satu wilayah yang ada di Pulau Sumatra. Untuk wilayah di Bangka Belitung hal yang unik lainnya tidak berbatasan dengan negara lain atau negara luar yang bukan Indonesia.

Provinsi Kepulaun Riau

Wilayah selanjutnya yang tidak rawan terhadap gempa bumi adalah Provinsi Kepulaua Riau, hampir tidak pernah didengar wilayah ini mengalami bencana gempa bumi. Dan bisa dikatakan aman dari bencana gempa bumi.

Provinsi Kepulauan Riau adalah Provinsi yang memiliki wilayah atau daerah yang terkenal di Indonesia misalnya Kota Batam yang menjadi pusat perbelanjaan dan juga pusat perdagangan terbesar karena lokasi dekat dengan Negara Singapura.

Daerah daerah yang disebutkan di atas mengepa tergolong sebagai wilayah yang aman dari Bencana Gempa Bumi karena wilayah tersebut jauh dari pertemuan dua lempeng tektonik antara Benua Australia dan Benua Asia.

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Yang Tidak Rawan Gempa Bumi di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang ada di Wilayah Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ DAERAH Yang Tidak Rawan Gempa Bumi di Indonesia"

Posting Komentar