Tawangmangu [Karanganyar- Jawa Tengah] 15 Wisata dan Fakta Unik Lainnya

Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah


FaktaDaerah.Com- Tawangmangu merupakan salah satu nama kecamatan di Kabupaten Karanganyar, letaknya tepat berada dikaki Gunung Lawu yang memiliki ketinggian puncak mencapai 3.265 mdpl. Letaknya yang berada tepat di kaki Gunung Lawu pasti sudah dapat kita gambarkan bagaimana mempesonanya daerah ini, suasana sejuk disertai kabut yang menyelimuti udara bebas dan dipenuhi akan pepohonan alam sekitar.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Lokasi Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar


Jika melihat segi lokasi dari Kecamatan Tawangmangu sendiri yang berada di kaki gunung sudah dapat dipastikan apa mata pencaharian dan bagaimana mengenai masalah kesehatan penduduknya. Untuk mata pencaharian warga masyarakatnya yakni dengan bertani atau bercocok tanam dan mengenai masalah kesehatan, masyarakat didaerah ini memiliki angka yang relatif rendah untuk pasien dengan gangguan saluran pernafasan.
Dan jika kalian berniat untuk berkunjung ke daerah ini dipastikan anda akan dimanjakan dengan hamparan tanah pertanian dan perkebunan yang mempesona dengan udara yang sejuk sepanjang jalan. Dari hasil pertanian dan perkebunan penduduk sekitar sudah dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk daerah Tawangmangu sendiri dan sekitarnya bahkan banyak pula hasil panen para petani daerah ini juga dikirim ke beberapa kota lainnya.

Tawangmangu Memiliki Hasil Pertanian yang Beranekaragam


Produk panen yang dihasilkan didaerah tidak hanya berupa bahan-bahan pokok saja, dan berikut ini merupakan produk unggulan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Tawangmangu; Strowberi Tawangmangu, Bawang Putih Pancot, Kentang Karanglo, Ketela Ungu Karanglo, Wortel Tawangmang, Wortel Blumbang, Cabe Bandardawung, Salak Lawu dan aneka produk lainnya.

Kalian berminat untuk membawa oleh-oleh seperti diatas untuk keluarga tercinta? Dan buat kalian kawula muda yang berminat untuk menikmati keindahan alam Tawangmangu, mari berkunjung ke Tawangmangu.

Tawangmangu Menjadi Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar


Tawangmangu juga merupakan salah satu fokus wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Karanganyar, biasanya wisata alam-lah yang menjadi pentolan didaerah ini. Tidak heran karena sumber daya alam yang memadahi dan bahkan bisa dikatakan melimpah ini membuat pemerintah daerah Kota Karanganyar dan masyarakat Tawangmangu sendiri berupaya untuk meningkatkan potensi daerahnya dengan sebaik-baiknya yakni dengan penciptaan tempat-tempat wisata yang berkualitas.

Dari upaya-upaya yang dilakukan, tujuan utamanya yakni untuk memupuk rasa cinta masyarakat terhadap apa yang telah mereka miliki dan juga dapat dikembangkan atau diolah kembali guna meningkatkan perekonomian daerah. Berikut ini adalah nama-nama tempat wisata yang berada di Tawangmangu yang dapat anda masukan kedalam daftar tempat-tempat yang akan anda kunjungi saat liburan mendatang :

Tempat-Tempat Wisata di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar


Berikut inilah beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi jika berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar;

Air Terjun “Grojogan Sewu”


“Grojokan Sewu” merupakan satu dari banyak tempat wisata yang berada di Tawangmangu dan memiliki daya tarik yang cukup besar bagi para wisatawan. Pada tahun 2009, objek wisata yang memiliki jumlah terbanyak dikunjungan adalah air terjun “Grojokan Sewu” yakni dengan angka 285.974 (50,78%) orang dari 563.218 orang jumlah pengunjung total yang datang keseluruh objek wisata yang berada di Karanganyar.

Ketinggian air terjun ini mencapai 80 meter dan untuk sampai menikmati keindahan air terjun ini para wisatawan harus menuruni anak tangga yang jumlahnya mencapai 1.000 anak tangga, meski begitu jangan takut, semua perjuangan anda akan terbayar dengan keindahan yang dimiliki oleh air terjun ini. Jadi, tidak ada salahnya anda berkunjung.

Air Terjun “Grojogan Pringgondani”


Grojogan ini terletak di Kelurahan Blumbang Kecamatan Tawangmangu, masyarakat setempat menjuluki air terjun ini dengan nama Pringgodani. Untuk masalah keindahan sendiri, grojokan ini tak kalah mempesonanya dari “Grojogan Sewu” yaitu grojokan ini memiliki ketinggian hampir 100 meter, jauh. Grojokan Pringgodani belum terkenal luas dikalangan wisatawan luar karena kurang mendukungnya akses menuju lokasi, jadi buat kalian penyuka wisata ekstrim “Grojogan Pringgondani” ini bisa dijadikan tujuan wisatamu selanjutnya.

Air Terjun “Grojogan Telaga Gondang”


Grojogan Telaga Gondang juga merupakan destinasi wisata di Tawangmangu, grojogan ini memiliki ketinggian sekitar 25 m, dan letaknya masih berada disekitar arena Grojogan Pringgondani, Kelurahan Blumbang dan untuk keasliannya sendiri masih sangat terjaga.

Air Terjun “Grojogan Telaga Mulya”


Satu lagi air terjun yang berada dikawasan wisata Tawangmangu ini yakni air terjun “Grojogan Telaga Mulya”, letaknya masih berada di Kelurahan Blumbang hanya saja grojogan ini berada di lembah curam dan memiliki nuansa yang mistis.

Bumi Perkemahan Kalisoro - Sekipan


Bumi perkemahan ini menyajikan untuk anda pemandangan hutan alam yang penuh dengan tanaman pinus dan anggrek liar. Dulu bumi perkemahan ini dijadikan tempat rekreasi dan berburu oleh raja-raja dan diusia sekarang ini Bumi Perkemahan Kalisoro-Sekipan ini dijadikan wahana wisata yang menawarkan banyak pesona seperti arena permainan flying fox, permainan basah dan kering, arena menjelajah bahkan spot foto buat kawula muda, juga disediakan hlo disini! Jadi tunggu apa lagi?

Cemoro Kandang di Tawangmangu


Cemoro Kandang adalah salah satu jalur pendakian resmi dengan tujuan utamanya puncak Gunung Lawu. Di arena ini banyak ditemukan warung-warung yang menjual makanan dan suasana, makanya Cemoro Kandang lebih akrab sebagai base camp para pendaki dan juga sebagai wahana wisata. Buat kalian para pendaki dan yang ingin tahu bagaimana pesona Cemoro Kandang dengan warung-warungnya yang tak hanya menjual makanan tapi juga suasana, monggo berkunjung ke Tawangmangu.

Taman Ria Balekambang di Tawangmangu


Taman Ria Balekambang merupakan arena rekreasi untuk keluarga yang letaknya berdekatan dengan air terjun “Grojokan Sewu”. Didalamnya disediakan banyak sarana untuk segala usai seperti; miniature dunia, kolam renang,permainan untuk anak-anak dan wahana maen lainnya.

Taman Semar di Tawangmangu


Taman ini layaknya sama seperti taman yang berada di taman kota, hal yang menarik dari taman ini adalah adanya patung semar yang dijadikan ikon taman ini. Ikon patung semar ini merupakan sebuah pertanda bahwa kawasan Tawangmangu ini adalah kawasan sejuk dataran tinggi Lawu.

Sendang Cumpleng di Kecamatan Tawangmangu


Sendang dalam Bahasa Jawa artinya adalah “kolam untuk mandi”. Sendang Cumpleng ini satu-satunya wahana wisata air hangat alami yang berada di Tawangmangu, tepatnya berada di jalur tembus Tawangmangu – Astana Mangadeg (Matesih). Warga setempat, mempercayai bahwa air hangat alami yang berasal dari “Sendang Cumpleng” memiliki khasiat untuk penyembuhan penyakit kulit.

Kebudayaan Masyarakat Kecamatan Tawangmangu


Meskipun merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh pengunjung, baik lokal (khususnya luar kota) maupun mancanegara untuk kebudayaan daerah yang dimiliki dan dianut oleh masyarakat Tawangmangu sendiri tidak mengalami perubahan dan pengaruh, semuanya masih terjaga keaslian. Seperti warga Dusun Pancot yang masih menerapkan tradisi besih desanya atau dikenal dengan tradisi Mandasiyo, kesenian tradisional di dusun ini juga tetap terlestarikan seperti adanya seni karawitan, pertunjukkan reog dan seni.

Bahasa di Tawangmangu [Karanganyar- Jawa Tengah] 


Dan untuk bidang bahasa sendiri, penduduk Tawangmangu masih menggunakan dialek Karanganyar begitu pula dengan permainan tradisional di daerah ini masih terjaga meski untuk saat ini minat dari anak-anak mulai berkurang, permainan yang sering dimainkan seperti Permainan Gobagsodor.

Keadaan Perekonomian Tawangmangu [Karanganyar- Jawa Tengah] 

Keanekaragaman potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Tawangmangu ini, jelas tentu mempengaruhi bagaimana keadaan perekonomian daerah baik tingkat kecamatan dan kota. Untuk tingkat kecamatan sendiri yang meliputi kondisi perekonomian warga Tawangmangu yakni berada dalam perekonomian yang mencukupi meski masih membutuhkan peningkatan agar tercipnya masyarakat yang sejahtera. 

Dan dilihat dari ketersediaan sumber daya alam yang melimpah diharapkan peningkatan ekonomi harus terealisasikan di masa mendatang. Perekonomian yang mencukupi ini didasarkan pada mata pencaharian penduduknya yakni bertani sebagai mata pencaharian utama, warung makan, pertokoan, home industri, pembuatan kerajinan tangan, perhotelan maupun penginapan dan banyak lagi.
Inilah Fakta dan tempat wisata Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar sebagai kawasan wisata dan ini semua merupakan nikmat Tuhan yang dikaruniakan untuk kita semua, umat manusia. Oleh karena itu tugas kita semua adalah menjaga dan merawat dengan sungguh-sungguh hingga akhirnya menikmati. Penulis dalam artikel ini adalah Alam Maya Silalahi. Semoga beramnfaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 3 TEMPAT Wisata Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Membelah Gunung Lawu!
  2. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.
  3. Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan Potensi serta [6] Tempat Wisata yang Harus Kamu Baca!
  4. 9 Tempat Wisata di Kebumen [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tawangmangu [Karanganyar- Jawa Tengah] 15 Wisata dan Fakta Unik Lainnya"

Posting Komentar