Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah] dan 5 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!

Kota Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah


FaktaDaerah.Com- Ambarawa merupakan salah satu kota yang berada di Kabupaten Semarang, perlu kalian  ketahui, potensi sumber daya alam di Ambarawa menunjang kelangsungn hidup masyarakatnya, dan juga menunjang potensi mengenai fakta wisata di daerah sekitarnya. Banyak sekali obyek wisata yang ada di daerah Kota Ambarawa, baik itu wisata alam, maupun wisata keluarga bahkan wisata sejarah dan wisata religi pun terdapat di Kota Ambarawa.

Tempat Wisata di Ambarawa, Kabupaten Semarang


Beberapa dari objek wisata itu yaitu Monumen Palagan dan Museum Isdiman, Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA), Museum Kereta Api, Kampung Rawa, Desa Wisata Bejalen/Kampung Pelangi, dan lainnya.
 

Monumen Palagan dan Museum Isdiman di Ambarawa

Monumen yang terletak di Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa ini didirikan sebagai simbol mengenang pertempuran Ambarawa yang terjadi pada 12 Desember–15 Desember 1945 di Ambarawa. Monumen Palagan Ambarawa ini didirikan pada tahun 1973 dan diresmikan pada 15 Desember 1974 oleh Presiden Soeharto.

Di dalam monumen palagan Ambarawa ini terdapat gerbong kereta api yang pernah digunakan pada jaman dahulu, serta terdapat beberapa jenis kendaraan zaman Belanda yang masih di pajang di sana. Selain itu di Monumen Palagan Ambarawa juga terdapat tempat bermain untuk anak – anak, seperti ayunan, dan jembatan besi gantung. Kondisi Monumen Palagan Ambarawa begitu terawat, dengan berbagai tumbuhan hijau tumbuh di sana, dan juga tersedia bangku – bangku untuk beristirahat.
 
Di dalam Monumen Palagan Ambarawa terdapat Museum Letkol Isdiman. Museum ini didirikan untuk mengenang meninggalnya Letkol Isdiman, yang diberondong senapan ketikat peristiwa Pertempuran Ambarawa. Ketika masuk ke museum ini, kita akan langsung di sambut dengan patung Letkol Isdiman. Didalam museum ini terdapat seragam pertempuran, beberapa senapan, dan beberapa maket wilayah tertentu. Di museum ini terdapat fasilitas mushola dan tempat wudlu.
 

Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) di Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah]


Nama Gua Maria Kerep Ambarawa sudah pasti tidak asing bagi umat Katolik Keuskupan Semarang. Lokasinya cukup strategis, karena dekat dengan jalan utama dan mudah di jangkau, selain itu untuk menuju GMKA pun sudah diberi tanda penunjuk. GMKA beralamat di Jl. Tentara Pelajar, RW 09, Kerep, Panjang, Ambarawa.

Ketika kita sampai di lokasi Gua Maria Kerep Ambarawa ini  kita langsung disambut dengan suasana segar nan hiaju, sebab di Gua Maria Kerep Ambarawa ini terdapat banyak sekali tumbuhan hijau. Tidak hanya suasana yang segar, di sana kita juga ditemani dengan kicau-kicau burung yang merdu dan gemricik air dari kolam – kolamnya yang menambah suasan damai di sana.

Di kolam – kolam itu terdapat ikan – ikan yang hidup di dalamnya seperti ikan Nila. Tak jauh dari GMKA atau tepatnya di depan GMKA terdapat berbagai penjual souvenir khas GMKA, souvenir – souvenr ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan pastinya tidak menguras kantong anda. Perlu kalian ketahui, di Gua Maria Kerep Ambarawa terdapat Patung Bunda Maria yang diberi nama Maria Asssumpta, selain itu patung ini diklaim sebagai patung Bunda Maria tertinggi di dunia.
 

Desa Wisata Bejalen/Kampung Pelangi di Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah]


Desa Wisata Bejalen atau yang lebih populer disebut sebagai Kampung Pelangi merupakan objek wisata yang terbilang masih baru di daerah Ambarawa. Desa ini di belah oleh sebuah Sungai, yaitu Sungai Panjang.  Desa yang berada di kiri-kanan Sungai Panjang ini dicat warna-warni seperti pelangi.

Beberapa minggu setelah pembukaan pun objek wisata ini sudah viral di media sosial. Kampung Pelangi ini berlokasi di Pojoksari, Bejalen. Selain itu Desa Wisata Bejalen ini juga berdekatan dengan Rawa Pening, Rawa Pening sendiri merupakan salah satu danau di daerah Ambarawa yang permukaan airnya di penuhi enceng gondok.
 
Ketika kalian mendatangi Desa Wisata Bejalen ini maka mata anda akan terpesona dengan keindahan warna –warnanya dan juga terpesona akan keindahan gambar – gambarnya. Tempat ini biasanya menjadi tempat “hunfot” atau hunting foto oleh remaja – remaja di daerah Ambarawa dan sekitarnya. Memang tempat ini bagus dan nyaman, selain itu warga – warganya pun ramah , selain itu tempat ini juga dijadika sebagai tempat melakukan foto Buku Tahunan Sekolah(BTS) oleh beberapa sekolah yang ada di daerah Ambarawa.
 

Benteng Pendem Ambarawa


 
Benteng Fort Willem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa adalah bangunan bersejarah yang berada di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Benteng yang dibangun pada tahun 1834 dan selesai 1845, ini berada dekat dengan Museum Kereta Api, atau di belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ambarawa, dan berada di kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambarawa.

Menggunakan istilah pendem atau pendhem (bahasa Jawa) karena benteng ini berada di bawah tanah atau terkubur, sebagai siasat perang. Untuk menjangkau situs sejarah ini ada dua jalan masuk, pertama dapat melewati jalan alternatif dekat dengan RSUD Ambarawa. Dan yang ke-dua melewati pintu masuk ke Lapas Ambarawa, dan dan dari situ bangunan benteng terletak disebelah kirinya. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia sendiri, benteng ini tercatat pernah menjadi tempat pertahanan terakhir bagi tentara Sekutu saat digempur oleh pasukan Tentara Sekutu saat digempur oleh Pasukan Tentara Keamanan Rakyat pimpinan Kolonel Soedirman di tahun 1945.
 

Museum Kereta Api Ambarawa


 
Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu museumkereta yang ada di Indonesia, didalamnya terdapat banyak sekali lokomotif zaman dahulu. Museum ini terletak di Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614. Museum ini didirikan pada 6 Oktober 1976. 

Museum ini buka pada pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00. perlu kalian ketahui museum ini pernah dipugar beberapa waktu yanglalu. Pemugaran ini berupa penataan kembali letak lokomotif, pembuatan lorong/tembok sebagai pagar, pembersihan lokomotif-lokomotif, dan masih banyak lagi. Di dalam museum ini kalian dapat menikmati taman – tamannya yang ada, di sana juga terdapat gerbong kereta yang digunakan sebagai perpustakaan. Di museum ini kalian juga dapat menyewa/menaiki lokomotif khusus untuk  wisatawan, dengan jalur Ambarawa-Bedono-Tuntang-Ambarawa. Biaya sewa lokomotif reguler seharga Rp 50.000/orang. Di halaman depan museum ini terdapat tulisan I LOVE AMBARAWA. Museum ini bisa menjadi objek foto yang tepat bagi anda para fotografer.
 
Itulah beberapa potensi wisata yang ada di daerah Ambarawa yang dapat kalian kunjungi jika kalian ke Ambarawa. Memang tidak banyak tempat wisata, namun jika kalian mendatangi tempat tempat yang saya tulis di atas kalian bisa mendapat kesan tersendiri.

Demikinlah tulisan mengenai Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah] dan 5 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba! yang ditulis dengan judul asli "Pesona Wisata Kota Ambarawa" adapun penulis artikel ini adalah Dhita Pratama Putra. Semoga beranafaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  4. Kabupaten Tegal [Jawa Tengah] dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah] dan 5 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!"

Posting Komentar