Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Brebes adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah, lahir pada tanggal 18 Januari 1678 dengan ibukota di Kecamatan Brebes dan kini dipimpin oleh seorang ibu cantik bernama Hj. Idza Priyanti A.Md., S.E. yang lahir di Kota Tegal, Jawa Tengah pada tanggal 09 Januari 1971 dan merupakan Bupati Brebes ke-31.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah


Brebes memiliki banyak sekali fakta-fakta menarik yang seringnya diabaikan oleh orang-orang, bahkan orang Brebesnya sekalipun. Berikut ini fakta-fakta menarik tentang Brebes yang telah saya rangkum.
 

Kabupaten Brebes Adalah Salah Satu Kabupaten Yang Kurang atau Tidak Terkenal


Brebes termasuk jalur pantura yang menjadi jalan utama saat mudik di Indonesia terjadi, tapi tidak banyak pemudik yang tahu bahwa selama mudik mereka melewati sebuah kabupaten bernama Brebes. Nama Brebes sendiri baru terkenal setelah tragedi Brexit atau Brebes Exit.
 
Tragedi Brexit terjadi awal Juli di tahun 2016 saat mudik lebaran Idul Fitri. Kemacetan parah cenderung horor terjadi pada simpang jalan usai gerbang keluar tol di Brebes Timur dan dirasakan hingga ke wilayah Cirebon, Jawa Barat.

Secara data statistik, kemacetan mengular dan hampir tak bergerak sepanjang 34km. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 17 orang meninggal dunia akibat kemacetan parah tersebut karena mengalami stress dan kelelahan. Dan semenjak saat itulah nama Brebes mulai dikenal di kalangan pemudik.
 

Kabupaten Brebes Memiliki Jumlah Penduduk Terbanyak


Dengan luas wilayah 1.902,37km2, Brebes memiliki penduduk kurang lebih 1,7 juta jiwa. Jumlah ini merupakan jumlah penduduk kabupaten paling banyak yang ada di Provinsi Jawa Tengah.
 

Kabupaten Brebes Pada Faktanya Terpisah oleh Kota Lain


Brebes terbagi menjadi dua, Brebes Utara dan Brebes Selatan. Di antara kedua tempat ini ada Kota Tegal yang memisahkan. Meski di dalam peta tidak begitu terlihat, namun apabila ada warga Brebes Selatan yang ingin ke Brebes Utara maka ia harus melewati Tegal terlebih dulu sebelum sampai di Brebes Kota. Begitupun sebaliknya, jika ada warga Brebes Utara yang ingin main ke Brebes Selatan maka ia harus melewati Kota Tegal.
 

Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah Memiliki Dua Bahasa Daerah


Brebes berada di ujung utara paling barat Provinsi Jawa Tengah sehingga bersinggungan langsung dengan Jawa Barat. Hal ini menyebabkan beberapa kecamatan di Brebes – terutama yang berada di Brebes Selatan dan Barat Daya – ada yang menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa daerah meski wilayah mereka ada di Jawa Tengah, seperti contohnya: Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Salem, Kecamatan Ketanggungan, dan Kecamatan Banjarharjo.
 
Bahasa sunda ini dikenal dengan Bahasa Sunda Brebes yang dapat dikenali dari intonasi dan beberapa kosakata yang berbeda dengan bahasa Sunda standar. Meski demikian, warga yang menggunakan bahasa Sunda biasanya paham dengan orang-orang yang berbincang menggunakan bahasa Jawa atau ngapak karena ada beberapa kecamatan di Brebes yang menggunakan kedua bahasa tersebut, seperti di Kecamatan Bumiayu, Kecamatan Kersana, dan Kecamatan Losari.
 

Kabupaten Brebes adaah Penghasil Bawang Merah Terbesar


Hampir 50% penghasil bawang merah Indonesia berasal dari Kabupaten Brebes. Dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes, 11 di antaranya adalah penghasil utama bawang merah.
 

Telur Asin dan Brebes


Selain terkenal akan bawang merahnya, Brebes juga tak bisa lepas dari telur asin. Setiap orang yang mengunjungi Brebes tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi telur asin, bahkan telur asin seakan menjadi oleh-oleh wajib yang harus dibawa setelah berkunjung dari Brebes.

Keunikan telur asin Brebes yaitu tidak amis dan banyak rasanya, bukan hanya telur asin biasa tapi ada macam-macamnya, seperti telur asin bakar, telur asin asap original, telur asin asap bawang, dan telur asin panggang. Hampir seluruh warga Brebes memang menguasai cara pembuatan telur asin yang berkualitas, memiliki takaran yang pas, dan lezat.

Selain cara pembuatan, hal yang harus diperhatikan adalah kualitas telur. Biasanya orang Brebes menggunakan telur bebek pangon, yakni bebek yang tidak hanya tinggal di kandang, tapi juga digiring ke sawah untuk diangon.
 

Kabupaten Brebes Tempat Pondok Pesantren Terbesar di Jawa Tengah


Meski pendidikan Kabupaten Brebes termasuk rendah – bahkan mendapat peringkat 3 dari bawah untuk wilayah Jawa Tengah, akan tetapi di Brebes inilah terdapat pondok pesantren terbesar di Jawa Tengah, yaitu Pondok Pesantren al-Hikmah 2 yang pada tahun 2016 memiliki kurang lebih 3000 santri dari berbagai pelosok Indonesia. Pondok Pesantren al-Hikmah 2 berada di Desa Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes bagian selatan dan sudah berdiri sejak tahun 1911.
 

Kabupaten Brebes Tidak Ada Bioskop


Karena wilayah Kabupaten Brebes masih termasuk Desa, maka sangat sulit sekali menemukan Mall di sini, bahkan hanya ada 2 Mall besar di Brebes yang berada di Ketanggungan. Untuk menemukan Mall saja begitu sulitnya, apalagi menemukan bioskop yang tidak ada sama sekali di seluruh pelosok Brebes. Dulu pernah ada bioskop di Kecamatan Bumiayu, namanya Bioskop Sena, tapi bangkrut karena kebakaran dan kini telah beralih fungsi menjadi Sekolah Menengah Kejuruan.
 

Kabupaten Brebes Memiliki Banyak Tempat Wisata yang Tersembunyi


Pengin refreshing ke Curug (air terjun)? Pantai? Atau mau berendam di air panas? Semuanya ada di Brebes, tapi tidak terlalu terkenal. Kebanyakan dari tempat wisata tersebut berada di tempat terpencil, jalan menuju tempat itu pun cukup susah, tapi hal itu sepadan dengan pemandangan luar biasa yang didapatkan. Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Brebes, khususnya Brebes Selatan: Waduk Penjalin (Kecamatan Paguyangan), Curug Putri (Kecamatan Sirampog), Kebun Teh Kaligua (Kecamatan Paguyangan), Cipanas Pakujati (Kecamatan Bumiayu), Cipanas Buaran (Kecamatan Bantarkawung), Pantai Randusanga (Desa Randusanga), Candi Pangkuan (Kecamatan Paguyangan), dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
 
Itulah beberapa fakta dari Kabupaten Brebes yang tidak semua orang tahu karena–harus diakui Brebes memang masih termasuk wilayah Indonesia yang tidak terlalu menarik perhatian. Adapun tulisan mengenai Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca! ini ditulis oleh Silvi Nihlatin Naila dengan judul asli dalam tulisannya adalah “Fakta Yang Hampir Terlupakan Dari Kabupaten Brebes” semoga bermanfaat jangan lupa baca juga tulisan Fakta Daerah lainnya;
  1. Fakta Desa Cibingbin [Kuningan] Provinsi Jawa Barat yang Harus Kamu Baca!.
  2. Tempat Wisata Alam Kabupaten Sukabumi-Jawa Barat
  3. Wisata dan Kesenian [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Ketahui!
  4. Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan [7] Fakta Festival Pesta Budaya Tabuik yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

  1. terima kasih atas infonya.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. thx for your information..

    BalasHapus
  3. brebes memang sederhana tapi luar biasa

    BalasHapus
  4. wahh ternyata pesantren terbesar ada di brebes yah..
    bagus gaak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, ada ralat. pondok pesantren terbesarnya yaitu pondok pesantren al-Hikmah, itu angka duanya dicoret. hehe.. :)
      al-Hikmah ada dua, yaitu al-Hikmah 2 dan al-Hikmah 1, dan dua-duanya bagus ko', keduanya memiliki positif dan negatifnya masing-masing.

      Hapus
  5. ALHAMDULILLAH PAGUYANGAN TERBANYAK
    AKU BANGGA JADI ANAK PAGUYANGAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. oh ya? Paguyangannya di sebelah mana?
      Saya punya kawan juga dari Paguyangan.

      Hapus
  6. tempat-tempat wisata tersembunyinya kyanya menarik tuh, baru tahu aku klo Brebes ternyata punya tempat wisata sebanyak itu.. jadi penasaran, jadi pengin wisata kesitu. Kpan2 lah klo aku lgi main ke brebes insyaallah bkal mampir kesitu,siapa tahu tempat wisatanya bagus2. Sekalian mampir kerumah saudara , kebetulan saudaraku ada yang tinggal di Brebes. Thanks infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya silakan jelajahi Brebes, Insyaallah nggak akan menyesal. Hanya saja, jalan menuju tempat-tempat wisata itu agak sulit karena banyak yang berada di pedesaan..

      Hapus