Kabupaten Wonosobo [Jawa Tengah] dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Wonosobo adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, kabupaten ini memiliki berbagai hal yang sangat menarik untuk dikethui oleh pembaca. Apa saja yang menjadi hal menarik tersebut?, berikut ini adalah beberapa fakta mengenai Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Fakta Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.


Setidknya ada 6 hal yang mnejadi menarik ketika berbicara tentang Wonosobo, yaitu;
 

Wonosobo Menjadi Tempat Refreshing Dari Penatnya Pekerjaan


Berdasarkan Climate-Data.Org rata-rata suhu tahunan di Wonosobo adalah 22,3 0C dengan curah hujan rata-rata adalah 3572 mm/tahun. Kondisi iklim yang sejuk dan tingkat curah hujan yang tinggi ini menjadikan kota ini memberikan penyegaran baru untuk otak yang telah dipenuhi dengan penatnya deadline pekerjaan dan tuntutan target kerjaan kantor. Kalau ditanya bulan apa yang cocok untuk datang ke Wonosobo.

Jawabannya adalah setiap bulan dalam satu tahun akan terasa sama saja. Mengapa? Karena bulan – bulan kering juga memiliki intensitas hujannya sendiri. Untuk teman-teman yang rindu dan punya kenangan dengan hujan kota ini cocok untuk menyatukan kenangan-kenangan masa lalu.
 

Liburan Di Atas Awan Hanya ada di Wonosobo


Dieng- Siapa yang tak kenal dan belum pernah mendengar nama daerah ini. Untuk beberapa orang luar kota malahan lebih familiar Dieng daripada Wonosobonya sendiri. Dieng menyediakan paket lengkap liburan.
 
Diantaranya, mulai dari Golden Sunrise Sikunir yaitu Sebuah kemegahan ciptaanNya yang benar tak bisa untuk tidak disyukuri. Sebagai wujud syukur yang mendalam layaklah kota di atas awan. Ada lagi wisata lainnya di Kabupaten ini yaitu Hiking di Gunung Prau, Bukit Pakuwojo, dan juga Dieng Plateau.
 

Kabupaten Wonosobo Bisa Dibilang Kabuaten Titisan Budaya


Alasan hal ini diungkapkan karena di Kabupaten Wonosobo banyak terdapat kebudayaan, kebudayaan yang lekat dengan kehidupan masyarakat. Antara lain misalnya saja Tari Lengger, Kesenian Bundengan, Tari Emblek (Kuda Lumping), dan lain sebagainya.
 

Kabupaten Wonosobo; Gimbal bukanya gembel


Jika kalian seorang hairstylish ataupun pencinta mode. Sebagai kamus dan refrensi bentuk rambut baru, penduduk Dieng punya bentuk rambut yang berbeda. Biasa disebunya gimbal. Namun khusus warga Dieng fenomena rambut gimbal ini menjadi suatu sugesti baru bahwa dimana semakin banyak rambut gimbal masayarakat akan menjadi lebih sejahtera.

Kabupaten Wonosobo; Tentang Kopi dan Carica


Kopi Wonosobo yang sekarang ini mulai terkenal dan lagi banyak digandrungi adalah kopi Bowongso. Jika kalian datang ke Wonosobo cari kecamatan Kalikajar, tanya orang untuk mengantarkan kalian ke daerah Bowongso. Di sana akan kalian temukan dimana proses pengolahan biji kopi oleh petani secara langsung.
 
Carica, yang biasa dijadikan manisan carica; tumbuhan satu genus dengan pepaya ini menjadi buah olahan sebagai oleh-oleh dari Kabupaten Wonosobo.
 

Kentang di Wonosobo-Jawa Tengah Melimpah Ruah


Bagi yang pernah berkunjung ke Dieng akan terlihat fenomena hamparan punggungan dan lembah yang vegetasi dominannya adalah tumbuhan kentang. Di Dieng sangat banyak sekali kentang, jika kalian berminat untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang satu karung maupun dua karung tidak susah untuk dapat. Namun dengan adanya kentang ini angka erosi di Dieng menjadi tinggi, erosi percik karena hujan dengan tanpa vegetasi tutupan serta run off yang besar karena sistem penanaman kentang yang memotong kontur menjadi alasan yang tinggi perlunya pengevaluasian ini.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Wonosobo [Jawa Tengah] dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!. Adapun penulis dalam artikel ini sendiri adalah Ryan Prihantoro dengan judul asli dalam tulisannnya “6 Fakta Menarik Wonosobo yang Perlu Diketahui”. Semoga dapat bermanfaat, bagi setiap pembaca. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah] dan 5 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!
  4. Kabupaten Tegal [Jawa Tengah] dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Wonosobo [Jawa Tengah] dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar