4+ Batas Wilayah Provinsi DKI Jakarta

Batas Wilayah DKI Jakarta

Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi dimana pusat pemerintahan Negara Indonesia. Di provinsi inilah semua kegiatan pemerintahan negara berpusat. Untuk menambah wawasan mengenai wilayah dan batas wilayah Provinsi DKI Jakarta, berikut ulasannya.

DKI Jakarta


DKI Jakarta adalah ibu kota Negara Indonesia yang berada di Pulau Jawa. Jakarta merupakan kota tua yang pernah berganti nama, mulai dari Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Selain sebagai pusat pemerintahan, wilayah Provinsi DKI Jakarta juga sarat akan nilai sejarah Indonesia.

Nilai historisnya yang tinggi membuat Jakarta memiliki kawasan kota yang penuh nilai sejarah yang lebih dikenal dengan kawasan Kota Tua Jakarta. Di kawasan inilah terdapat deretan gedung dan jalan dengan arsitektur bergaya Belanda.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta merupakan kota terpadat di Asia Tenggara dan menempati urutan kedua kota terpadat di dunia. Meski begitu, banyak permasalahan, seperti pengangguran, kawasan kumuh, hingga banjir yang perlu ditangani.

Sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki ikon yang membuat Indonesia dikenal mancanegara, yaitu Tugu Monas.

Di Monas inilah terdapat museum yang menyajikan perkembangan sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga kemerdekaan Indonesia. Tak hanya Tugu Monas saja yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di Jakarta, wisata lain, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol, dan Kebun Binatang Ragunan juga menjadi wisata populer Jakarta.

Bagi pecinta kuliner, Jakarta menawarkan kuliner khas yang patut untuk dicoba. Beberapa kuliner khas Jakarta yang populer, seperti kerak telor, soto Betawi, ketoprak, dan roti buaya.

Batas Wilayah DKI Jakarta

Untuk menambah wawasan mengenai wilayah Jakarta, berikut batas wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Barat
Berbatasan dengan Provinsi Banten
Timur
Berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat
Utara
Berbatasan dengan Laut Jawa
Selatan
Berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat

Wilayah DKI Jakarta

Provinsi DKI Jakarta terdiri dari 5 kota administrasi dan 1 kabupaten. Kota administrasi yang ada di Provinsi DKI Jakarta, meliputi Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. Sedangkan untuk kabupaten di DKI Jakarta yaitu Kabupaten Kepulauan Seribu.

Nah, itulah batas wilayah Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan Negara Indonesia sebelum IKN jadi atau Ibu Kota Negara Indonesia yang ada di Kalimantan. Semoga dapat menambah wawasan geografi Jakarta ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi DKI Jakarta"

Posting Komentar