7+ Daerah Penghasil Kelapa Sawit di Indonesia Yang Mendunia


Daerah Penghasil Kelapa Sawit di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kelapa Sawit merupakan salah satu jenis tanaman potensial yang terus dikebangkan di Indonesia, Kelapa Sawit ini banyak diproduksi untuk oembuatan minyak goreng yang saat ini diperjual belikan. Pada dasarnya Indonesia sebagai negara agraris memiliki potensi yang bedar dalam pengembangkan pertanian kelapa sawit disehingga kedepan tanaman ini bisa mengusai pasar-pasar dunia. Sebagai penjelasan lebih lengkapnya berikut ini akan di utarakan mengenai daftar daerah penghasil kelapa sawit di Indonesia.
Baca Juga: 11 Daerah Penghasil Kedelai di Indonesia Yang Terbesar Lengkap

Tanaman Kelapa Sawit


Tanaman kelapa sawit yang ada di Indonesia pada dasarnya memang jumlahanya ribuah hektar, perkebunan kelapa sawit ini sangatlah cocok jika dikebangkan di wilayah-wilayah tropis, khususnya di Indonesia dan Malaysia. Adapun berbegai masalah tanaman kelapa sawit di Indonesia salah satunya adalah soal harga yang dinilai kurang stabil, meskipun demiikian penting untuk diketahui pembaca mengenai daerah atau wilayah mana saja yang menjadi penghasil kelapa sawit.

Daerah Penghasil Kelapa Sawit


Berikut inilah daftar daerah dengan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia;

Provinsi Riau

Riau memang menjadi salah satu Provinsi di Pulau Sumatra yang menjadi daerah dengan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, setiap tahunnya kelapa sawit di provinsi ini memang terus bertambah, bahkan setiap tahun wilayah Riau selalu terjadi kebakaran yang banyak disebabkan karena adanya pembahakan hutan karena perluasan lahan perkebunan kelapa sawit.

Provinsi Sumatra Utara

Provinsi yang menjadi penghasil tanaman kelapa sawit yang terbesar ke-2 di Indonesia masih berada di Pulau Sumtra, tepatnya berada di Sumut (Sumatra Utara) yang ibukotanya berada di Kota Medan. Luas perkebunan kelapa sawit di Sumatra Utara mencapai 700 Ratus hektar pada tahun 2012.

Provinsi Sumatra Selatan

Sumsel yang terkenal salah satu hasil pertaniannya adalah kelapa sawit, provinsi ini menjadi daerah dengan penghasil kelapa sawit terbesar ke-3 di Indonesia, wilayah-wilayah dengan penghasil perebunan kelapa sawit di Sumsel khususnya berada di Kabupaten OKI, OKU, dan Kabupaten Lahat.

Kalimantan Tangah

Provinsi dengan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia yang selajutnya di bahas berada di Pulau Kalimantan, yakni Provinsi Kalimantan Tengah. Daerah-daerah di Kalimantan memang sangat dekat dengan Negara Malaysia hal inilah barangkali menjadi alasan mengenai banyaknya kelapa sawit di wilayah Kaliamntan Tengah.

Provinsi KALBAR (Kalimantan Barat)

Daerah dengan penghasil tanaman kelapa sawit selajutnya adalah di Kalimantan Barat, yang Ibukotanya berada di Pontianak. Daerah Kalbar memang memiliki postensi perkebunan kelapa sawit yang tinggi, salah satu penyebabnya karena wilayah ini berbatasan dengan Negara Malayisia.

Provinsi Sumatra Barat

Sumber juga menjadi daerah dengan perkebunan kelapa sawit yang besar, khususnya daerah perkebunan kelapa sawit di Sumber terdapat di wilayah-wilayah pedesaan.

Sulawesi

Pulau Sulawesi memang menjadi salah satu pulau yang banyak juga memiliki tanaman kelapa sawit, meskipun demikian untuk jumlah dan juga luas lahannya masih kalah dengan provinsi yang ada di Sumatra dan Kaliamantan.

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Penghasil Kelapa Sawit di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini dapatmemberikan wawasan dan informasi bagi pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Tanaman Kelapa Sawit”. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Daerah Penghasil Kelapa Sawit di Indonesia Yang Mendunia"

Posting Komentar