10+ FAKTA Provinsi Kalimantan Barat yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia

FaktaDaerah.Com- Kalimantan Barat adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang mempunyai luas sekitar 146.807 atau sekitar 7,53% dari luas seluruh Negara Indonesia. Provinsi ini ibukotanya adalah Kota Pontianak yang merupakan salah satu Kota yang terkenal dengan tugu dan sungainya. Adapun untuk mengenai tentang Provinsi Kalbar (Kalimantan Barat) pada kesempatan ini akan membagikan tentang Fakta-Fakta menarik tentang Provinsi Kalimantan Barat.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta-Fakta Provinsi Kalimantan Barat


Berikut adalah sejumlah fakta-faktanya, diantaranya adalah sebagai berikut;
 

Provinsi Kalimantan Barat Menjadi Provinsi Terluas Ke-4 di Indonesia


Luas Provinsi Kalimantan Barat memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan secara data statistik luas Provinsi ini menjadi urutan ke empat di Indonesia dengan jumlah penduduk kepadatan penduduk sebanyak 36.43 Jiwa/Km.
 

Kalimantan Barat Pernah Beralih pada Zona Waktu di Indonesia


Fakta menarik lainnya mengenai Kalimantan Barat adalah tentang perpindahan zona waktu yang terjadi pada Tanggal 1 Januari 1988. Provinsi ini bersama dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelumnya masuk pada zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan kemudian Kalimantan Barat beralih menjadi zona Waktu Indonesia Barat (WIB).
 

Kalimantan Barat Memiliki Sungai Terpanjang di Indonesia


Soal atau materi tentang sungai terbesar di Indonesia seringkali kita mendengarnya, Nah, harus kalian akui bahwa Sungai Kapuas inilah ternyata menjadi sungai terpanjang di Indonesia membentang sepanjang provinsi ini.
 

Kalimantan Barat Memiliki Tugu Katulistiwa


Kalimantan Barat pada faktanya memang terdapat Tugu Katulistiwa yang mana tugu yang menjdi salah satu sebutan di Indonesia yakni Negara Katulistiwa ini berada di Kota Pontianak. Hal inilah setidaknya menyababkan banyak warga negara asing yang mengunjungi tugu ini.
 

Kalimantan Barat Memiliki Kampus Negri Terkemuka


Kampus Negri di Kalimantan Barat yang terkenal di Indonesia adalah Univeritas Tanjungpura, Universitas ini banyak memiliki kelebihan diantarnya adalah terdapat Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin dengan kualitas yang baik.
 

Kalimantan Barat Berbatasan Langsung Dengan Negara Malaysia


Salah satu Provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain, selain Provinsi Papua dan Provinsi Kepulauan Riau adalah Provinsi Kalimantan Barat yang ternyata wilayah ini langsung bersebelahan dengan Serawak Malaysia (Negara Malaysia).
 

Kalimantan Barat Memiliki Perayaan Imlek yang Dikenal Oleh Dunia


Salah satu wilayah yang merayakan Imlek dan dikenal di dunia ini adalah Wilayah yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, khususnya berada di Kota Singkawang, bahkan karena saking meriahnya Kota ini seringakli dijuluki sebagai kota amoy.
 

Kalimantan Barat Disebuat Juga Provinsi Seribu Sungai


Kalimantan Barat memang dikenal banyak memiliki sungai-sungai kecil yang tentuaja provinsi ini mempunyai nama lain sebagai Provinsi Seribu Sungai. Akan tetapi untuk sungai-sungai tersebut yang menjadi sungai terpanjang adalah Sungai Kapuas.
 

Kalimantan Barat Memiiki Pusat Tambang Emas


Sebagai pengenalan mengenai Potensi SDA (Sumber Daya Alam) di Kalimantan Barat adalah tentang Tambang Emas yang pada abad 19 sampai dengan abad ke-20 daerah di Kalimantan Barat terkenal dengan Tambang Emas yang berkulitas. Khususnya Tambang Emas ini berada di wilayah Monterado, Kab Bengkayang.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta KALBAR (Kalimantan Barat) yang harus pembaca semua ketahui. Semoga dengan adanya fakta-fakta wilayah ini bisa membuka wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan Fakta Kalimantan lainnya;
  1. Pasar di Banjarmasin [Kalimantan Selatan] yang Harus Kamu Ketahui!
  2. Kalimantan Tengah dan 6 Fakta Betang Tumbang Gagu yang Harus Kamu Baca!
  3. Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  4. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ FAKTA Provinsi Kalimantan Barat yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar