10+ Fakta Provinsi Riau Yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Riau, Indonesia


FaktaKampus.Com- Provinsi Riau adalah salah satu Provinsi yang sangat menarik untuk dibahas, provinsi ini sampai saat ini memiiki tempat wisata, makanan khas, dan juga potensi SDA dan SDM yang luar biasanya. Adapun untuk mengenai lebih dalam mengenai Riau berikut adalah sejumlah fakta yang dapat kamu baca.
Baca Juga: Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!

 

Fakta-Fakta Riau


Fakta-fakta Provinsi Riau diantarnya adalah sebagai berikut;
 

Provinsi Riau Memiliki Jembatan Terpanjang di Indonesia


Indonesia memang banyak memiliki sungai, dari Sabang sampai Meroke wilayah Indonesia pasti memiliki sungai. Adapun untuk jembaran atau kontruksi jembatan terpanjang sampai saat ini di Indonesia ada di Provinsi Riau, adapun nama jembatan tersebut adalah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau dikenal juga oleh masyarakat dengan Jembatan Siak yang panjangnya mencapai 1.196 M.
 

Provinsi Riau Memiliki Sungai Terdalam di Indonesia


Selain memiliki Jambatan terpanjang, di Provinsi Riau juga memiliki sungai terdalam di Indonesia sungai ini masih tetap berada di Provinsi Siak yang panjangnya mencapai 30 Meter akan tetapi akibat pendangkalan sungai ini saat ini memiiki panang 18 M.
 

Provinsi Riau Menjadi Provinsi Terkaya di Indonesia


Menelisik lebih dalam mengenai Provinsi Riau, ada sejumlah fakta yang menarik. Diantarnya fakta mengenai potensi sumber daya alamnya. Yang sampai saat ini Provinsi Riau menjadi Provinsi Terkaya di Indonesia yang dihasilkan dari Kekayaan Minyak Bumi, Pertanian, dan lain sebaginya.
 

Jembatan di Provinsi Riau Memiliki Restoran


Mengunjungi daerah di Provinsi Riau khususnya di Jembatan yang Terpanjang dan terdalam di Indonesia tentusaja menjadi kenangan indah yang tidak bisa dilupakan, apalagi di jembatan ini ada restoran yang menyediakan makanan khas dan makanan internasional.
 

Provinsi Riau Memiliki Ombak Bernama Bono


Ombak di Provinsi Riau yang hanya ada di wilayah ini adalah gelombang atau Ombak Bono yang hanya ada di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.
 

Provinsi Riau Memiliki 65 Anggota DPR di Indonesia


Riau sebagai Provinsi Terkaya di Indonesia dan kaya akan SDA ternya juga memiliki SDM yang mumpuni, salahsatu bukti nyata dari Provinsi Riau yang memiliki SDM berkualitas adalah berhasilnya Anggota Dewan yang menjadi DPR dengan Partai Pemanang adalah Paratai Golkar.
 

Provinsi Riau Memiliki Candi Muara Takus


Provinsi Riau ini pada dasarnya memiliki tempat wisata yang potensial untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata di Candi Muara Tikus yang menjadi peninggalan dari Kekuasaan Sriwijaya. Lokasi candi ini berada di Kabupaten Kampar.
 

Provinsi Riau Memiliki Istana


Sejak Kemerdekaan dan sebelum Kemerdekaan Indonesia. Provinsi Riau memiliki sejumlah peninggalan sejarah, salah satunya adalah Kesultanan Siak Sri Indrapura. Yang dibangun pada Tahun 1889. Istana di Provinsi Riau ini juga dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Matahari Timur yang berpaduan antara bangunan Arab, Melayu, dan Eropa.
 

Gubernur Pertama di Provinsi Riau Dilantik pada Tahun 1958


Penting dan perlu untuk dipahami bahwasanya untuk Gubernur pertama di Provinsi Riau adalah Mr. S.M. Amin yang dilakukan pelantikan pada Tanggal 5 Maret 1958 bertempat di Tanjung Pinang. Dan pada saat ini Gubernur di Provinsi Riau adalah Bapak Arsyadjuliandi Rachman.
 

Ibukota Provinsi Riau adalah Kota Pekanbaru


Untuk fakta selanjutnya yang bisa menjadi bahan pembelajaran adalah mengenai Tempat Ibukota Provinsi Riau yang saat ini bertempat di Kota Pekanbaru. Baca: Fakta-Fakta Menarik Kota Pekanbaru
 
Demikianlah tulisan mengenai Fakta Provinsi Riau yang harus kamu baca. Semoga dengan adanya ulasan fakta-fakta provinsi di Indonesia ini bisa membuat kita paham dengan segala bentuk potensi dan sejarah yang dimiliki setiap wilayah. Adapun Fakta-Fakta Daerah di Provinsi Riau bisa kamu baca ada halaman berikutnya;
  1. Kabupaten Meranti dan Fakta Sagu Yang Harus Kamu Pahami!
  2. 10+ Fakta Kepulauan Riau (Kepri) yang Harus Kamu Baca!
  3. 7 [FAKTA] Provinsi Jambi yang Penting Untuk Diketahui!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Fakta Provinsi Riau Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar