24+ FAKTA Sumatra Utara Yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Sumatra Utara


FaktaDaerah.Com- Sumatera Utara adalah salah satu Provinsi besar yang ada di Indonesia, provinsi ini berada atau bersebelahan dengan Provinsi Aceh. Sumatera Utara yang beribukota di Kota Medan pada dasarnya menjadi salah satu wilayah yang memiliki fakta menarik sekaligu unik.
Baca Juga: 22 Fakta Pulau Sumatra yang Jarang Diketahui!

Fakta-Fakta Sumatera Utara


Sebagai gembaran lengkap mengenai Sumatera Utara, berikut inilah sejumlah fakta yang semestinya kamu baca.
 
Kota Medan Menjadi Kota Terluas Ke-2 di Indonesia
 
Fakta menarik yan pertama adalah tentang Ibukota Provinsi Sumatera Utara, yakni Kota Medan. Kota ini pada kenyataannya menjadi kota terluas ke dua di Indonesia setelah kota Surabaya yang ada di Provinsi Jawa Timur.
 
Kota Medan di Sumatera Utara Awalnya adalah Kampung
 
Perlu diketahui bahwa pada fakta yang kedua mengenai Sejarah Provinsi Sumatera Utara beribukota di Medan. Pada awalnya, Kota Medan ini hanya kampung yang berpenduduk 200 orang dan dipimpin oleh Tuanku Pulau Berayan yang dibangun tahun 1590. Dan sampai sekarang Kota Medan adalah kota terbesar di Sumatera.
 
Peninggalan Bersejarah di Sumatera Utara
 
Selanjutnya adalah fakta mengenai Sumatera Utara, yang dilihat dari peninggalan sejarah. Dimana untuk peninggalan sejarah yang ada di kota medan ini ada  yang terkenal, yakni;
 
Istana Maimun Istana Maimun
 
Istana Maimun Istana Maimun ini dibangun pada tahun 1888 Bangunan ini merupakan peninggalan Sultan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.lstana Maimun memiliki gaya arsitektur khas perpaduan antara gaya Eropa dan Persia.
 
Situs Padang Lawas
 
Situs Padang Lawas meliputi tiga kecamata di Kabupaten Padang Lawas. Diperkirakan bangunan bersejarah ini sudah ada sejak 11 M. Situs Padang Lawas menunjukkan bahwa konon di daerah tersebut berdiri Kerajaan Pannai.
 
Fakta Suku Bangsa dan Rumah Adat Sumatera Utara
 
Suku Bangsa dan Rumah Adat Di Sumatera Utara terdapat beberapa suku asli Batak, yaitu Melayu, Karo, Simalungun, Tapanuli atau Toba, Mandailing, Pakpak dan Nias. Rumah adat suku batak disebut rumah bolon atau sopo godang.
 
Fakta Alat Musik Sumatera Utara
 
Alat Musik Khas Sumatera Utara salah satunya adalah Musik Batak dinamakan gondang batak. Dimainkan dengan beberapa alat musik, yaitu beberapa jenis gong, hesek (bentuk mini dad simbal), gondang (gendang), sarune (serunai), sulim (seruling), dan hasapi (kecapi).
 
Fakta Kain Tradisional Sumatera Utara
 
Kain Tradisional Kain tradisional Batak dinamakan ulos. Ulos selalu digunakan dalam setiap upacara adat. Ulos pun ada beberapa jenis, diantaranya ragi hotang (raja ulos), ragi ambacang, dan sadum.
 
Tarian Tradisional Sumatera Utara
 
Tarian Tradisional Tortor adalah tarian tradisional Batak yang biasanya ditampilkan pada pesta-pesta rakyat dan upacara adat. Selain tortor, ada tad serampang duabelas yang biasanya ditarikan oleh masyarakat suku Melayu di daerah Sumatera Timur.
 
Keindahan Alam Yang ada di Sumatera Utara
 
Fakta selanjutnya mengenai keindahan alam yang ada di Provinsi ini, diataranya adalah sebagai berikut;
 
Berastagi
 
Berastagi, nama daerah di Kabupaten Karo yang terkenal sebagai penghasil buah dan sayuran. Diapit oleh dua gunung berapi, yaitu Gunung Sibayak dan Sinabung.
 
Danau Toba
 
Danau Toba Danau Toba adalah Danau terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Panjang danau ini mencapai 100 km. Di tengah danau terdapat Pulau Samosir yang juga menjadi tujuan wisata.
 
Gunung Sinabung
 
Gunung Sinabung merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara. Gunung Sinabung pernah meletus pada tahun 1600 dan 2010. Pada kondisi normal, dibuka sebagai tempat wisata alam petualangan dan pendakian.
 
Fakta Flora dan Fauna Sumatera Utara
 
Flora dan Fauna Khas Sumatera Utara Bunga Patma (Rafflesia patma) Rafflesia atau bunga padma bisa ditemukan di lereng Gunung Sorik Marapi. Diameter bunga saat mekar bisa mencapai satu meter. Bunga ini tergolong langka, dan masih diteliti oleh Herbarium Bogoriense, Bogor.
 
Kantong Semar (Nephentes sp)
 
Kantong semar merupakan tumbuhan yang unik dan dilindungi. Daunnya berbentuk kantong yang berisi cairan untuk mencerna hewan renik.
 
Harimau Sumatera (Phantera tigris sumatrae)
 
Harimau sumatera termasuk jenis hewan yang dilindungi karena terancam punah. Harimau Sumatera diburu untuk diambil kulitnya.
 
Tapir (Tapirus indicus)
 
Tapir disebut juga "malayan." Hewan unik ini berwarna hitam dan putih dengan hidung yang panjang mirip babi. Pemerintah menetapkan status terancam punah untuk hewan ini.
 
Sumatra Utara Memiliki Kota Cina
 
Hal yang menjadi bahasan mengenai Sumatera Utara Situs Kota Cina Baru-baru ini Balai Arkeologi Medan menemukan ribuan bukti sejarah peninggalan Cina dari abad 11— 15. Hal ini membuktikan bahwa pada abad itu Sumatera Timur memiliki hubungan dagang dengan Cina. 
 
Sumatera Utara Memiliki Rumah Pengasingan Bung Karno
 
Rumah Pengasingan Bung Karno terletak di Lau Gumba, Berastagi. Rumah ini dibangun pada tahun 1870 oleh kolonial Belanda. Soekarno ditahan bersama dua sahabatnya di rumah ini selama 12 hari mulai 22 Desember 1948.
 
Sumatra Utara Memiliki Tujuh Bandara
 
Fakta yang membuat bangga mengenai Provinsi Sumatra Utara adalah tentang fasilitasnya yang sampai saat ini Sumatra Utara ini memiliki Tujuh Bandara yang sangat terkenal baik di Daerah Sumatra Utara ataupun di Provinsi lainnya.
 
Sumatra Utara Menjadi Penghasil Sawit Terbesar Ke-2 di Indonesia
 
Untuk potensi alamnya yang ada di Sumatra Utara ini sangatlah banyak, diantarnya hasil pertanian yang terkenal di Sumatra Utara adalah sawit yang mana sawit ini menjadi hasil pertanian terbesar ke dua di Indonesia setelah Provinsi Riau.
 
Sumtara Utara Memiliki Perusahaan Terbesar di ASEAN
 
Nah, fakta yang membuatmu bangga sekaligus menduani di Sumatra Utara adalah tetang perusahaannya yang mana salah satu perusahaan yang terknal dan terbesar di ASEAN adalah PT Inalum yang mana perusahaan ini bergerak di bidang penambangan bijih dan pelebutan aluminium.
 
Provinsi Sumtara Utara Minim dengan Pantai
 
Perlu dan penting setidaknya untuk dipahami bagi pembaca. Bahwasanya untuk wilayah-wilayah yang ada di Sumtara Utara ini adalah daerah yang menim dengan pantai, meskipun begitu untuk wisatanya tak kalah meneraik, salah satunya adalah danau toba.
 
Demikianlah tulisan mengenai Fakta Sumtara Utara yang mungkin dengan fakta-fakta ini kalian bisa menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan. Adapun jika ingin mengetahuai fakta-fakta daerah di Sumtara Utara lainnya silahkan bisa baca tulisan di bawah ini. Trimakasih;
  1. Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Kota Binjai [Sumatra Utara] dan 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  3. Tanjung Balai [Sumatera Utara] dan 4 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!
  4. Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "24+ FAKTA Sumatra Utara Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar