11+ DAERAH Penghasil Kedelai di Indonesia Yang Terbesar Lengkap

Daerah Penghasil Kedelai di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kedelai adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia, bahkan dari tanaman kedelai Indonesia mampu menciptakan pruduk-produk yang berkulitas, seperti Kecap dan juga produk olahan Tempe. Adapun dalam tulisan ini perlu dan penting diketahui oleh pembaca mengenai daerah-daerah penghasil kedelai yang terbesar di Indonesia.
Baca Juga: 7 Daerah Penghasil Lada Terbesar di Indonesia dan Terkenal di Dunia Lengkap

Daerah Penghasil Kedelai


Ada beberapa wilayah di Indonesia ini yang memiliki jumlah ratusan hektar tanaman kedelai, dengan olahan yang beranekargam jenisnya. Produk olahan kedelai di Indonesia biasanya mampu di ekposr ke pasar-pasar internasional.

Daftar Daerah Penghasil Kedelai Terbesar di Indonesia


Berikut adalah sejumlah daerah dengan penghasilan tanaman kedelai yang jumlahnya besar;
  1. Provinsi Jawa Timur, wilayah di Jawa khususnya di Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu jenis tanaman kedelai yang banyak ditemukan. Wilayah di Jawa Timur untuk tenaman kedelainya memeng dikenal memiliki kualitas yang tinggi.
  2. Jawa Tengah. Daerah di Jateng mememiliki tanaman kedelai dengan jumlah yang tinggi, khususnya tanaman kedelain di Jawa Tengah berada di Kabupaten Pati.
  3. Nusa Tenggara Barat (NTB). Provisni di luar Pulau Jawa yang banyak menghasilkan tanaman kedelai adalah NTB yang hampir wilayahnya memiliki beberapa tanaman kedelai yang berkulitas tinggi.
  4. Provinsi Aceh. Aceh juga memiliki tanaman kedelai yang menjadi salah satu wilayah unggulah, khususnya kedelai di Indonesia
  5. Yogjakarta, wilayah di Pulau Jawa yang mengahislkan kedelai adalah DI Yogjakarta dengan jumlah tanamannya mencapai 31,666 Ha
  6. Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah di Pulau Sulawesi dengan penghasil kedelain terbanyak di adalah di Sulsel.
  7. Provinsi Lampung. Lampung juga menjadi wilayah di Pulau Sumatra dengan penghasil kedelai terbanyak ke-2.
  8. Provisi Banten
  9. Sumatra Utara
  10. Provinsi Bali
  11. Provinsi Riau

11 daerah-daerah di Indonesia dengan penghasil tanaman kedelai di atas pada umumnya atau mayoritas berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Hal ini lantaran produksen atau pengelolaan tanaman kedelain masih banyak di 2 pulau tersebut, meskipun di wilayah lain tanaman kedelai masih terus dikembangkan.

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Penghasil Kedelai di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca yang sedang mencarai daerah dengan penghasil kedelai tertinggi. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ DAERAH Penghasil Kedelai di Indonesia Yang Terbesar Lengkap"

Posting Komentar