8 Daerah Penghasil Tembakau Terbesar di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Tembakau


FaktaDaerah.Com- Tanaman Tembakau adalah jenis tanaman yang banyak ditemukan dan juga dipergunakan oleh masyarakat Indonesia dan dunia, tanaman ini bahkan seringkali kita temukan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kita menemukan orang yang merokok dengan bahan dasarnya adalah “Tembakau”. Adapun penting untuk diketahui bahwa daerah-daerah penghasil tanaman tembakau di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Pulau Meroke.
Baca Juga: 12 Daerah Penghasil Cengkeh di Indonsia

Tembakau Indonesia


Dalam data yang dihimpun dari Asosiasi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Tahun 2010, luas area lahan tembakau yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia secara keseluruhan adalah 157.418 hektare dengan produksi tembakau mampu mencapai mencapai 160.943 mt. Wilaya-wilayah dengan penghasil tembakau terbesar di Indonesia adalah sebagai berikut;

Daerah Penghasil Tembakau di Indonesia


Berikut inilah beberapa daerah dengan penghasil temkau di Indonesia, antara lain;
  1. Provinsi Sumatera Utara
  2. Provinsi Riau
  3. Provinsi Lampung
  4. Provinsi Banten
  5. Provinsi Jawa Tengah
  6. Provinsi Jawa Timur
  7. Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur)
  8. Provinsi Sulawesi Barat

Wilayah dengan penghasil Tanaman Tembakau di Indonesia lebih banyak terdapat di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa, meskipun ada di wilayah Sulawesi dan NTT akan tetapi untuk jumlahnya secara kuantitas masih sangat kalah dibandingkan dengan daerah-daerah di Sumatra dan Jawa.

Penghasil Temkau di Indonesia banyak dipergunakan untuk bahan dasar pembuatan Rokok di Jawa Timur, yang salah satu daerahnya di Jawa Timur yakni Kabupaten Kudus dikenal sebagai Daerah Kretek yang artinya adalah Industri Pembuatan Rokok terbesar yang ada di Indonesia.

Demikianlah setidaknya tulisan mengenai Daerah Penghasil Tembakau Terbesar di Indonesia. Semoga dengan adanya potensi pertanian yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini semakin dikenal dan juga semakin dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Semoga dapat beramnfaat. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Daerah Penghasil Tembakau Terbesar di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar