10 Daerah Penghasil Pasir Besi di Indonesia dan Manfaatnya

Pasir besi menjadi salah satu komponen penting yang dihasilkan dari serangkaian penambangan. Hal ini tak lain karena menjadi salah satu ciri dari SDA (Sumber Daya Alam) yang tidak dapat diperbaharui sehingga diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian serta menerapkan konsep pembangunan berkelanjutkan agar tidak habis dikemudian hari.

Meskipun langka, untuk di Negara Indonesia ternyata ada beberap daerah yang menghasilkan pasir besi ini. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan membagikannya.

Pasir Besi


Pasir besi dalam kajian ilmu kimia memiliki lambang Fe yang dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, alat-alat kesehatan, serta keperluan lainnya. Warna yang dimiliki dari pasir besi ini didominasi dengan warna coklat kehitaman, meskipun tak jarang untuk di daerah lain juga ada yang berwarna kelabu tua, ungu tua, hingga merah karat.

Daerah Penghasil Pasir Besi


Berikut ini adalah beberapa wilayah yang menjadi penghasil biji besi di Indonesia, menurut Provinsinya. Antara lain sebagai berikut;

Kabupaten Cilacap di Provinsi Jawa Tengah

Cilacap merupakan salah satu daerah penghasil biji besi terbesar di Indonesia. Wilayah yang berada dalam pemerintahan Jawa Tengah ini telah mengekploitasi biji besi sejak tahun 2008 terutama berada di Kecamatan Binangun yang berada di sekitaran pesisir Pantai Selatan Jawa.

Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten

Dahulu wilayah Pandeglang berada dalam Pusat Pemeriantahan Jawa Berat. Akan tetapi untuk saat ini pada faktanya berada di Banten. Hal ini tidak lain karena daerah ini melakukan desentralisasi perwilayahannya sendiri.

Daerah lain yang menjadi penghasil biji besi di nusantara, antara lain;

  1. Kabupaten Cilegon, Provinsi Banten
  2. Daerah Pulau Suwang, Provinsi Kalimantan Selatan 
  3. Daerah Longkana, Provinsi Sulawesi Tengah
  4. Daerah Peg. Verbeek, Provinsi Sulawesi Tengah
  5. Daerah Lengkabana, Provinsi Sulawesi Selatan 
  6. Daerah Gunung tegak, Provinsi Sulawesi Tengah
  7. Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan
  8. Pulau Demawan, Kalimantan Selatan. 

Daeri sejumlah daerah-daerah tersebut tentusaja dapat disimpulkan bahwa biji besi tersebar di setiap Pulau yang ada di Indonesia. Adapun untuk pemaksimalannya yang diproduksi secara besar-besaran masih berada di Pulau Jawa.

Manfaat Pasir Besi

Untuk beberapa manfaat dan kegunaan pasir besi, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Keperluan Rumah Tangga, misalnya untuk pembuatan memasak sate
  2. Keperluan Pertukangan, misalnya saja untuk pembuatan martil
  3. Kepeluan Industri, misalnya saja untuk pembuatan alat-alat pertanian
  4. Dan lain sebagainya

Demikianlah penjelasan lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan daerah-daerah penghasil biji besi di Indonesia dan manfaatnya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan edukasi yang lengkap kepada pembaca sekalian. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Daerah Penghasil Pasir Besi di Indonesia dan Manfaatnya"

Posting Komentar