10+ FAKTA Provinsi Banten Yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Banten, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Provinsi Banten dahulu merupakan wilayah Kesultanan Banten. Kesultanan Banten 1 yang pernah berjaya pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa 1 yakni pada tahun 1631 sampai dengan tahun 1692). Pada masa itu, Kesultanan Banten merupakan kerajaan Islam yang diperhitungkan oleh pihak Belanda. Selain hal tersebut banyak fakta yang menarik mengenai Provinsi ini.
 

Fakta Provinsi Banten, Indonesia


Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai Provinsi Banten;
 

Keraton Surosowan Adalah Bangunan Bersejarah di Banten


Keraton Surosowan berdiri pada tahun 1520-an, pada zaman Kesultanan Banten. Keunikan keraton ini adalah terdapatnya  pemandian Bale Kambang Roro Denok. Di  pemandian ini terdapat enam keran air yang  menghubungkan sistem penyaringan air dari  luar keraton ke dalam pemandian, dengan sebutan Pancuran Emas.
 

Masjid Agung Banten Kejayaan Agama Islam di Banten


Masjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama Kesultanan Banten pada tahun 1552 sampai dengan tahun 1570). Beliau  adalah putra dari Sunan Gunung Jati, seorang  ulama terkenal dari Kerajaan Demak.
 

Gubernur Wanita Pertama di Indonesia adalah Provinsi Banten


Gubernur atau pemimpin wilayah pertama kali disuatu Provinsi di Indonesia yang berjenis kelamin perempuan adalah Provinsi Banten. Provinsi ini memiliki pada faktnya di Pimpin Gubernur wanita, meskipun kemuadian gubernur perempuan ini tersandung kasus korupsi. Beliau adalah Ibu Ratu Atut Chosiyah.
 

Baprik Sepatu Terbanyak di Provinsi Banten


Pabrik sepatu yang paling banyak di Indonesia ternyata adalah Tangerang, Provinsi Banten. Di wilayah ini banyak terdapat pabrik sepatu, khas Indonesia ataupun pabrik sepatu merek Internasional.
 

Banten Menjadi Provinsi Pada Tahun 2000


Provinsi paling muda di Pulau Jawa ternyata adalah Provinsi Banten, provinsi ini dahulunya masuk ke Provinsi Jawa Barat. Baru pada 18 November 2000 diresmikan menjadi provinsi yang berdiri sendiri.
 

Flora dan Fauna Khas Banten Flora khas Banten


Ada beberapa flora dan fauna khas Provinsi Banten di antaranya Kokoleceran (Vatica bantamensis) yang menjadi flora maskot provinsi, asem ranji (Dialium lndum L.), dan jambu air cingcalo gondrong (Eugenia sp.) Sementara itu, fauna maskot Provinsi Banten adalah badak jawa atau badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) yang keberadaannya sudah sangat langka. Fauna khas lainnya adalah kerbau gerem (Bubalus sp.).
 

Kota Serang Adalah Ibu Kota Provinsi Banten


Provinsi Banten memang memiliki beberapa daerah yang maju, misalnya untuk daerah Kota Tanggerang. Akan tetapi penting dan perlu setidaknya diperjelas bahwasanya Ibu Kota Provinsi Banten adalah Kota Serang.
 

Provinsi Banten Memilki Suku Pedalaman yang Unik


Salah satu suku pedalaman yang ada di Indonesia, bahkan di Pulau Jawa adalah Suku Baduy yang sampai saat ini Suku ini menjadi ciri khas keunikan masyarakat Indonesia.
 

Untirta Pendidikan Negri di Provinsi Banten


Kampus yang berstatus Negri di Provinsi Banten adalah Untirta (Universitas Sulan Angeng Tirtaya). Univeritas ini adalah Universitas terbaik di Provinsi Banten.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta Provinsi Banten yang bisa kamu pahami dan kamu baca. Semoga dengan adanya fakta-fakta ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi masyarakat yang ada di Provinsi Banten atau yang akan berkunjung di wilayah ini. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kota Tangerang [Banten] dan 9 FAKTA Menarik Yang Harus Kamu Baca!
  2. Desa Talagahiang [Cipanas- Lebak] Provinsi Banten dan 5 Fakta Unik Yang Harus Kamu Baca!
  3. Kecamatan Ciputat Timur [Kota Tanggerang Selatan] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ FAKTA Provinsi Banten Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar