Kabupaten Cilacap [Jawa Tengah] 3 Fakta dan Potensi Energi yang Harus Kamu Ketahui!

Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten dengan wilayah terluas di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Cilacap berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat dan berada di Pantai Selatan Pulau Jawa.
Baca Juga: Desa Caruy [Cipari-Cilacap] dan Fakta Perternakan yang Ada!

Fakta Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah


Setidaknya ada beberapa hal mengenai Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini. Dinatarnya adalah sebagai berikut;

Nusakambangan adalah Ikon Terkenal dari Cilacap


Salah satu ikon terkenal dari Cilacap adalah Nusakambangan. Hampir semua orang pernah di Indonesia ini tentusaja mendengar tentang Pulau Nusakambangan. Akan tetapi sebenarnya apa hal luar biasa yang belum kamu ketahui tentang Cilacap. Yakni sebagai lentera bumi pertiwi, khususnya di Bidang Energi.

Kabupaten Cilacap Memiliki 3 Buah Pembangkit Listrik Tenaga Uap


Mari kita simak bersama-sama. Kabupaten Cilacap merupakan satu-satunya yang memiliki 3 buah Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Pulau Jawa. Ya, 3 buah sekaligus. 3 buah PLTU itu yakni PLTU Karangkandri, PLTU Adipala, dan PLTU S2P Cilacap. PLTU Karangkandri menghasilkan listrik sebesar 6000 Mega Watt. PLTU Adipala menghasilkan listrik sebesar 700 Mega Watt. Terbaru yaitu PLTU S2P Cilacap yang dapat menghasilkan listrik sebesar 1000 Mega Watt.
Total keseluruhan listrik yang dihasilkan oleh Kabupaten Cilacap sebesar 7700 Mega Watt. Luar biasa bukan? Bandingkan saja dengan lampu yang kita gunakan untuk belajar hanya berkapasitas 5 Watt. Pada 2016, jumlah kebutuhan listrik Jawa-Bali sekitar 30 ribu Mega Watt. Artinya, 25 % atau seperempat kebutuhan listrik Jawa-Bali ditopang oleh sebuah wilayah bernama Kabupaten Cilacap.
Dapat dibayangkan betapa kacaunya kondisi ekonomi di Pulau Jawa dan Bali jika terjadi masalah pada PLTU Cilacap. Cilacap merupakan kota industri yang jarang dipandang di layar kaca. Namun sesungguhnya Cilacap memiliki potensi energi yang luar biasa bagi bumi pertiwi. Selain ketiga pembangkit listrik yang ada di Cilacap tentu tidak banyak dari kita yang tahu bahwa Cilacap memiliki harta karun lain bagi masa depan bangsa Indonesia.

Pantai di Kabupaten Cilacap dapat Dimaksimalkan Sebagai PLTU


Cilacap memiliki pantai dengan rata-rata gelombang tertinggi di Indonesia, yakni 3-6 meter. Besar energi yang dapat dihasilkan dari gelombang laut PLTU di Cilacap. Gelombang di Pantai Cilacap. tersebut sekitar 80 Kilo Watt per meter. Luar biasa bukan? Ini merupakan karunia tak ternilai bagi Kabupaten Cilacap yang berada di bagian selatan Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.
Saat ini pemanfaatan energi gelombang terus dikembangkan di Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Semoga kelak di masa yang akan datang generasi penerus bangsa ini dapat senantiasa berinovasi dan berkarya untuk bumi pertiwi. Sekarang kita bersyukur memiliki banyak sumber daya batubara sebagai bahan bakar utama Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Namun, di masa yang akan datang sumber daya tersebut akan habis dan menimbulkan pencemaran serta polusi udara.

Kini saatnya generasi kita mulai mengembangkan energi gelombang laut yang ramah lingkungan dan jangka panjang. Kebahagiaan sejati tidak hanya dinikmati saat ini, tapi juga dinikmati anak cucu kita nanti 😊😌

Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Cilacap [Jawa Tengah] 3 Fakta dan Potensi Energi yang Harus Kamu Ketahui! yang ditulis oleh Bayu Prasetyo Bagaskoro. Semoga dapat beramanfaat dan bisa menjadi pengetahuan serta wawasan kepada setiap pembaca apalagi mengenai Pantai di Kabupaten Cilacap yang dapat Dimaksimalkan sebagai Energi Alternatif atau PLTO (Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang). Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan Potensi serta [6] Tempat Wisata yang Harus Kamu Baca!
  2. 5 Desa Wisata [Semarang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Ketahui dan Kunjungi!
  3. 9 Tempat Wisata di Kebumen [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Kunjungi!
  4. Kota Salatiga [Jawa Tengah] dan 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Cilacap [Jawa Tengah] 3 Fakta dan Potensi Energi yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar