Kabupaten Kulon Progo [Yogyakarta] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Yogyakarta. Kulon Progo terdiri dari 12 Kecamatan yang memiliki daya tarik wisata cukup menarik, antara lain Waduk Sermo, Kalibiru, Pantai Glagah dan masih banyak lagi.

 

Fakta-Fakta dan Harapan Kabupaten Kulon Progo


Berikut inilah beberapa tulisan mengenai Fakta Menarik sekaligus harapan untuk kemajuan Kabupaten Kulon Progo;
 

Kulon Progo Meiliki Wisata Alam Yang Manarik


Kulon Progo menjadi wisata alam yang menarik, karena setengah daerah berada di atas perbukitan yang sejuk dan setengah lagi berada di daerah pesisir pantai.  Hal ini tentu saja menjadikan Kulon Progo sebagai destinasi yang lengkap.
 

Kulon Progo dan Branding Promosi The Jewel Of Java.


Panorama keindahan Kulon Progo yang membentang dari daerah Perbukitan Menoreh hingga Pesisir Samudera Indonesia dengan luas 586,3 KM2. Kulon Progo memiliki branding promosi sebagai The Jewel Of Java. Hal ini tentu saja memiliki arti yang cukup mendalam, yaitu ingin memperkenalkan keindahan Kulon Progo yang berkilau seperti permata dengan kearifan lokal yang masih terjaga.
 

Kulon Progo Memiliki Kearifan Lokal yang Masih Terjaga


Kearifan lokal ini masih terasa kental karena memang Yogyakarta terkenal dengan keramahannya, hubungan sosial antar masyarakat pun masih terjalan dengan harmonis. Kegiatan budaya Jawa seperti Genduri, Mitoni, Nyewu pun masih dilakukan.
 

Budaya-Budaya di Kulon Progo


Apabila dilihat dari segi budaya, hal ini jelas tidak beda jauh dengan Yogyakarta seperti Batik Geblek Renteng dengan makanan Geblek, Growol hingga Peyek undur-undur. Selain itu hal yang mempesona di Kulon Progo yaitu masih lestarinya budaya Jathilan, semacam tari daerah untuk kegiatan khitanan, pernikahan dan acara lainnya.
 

Harapan Jalan dan Bandara di Kulon Progo


Keindahan Kulon Progo akan bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas melalui perbaikan jalan yang menghubungkan Kulon Progo dengan Magelang (Baca: Fakta-Fakta Kabupaten Magelang) serta mega proyek pemerintah, yaitu Bandara Kulon Progo bertaraf internasional tersebut. Potensi Kulon Progo sebagai The Jewel Of Java pun akan mulai menampakkan kemilaunya melalui pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilaksanakan ini.
 

Wisata Kulon Progo dan Ekonominya


Banyaknya tempat wisata di Kulon Progo menjadi keuntungan bagi masyarakat sekitar dari segi ekonomi, tetapi yang masih menjadi masalah adalah tata kelola administrasi masih kurang baik sehingga serapan ekonomi tidak dapat terserap maksimal dengan bukti masih rendahnya UMK di Kulon Progo yang hanya sebesar Rp. 1.300.000,- dan kurangnya kesadaran masyarakat serta pengunjung untuk menjaga kebersihan serta kelestarian yang ada dengan bukti banyaknya vandalisme yang menyelimuti beberapa tempat-tempat wisata. Serta kurangnya media promosi branding keluar Yogyakarta.
 

Profesi Umum Masyarakat Kulon Progo


Kulon Progo memiliki potensi kekayaan alam luar biasa banyak dan indah yang apabila dapat dikelola dengan baik maka akan mampu mensejahterakan rakyat Kulon Progo yang kesehariannya mayoritas bekerja sebagai petani.
 
Pembangunan infrastruktur seperti perbaikan akses jalan ke tempat-tempat wisata terus diperbaiki, dan tentu saja mega proyek bandara Kulon Progo akan menjadi akses yang bagus untuk memajukan Kulon Progo.
 

Kulon Progo Dintinaju dari Ekonomi


Jika ditinjau dari segi ekonomi maka akan memajukan ekonomi melalui pemberdayaan yang tepat, serta memajukan pendidikan agar Kulon Progo memiliki SDM yang bagus dan memadai. Hal ini tentu saj sejalan dengan  SDGs yang sedang marak dilaksanakan di seluruh dunia, kemajuan di Kulon Progo dibidang ekonomi tentu saja akan mampu mengurangi angka kemiskinan yang pada tahun 2015 mencapai angka 20,25 persen. Angka yang cukup besar ini menjadi tantangan bagi pemerintah Kulon Progo.
 

UMKM Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kulon Progo


Pemberdayaan masyarakat yang tepat untuk menciptakan UMKM disekitar lokasi wisata menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Selain itu gelontoran dana desa yang nilainya banyak harus dikelola dengan baik. Selain itu jika ditinjau dari segi negatif maka pembangunan mega proyek bandara akan mendatangkan culture shock yang hebat bagi masyarakat Kulon Progo, tentu saja hal ini jangan sampai terjadi mengingat kearifan lokal yang masih terjaga dengan baik.
 

Permasalahan-Permasalahan di Kulon Progo


Permasalah yang masih menyelimuti Kulon Progo sendiri antara lain adalah manajemen tempat wisata yang kurang baik, seperti di Kalibiru yang setiap weekend selalu saja over capacity yang justru membuat area vegetasi menjadi rusak.
 
Kemudian kurangnya media promosi tempat-tempat menarik lainnya selain Kalibiru pun dirasa masih kurang. Mengingat bahwa Kulon Progo yang membentang luas dari perbukitan hingga lautan memiliki banyak tempat-tempat menarik

Untuk memudahkan promosi serta mengatasi over capacity di Kalibiru, kami mengusulkan adanya aplikasi android seperti yang Jogja Istimewa atau Klaten Smart City yang dapat memudahkan wisatawan untuk mencari destinasi liburan yang menarik. Selain itu kendala over capacity di Kalibiru dapat teratasi dengan memberikan batasan pengunjung lewat pendaftaran online melalui aplikasi tersebut, hal tersebut demi terjaganya vegetasi sekitar serta memperkenalkan destinasi menarik selain kalibiru.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Kulon Progo [Yogyakarta] dan10 Fakta Yang Harus Kamu Baca! Yang ditulis dengan judul essaynya adalah “Kulon Progo : The Jewel Of Java” dengan penulis Antonius Ian BS yang saat ini menjadi salah satu Mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kerajinan Tenun Stagen [Sleman- Yogyakarta] dan Kelestariannya Yang Harus Kamu Jaga!
  2. Kabupaten Pati [Jawa Tengah] dan 16 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  3. Danau Toba dan 5 Spot Wisata Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Kulon Progo [Yogyakarta] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar