[3] WISATA di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi, No 2 Pernah Dikunjungi Obama!

Tempat Wisata di Yogyakarta, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Mendapat julukan istimewa, Yogyakarta memang selalu memikat hati wisatawan. Kota ini seolah menjadi menjadi daerah yang tak pernah habis dibahas. Mulai dari kulinernya, budayanya, tata kota, maupun wisata. Berbicara mengenai wisata di Yogyakarta, sepertinya masyarakat di sini begitu kreatif mengelola pariwisata. Sebut saja destinasi wisata di Desa Wisata Mangunan, Bantul.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi


Berikut ini adalah tempat wisata-wisata yang ada di Yogyakarta yang dikenal sangatlah indah;

Desa Wisata Mangunan, Bantul di Yogyakarta


Desa Wisata Mangunan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota. Bisa ditempuh dari arah barat melewati Jalan Parangtritis atau dari arah timur melalui Jalan Pleret.Jalan mendekati desa wisata ini dari arah Jalan Parangtritis akan terasa menanjak. Dengan pepohonan lebat di sekitar jalan dan panorama hutan akan membuat wisatawan merasa sejuk melewatinya.
Masyarakat sekitar sepertinya tahu persis cara menarik minat wisatawan. Membaca minat masyarakat saat ini yang “doyan selfie”, puluhan tempat di daerah ini pun dikembangkan dengan berbagai spot foto menarik. Topografi yang berbukit-bukit di daerah ini menginisiasi masyarakat untuk membuat spot foto di tempat pinggiran dengan pemandangan alam luas di bawahnya. Selain itu, tata bangku dan pagar di daerah wisata menggunakan kayu-kayu sehingga terkesan vintage dan unik.
Wisatawan tidak akan bosan berkunjung karena ada berbagai wisata dalam satu daerah saja, misalnya Seribu Batu Songgo Langit, Watu Lawang, Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, dan sebagainya. Yang menarik dari wisata alam di Mangunan yaitu harga tiket untuk memasuki setiap wisata hanya sekitar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,- per orang. Bahkan ada wisata yang harga tiketnya sukarela seperti Jurang Tembelan. Selain tarif itu, pengunjung hanya dikenai tarif  untuk parker kendaraan Rp 2.000,- untuk roda dua.

Kebun Buah Mangunan di Yogyakarta


Setiap wisata yang ada menawarkan sesuatu yang berbeda satu sama lain. Kebun Buah Mangunan misalnya. Di tempat ini terdapat puncak yang selalu ramai di pagi atau sore hari. Wisatawan berbondong-bondong berburu pemandangan sunrise dan sunset di sini. Jika beruntung di waktu tertentu akan terlihat pemandangan awan kabut dari Puncak Mangunan ini sehingga terkesan sedang berada di atas awan.
Puncak Becici yang dikunjungi mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, beberapa waktu lalu juga memiliki ciri khas berbeda. Di tempat ini terdapat gardu pandang yang diburu wisatawan untuk menikmati pemandangan kota Yogyakarta.

Wisata Jurang Tembelan Yogyakarta


Lain lagi dengan wisata Jurang Tembelan. Terletak bersebelahan dengan Kebun Buah Mangunan, wisata ini menawarkan pemandangan yang tak kalah eksotis. Dari tempat ini terlihat puncak kebun buah tersebut. Dari sini juga akan terlihat kelokan Sungai Oyo yang diapit dua bukit di samping kanan kirinya. Keunikan wisata ini yaitu spot foto berupa bamboo yang dibentuk seperti kapal di tepian jurang. Sehingga ketika berfoto akan terlihat pemandangan luas dan Sungai Oyo tersebut.
Desa wisata ini memang seperti paket lengkap bagi para wisatawan Yogyakarta. Pemandangan pohon pinus yang asri, spot foto yang beragam, dan wahana seperti outbound dan flying fox tentunya menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.
Demikinalah tulisan mengenai Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi, adapun judul asli dalam tulisan ini adalah “Mengupas Sudut Lain Wisata Yogyakarta” yang ditulis oleh Seli Aisada yang tinggal di sebuah desa kecil di lereng selatan Gunung Ungaran dan juga pada saat ini ia menempuh studi semester 5 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Semoga dengan adanya wisata di Jogjakarta ini dapat menjadi salah satu informasi penting mengenai Jogjakarta. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 4 Tempat Wisata di Surabaya [Jawa Timur] yang Harus Kamu Datangi!
  2. Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah] dan 5 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!
  3. Tanjung Balai [Sumatera Utara] dan 4 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!
  4. 10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "[3] WISATA di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi, No 2 Pernah Dikunjungi Obama!"

  1. Keren.. jadi pengen ke Jogja

    BalasHapus
  2. Wahh, keren kakak, recommended yaa tempat pikniknya. Syukron😍💖

    BalasHapus
  3. Jogja kota kenangan yang penuh rindu ��

    BalasHapus
  4. Wah boleh jugaa nih, jadi pengen ke jogja~

    BalasHapus