5 Desa Wisata [Semarang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Ketahui dan Kunjungi!

Desa Wisata, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah dan menjadi salah satu kota besar di Pulau Jawa. Padatnya penduduk di Semarang saat ini beriringan dengan peningkatan pembangunan di berbagai daerah. Namun yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang bahwa Semarang memiliki desa wisata yang masing-masing desanya mempunyai potensi berbeda. Desa-desa wisata tersebut terletak di pinggiran Kota Semarang, sehingga masih terdapat nuansa “desa” nya.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Desa Wisata di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah


Desa wisata tersebut diantaranya adalah desa wisata Kandri, desa wisata Jamalsari, desa wisata Nongkosawit, desa wisata wonolopo dan desa wisata Sodong.
 

Desa Wisata Kandri di Semarang, Provinsi Jawa Tengah


Desa wisata Kandri adalah satu-satunya desa wisata yang bertaraf internasional dan mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kota Semarang. Desa ini terletak di kecamatan Gunung Pati, memiliki potensi wisata berupa Goa Kreo dan Waduk Jatibarang, dimana daerah tersebut terkenal dengan sekumpulan monyet dalam jumlah yang sangat banyak.
 
Selain itu, warga Desa Kandri masih menjaga tradisi dan budaya leluhurnya, sehingga hal tersebut menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung kesana. Untuk itu Pemerintah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang desa wisata tersebut agar dapat menjadi destinasi utama para wisatawan terutama dari mancanegara.
 
Fasilitas tersebut berupa 200 homestay, 355 kamar, 10 bus sebagai transportasi wisatawan untuk berkunjung ke desa tersebut dan fasilitas berupa spot selfie dengan pemandangan waduk dari ketinggian.
 
Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) desa wisata Kandri dan Pemerintah bekerjasama mengadakan acara tahunan dalam rangka meningkatkan potensi wisata desa ini, yaitu dengan mengadakan acara Legenda Mahakarya Goa Kreo. Acara tersebut menceritakan asal usul Goa Kreo yang ditampilkan dalam bentuk teater.
 

Desa Wisata Jamalsari di Semarang, Provinsi Jawa Tengah


Desa kedua yaitu desa wisata Jamalsari yang terletak di Kecamatan Mijen, Jawa Tengah. Desa ini berada di Semarang bagian barat dan memiliki potensi berupa wisata alam dan wisata air.  Selain itu, para pengunjung juga bisa belajar bersama di desa ini, karena desa wisata Jamalsari memiliki sanggar batik, kerajinan lampion, pembuatan tape, dan pembuatan keripik kulit singkong. Rencananya, di desa tersebut akan dibangun bumi perkemahan, outbound, dan homestay.
 

Desa Wisata Nongkosawit di Semarang, Provinsi Jawa Tengah


Selanjutnya ada desa wisata Nongkosawit. Desa yang terletak di kecamatan Gunung Pati ini memiliki potensi wisata pemandangan alam yang indah dengan lembah dan ngarai nya. Tanah di desa ini juga subur, sehingga desa ini juga terkenal dengan agrowisata dan peternakannya.
 

Desa Wonolopo di Semarang, Provinsi Jawa Tengah


Desa Wonolopo, terletak di kecamatan Mijen. Desa ini juga memiliki potensi agrowisata seperti desa Nongkosawit. Selain itu desa Wonolopo juga terkenal dengan pembuatan jamu tradisionalnya. Sehingga para pengunjung dapat menikmati jamu langsung ataupun belajar membuatnya.
 

Desa Sodong di Semarang, Provinsi Jawa Tengah


Terakhir adalah desa Sodong yang masih terletak di kecamatan Mijen. Desa ini memiliki potensi wisata berupa kampung Anggrek, dimana para pengunjung dapat melihat berbagai jenis anggrek dan belajar budidaya tanaman Anggrek. Desa Sodong juga memiliki wisata budaya berupa petilasan Sunan Kalijaga.

Itulah beberapa desa wisata yang ada di Semarang. Jika kamu tinggal di tengah kota Semarang ataupun berencana pergi ke Semarang, tidak ada salahnya mengunjungi desa-desa wisata tersebut untuk sekadar menyejukkan pikiran, menghibur diri sambil belajar.
 
Tulisan dengan judul 5 Desa Wisata [Semarang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Ketahui dan Kunjungi! Ini ditulis oleh Nurunnisa Arum Maulidina yang saat ini sedang menjadi Mahasiswi di Universitas Diponegoro. Adapun untuk judul aslinya ialah “Fakta Desa Wisata Di Semarang” semoga bermanfaat dan dapat menjadi wawasan serta pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;
  1. Tempat Wisata dan Kebudayaan di Kota Batang, Jawa Tengah yang Bikin Hati Tergugah!
  2. Kabupaten Tegal [Jawa Tengah] dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati!
  3. Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  4. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Desa Wisata [Semarang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Ketahui dan Kunjungi!"