Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Salah satu kabupaten yang berada di Indonesia ini, pasti masih terdengar asing di telinga kalian. First impression ketika anda menyebut Purbalingga adalah bahasanya yang ngapak. Tahukah kalian? Bahwasanya tidak hanya bahasanya yang ngapak saja, tetapi masih banyak hal yang belum diketahui orang-orang tentang Kabupaten Purbalingga dan seisinya. Kota kecil ini menyimpan seribu fakta dan kenangan di dalamnya. Nah, melalui tulisan ini, saya ingin memperkenalkan Kota Perwira ini kepada kalian.

7 Fakta Unik di Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah


Berikut setidaknya adalah 7 fakta mengenai Kabupaten Purbalingga yang berada di Provinsi Jawa Tengah;
 

Purbalingga [Jawa Tengah] adalah Kota Pahlawan


Mengapa Purbalingga dijuluki Kota Perwira? Karena Purbalingga merupakan tanah kelahiran dari Jenderal Soedirman. Ya, salah satu Panglima Besar yang memiliki semangat dan tekad besar untuk bangsa ini. Jika kalian berkunjung ke Purbalingga, kalian akan disambut oleh patung Jenderal Soedirman.
 
Jangan ragu ya untuk berkunjung atau berlibur ke kota kecil ini. Memang di Purbalingga tidak ada mall atau pusat perbelanjaan seperti di kota-kota besar lainnya. Tapi di Purbalingga menawarkan banyak sekali wisata alam yang tidak kalah bagusnya dengan daerah lain.
 

Owabong (Objek Wisata Air Bojongsari) Dinasti Wisata di Purbalingga


Destinasi tempat wisata di Purbalingga yang pertama adalah Owabong (Objek Wisata Air Bojongsari), tempat ini merupakan kolam renang atau wisata air terbesar di Jawa Tengah. Buat kalian yang berkunjung ke Purbalingga, wajib hukumnya untuk bermain disini. Airnya yang bersih dan segar ini bersumber dari mata air Gunung Slamet. Terdapat banyak wahana air disini, seperti ember tumpah, pantai bebas tsunami, kolam ombak, kolam anak, dan kolam olympic.
 

Museum Uang Dinasti Wisata di Purbalingga


Yang kedua ada Museum Uang yang terletak di Kutasari. Museum ini memamerkan uang yang digunakan oleh masyarakat Indonesia dari dulu hingga uang yang digunakan sekarang, tidak hanya uang dalam negeri saja, disana juga diperlihatkan sebagian uang yang digunakan oleh masyarakat luar negeri pada zamannya.
 
Di Museum Uang ini kalian juga dapat melihat-lihat berbagai hewan reptil, berkebun, hingga berfoto dengan ular besar, tetapi kalian tenang saja, ular ini akan dikondisikan oleh pawangnya dan tidak memiliki bisa.
 

Goa Lawa di Purbalingga


Yang ketiga yaitu Goa Lawa yang terletak di Bobotsari, sebelum memasuki goa ini, kalian akan berjalan dari parkiran menyusuri jalan yang di kanan kirinya rerumputan, pohon-pohon dan permainan anak-anak seperti flying fox. Sebelum masuk ke goa, kalian akan disambut oleh gapura lawa besar dan kemudian kalian akan berjalan menuruni anak tangga.
 
Di dalam goa ini banyak sekali lawa-lawa yang bergantungan di atas, tetapi jangan takut, seperti yang kalian tahu kelelawar akan tertidur di siang hari dan terjaga di malam hari. Itulah 3 tempat wisata yang wajib kalian kunjungi di Purbalingga. Masih banyak tempat wisata alam lain yang tidak kalah menarik. Kalian bisa mencari referensi tempat wisata Purbalingga di internet maupun di sosial media.
 

Industri Terkenal Kabupaten Purbalingga


Tempat wisata saja tidak cukup rasanya untuk memperkenalkan Purbalingga. Saya akan memperkenalkan industri yang terkenal di Purbalingga seperti bulu mata palsu dan knalpot. Dimulai dari bulu mata palsu yang merupakan sumber mata pencaharian masyarakat Purbalingga. Terdapat banyak pabrik bulu mata palsu di Purbalingga, tidak hanya pabriknya saja, masyarakat di rumah-rumah pun ikut membuat bulu mata palsu yang kemudian dijual ke pabrik-pabrik.
 
Tahukah kalian bahwa bulu mata palsu buatan Purbalingga ini telah diekspor ke berbagai negara di dunia, dan tidak hanya artis lokal saja yang menggunakan bulu mata palsu dari Purbalingga ini, bahkan artis luar negeri pun juga menggunakan bulu mata palsu buatan Purbalingga.
Hebat ya? Nah yang kedua ada knalpot, bukan knalpot biasa yang diproduksi di Purbalingga, melainkan knalpot yang berkualitas tinggi serta memproduksi dengan berbagai bentuk. Tentu saja produk knalpot dari Purbalingga ini telah diekspor ke berbagai negara. Jadi, jangan ragu ya buat beli knalpot buatan Purbalingga yang telah dikenal dengan kualitasnya yang baik.
 

Fastival Budaya di Purbalingga


Purbalingga itu ramai kok. Setiap bulannya, pasti ada berbagai festival budaya yang diadakan di Purbalingga, mulai dari Festival Onje yang memperkenalkan budaya Purbalingga seperti ebeg (kuda lumping), gamelan, lagu-lagu jawa, dan tari tradisional. Tidak hanya menampilkan budaya dari Purbalingga, berbagai makanan tradisional pun ditawarkan dalam festival ini.
 

Festival Gunung Slamet di Kabupaten Purbalingga


Ada juga Festival Gunung Slamet yang merupakan suatu bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang telah diberikan kepada masyarakat Purbalingga. Festival ini diadakan di kaki Gunung Slamet. Di dalam festival ini masyarakat Purbalingga melakukan gunungan dan hiburan-hiburan lain.
Masih banyak lagi fakta-fakta dari Purbalingga yang belum saya ungkap disini. Pokoknya jangan ragu dan sungkan buat main ke Purbalingga. Akan banyak sekali hal-hal yang baru dan unik yang akan kalian temui disana. Jangan lupa, kalau kalian mampir ke Purbalingga beli mendoan ya.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca! Yang ditulis dengan judul asli “Purbalingga Kota Perwira” penulis dalam artikel ini sendiri adalah Desiwiningtyas Mulia. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang atau akan berada di Kabupaten Purbalingga , jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kota Pekalongan Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  3. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.
  4. Pulau Bawean [Gresik-Jawa Timur] dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar