Kota Pekalongan Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan Fakta yang Harus Kamu Baca!

Fakta Kota Pekalongan Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah adalah daerah dengan sejuta keanekaragaman. Mulai dari keanekaragaman makanan, pakaian, budaya, sosial, serta tempat yang uni dari daerah lainnya.

Dimana pada era sekarang ini mungkin banyak daerah yang perlahan kehilangan jati dirinya. Namun kota Pekaalaongan Batang masih menjaga dan mempertahankan ciri khas, keunikan serta warisan yang di turunkan. Dan di dalam kesempatan ini “Agus Suprianto” sebagai masyarakat yang berada di Kabupaten Batang Pekalongan akan menceritakan keankaragaman serta warisan yang masih di pertahankan sampai saat ini.
 

Alamat Kota Pekalongan Batang


Dengan keindahan alam yang masih astri kota Pekalongan Kabupaten Batang masih memilki hawa yang sangat sejuk. Apalagi jika waktu pagi hari, udaranya sangat bersih dan bebas populasi. Selain itu ada juga keunikan yang terdapat di sepanjang jalur paturanya. Yaitu di hiasi banyak sekali pohon jati yang mana saat musim semi atau berbunga membuat sepanjang jalur pantura tersebut seperti jalan menuju tempat spesial. Hal tersebut juga bisa membuat para pengendara dari jauh yang melintas atau para pemudik tidak merasa jenuh bila melihatnya.
 
Jadi sedang mudik atau melewati kawasan tersebut usahakan mampir dan mencicipi sensasi keanegaragaman yang  luar biasa dari daerah tersebut. Jimanin akan menambah pengalaman dan pearasaan yang tidak akan di pernah di lupa dalam hidup anda.
 

“Megono dan Sekoteng“ Makanan Kota Pekalongan Kabupaten Batang


Kota pekalongan sendiri memilki makanan khas yang berbeda atau mungkin tidak di temui di daerah lain, yaitu megono. Megono adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang di cincang kemudian di kukus hingga matang. setelah matang di nangka tersebut di urap dengan bumbu mentah.
 
Rasanya sendiri pedas gurih agak asin dan manis. Kategorinya sendiri bisa di bilang sebagai lauk. Namun juga bisa juga di buat cemilan dengan mengurangi rasa asinnya pada bumbu. Selain megono terdapat pula makanan yang tak kalah jauh enak lainnya, yaitu ada serabi kaliberuk, soto tauto, pekalongan.
 
Untuk minumannya sendiri pekalongan sendiri punya minuman yang khas yaitu sekoteng, yaitu minuman dengan campuran susu dan jahe yang di sajikan menggunakan es, dengan sensasi segar yang manis di mulut yang juga menghangatkan ketika di perut dan bisa menghangatkan seltuh badan pula.
 

Emping Pusat Oleh-oleh Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang


Dan untuk oleh-oeh nya sendiri pekalongan mempunya emping yang pusatnya ada di kecamatan Limpung. Emping tersendiri tebuat dari melinjo atau tanaman angiospermae, yang di pipihkan. Dengan sekarang yang di inovasikan menjadi beraneka ragam rasa mebuat rasanya menjadi nggak ngebosenin.
 

Pakaian Khas “Batik” Pekalongan Kabupaten Batang


Di samping mempuyai makanan yang khas Pekalongan juga mempunyai busana atau pakaian yang khas dan sangat menngambedakan corak dari masyarakat pekalongan itu sendiri. Yaitu batik Pekalongan, yang mana mempunya corak yang unik dengan berbagai jenis motif yang beragam namun tetap satu alur ciri khas. Itu kena yang membuat pekalongan sebagai kota batik. Dan hari kemarin pula pada tanggal 2 Oktober  di peringati hari batik nasional. Dan batik pula ternyata menjadi salah satu warisan dunia.
 

“Kebudaan” Kota Pekalongan Kabupaten Batang


Kebudayaan kota Pekalongan batang sendiri sangat beraneka ragam. Masih terdapat kesenian tan tarian tradisional yang masih lestari dan di geluti. Seperti kuda lumping atau jaran, barongan, tari nelayan, tari lengger, tari sintren, tari nyadran.
 
Dari yang di sebutkan tadi ada satu tari yang unik, yaitu tari sintren yang mana tari sintren itu semacam tari yang bernuansa mistis. Bagaina tidak dari awal seorang penari yang memakai pakaian layaknya banyak orang kemudian di tutup debuah keranjang kayu setelah di tunggu beberapa detik saja tiba-tiba seorang penari tersbut sudah berbah penampilan atau telah berganti pakainanya serta sudah memakai mack up yang cantik. Kemuadian penari tersebut menari mengikuti alur dentuman musik dan nyanyian seperti sedang kerasukan makhluk halus.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kota Pekalongan Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan Fakta yang Harus Kamu Baca!. Dengan judul asli “Keanekaragaman Yang Masih Asri Dan Kental Di Kota Pekalongan Batang” Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari informasi mengenai “Kota Pekalongan Kabupaten Batang”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Pekalongan Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar